12 April 2022

Tips Blogging Mudah vs Perlu Usaha

Di dunia nyata dan dunia maya, sudah banyak tips-tips seputar blogging yang bisa ditemukan dan diaplikasikan oleh para blogger. Sebagai contoh, ketika saya ketik kata kunci di google dengan ‘Tips Blogging’, langsung deh muncul berderet tips dari yang mudah hingga yang terasa agak perlu usaha.

Tips Blogging Mudah
Tips Blogging Mudah vs Perlu Usaha

Oh iya, saya pernah juga buat tulisan tentang beberapa tips mudah untuk menulis blog bagi pemula. Dan saya menerapkan beberapa tips itu selama ini, diantaranya :

  • Menulis apa yang disukai

Nah, ini bagian paling mudah sih menurut saya. Jadi, kalau ingin memulai blogging ya menulis dari apa yang kita sukai dulu. Biar kita juga gak merasa punya beban dalam menulis. Saya sudah mempraktekkkannya selama ini. Menulis tentang diri saya sendiri dan hal-hal yang saya sukai, semisal tentang puisi, apa yang ada dalam pikiran saya, dan pengalaman-pengalaman saya berkunjung ke suatu tempat.

Memang, terkadang ketika saya ikut beberapa tantangan menulis, ada tema yang mungkin gak saya sukai tapi harus ditulis. Itu saya jadikan sebagai latihan biar blog saya isinya juga gak monoton cerita saya, hehe.

  • Menulis dengan sederhana

Jadi, saya juga setuju dengan tips yang satu ini. Menulis blog itu ya yang sederhana aja karena memang ini untuk kesenangan dan bukan untuk keperluan yang formal seperti buku pelajaran atau makalah ilmiah. Pembaca blog juga bisa lebih mudah memahami kalau kita menulis dengan sederhana dan gak rumit.

  • Menggunakan tampilan yang menarik

Percaya gak kalau saya sudah beberapa kali tema visual di blog ini? Hehe, iya alasannya biar lebih menarik. Walaupun dari awal saya menggunakan template tema dari blogspot sendiri, tapi saya tetap ingin mengkombinasikan dengan imajinasi visual milik saya.

Seiring berkembangnya blog saya dari yang sangat personal hingga sekarang yang lebih membuka diri, saya ingin menggunakan tampilan visual yang lebih cocok. Dan jadilah seperti ini.

Tips-tips itu bisa dengan mudah saya aplikasikan ke blog saya selama ini. Tapi, ada beberapa tips blogging yang menurut saya butuh usaha lebih keras lagi. Apakah itu?

  • Konsisten

Nah, ini dia salah satu tips yang butuh usaha lebih menurut saya. Konsisten menulis. Waktu itu pernah pengen coba menulis dan posting setiap 2 hari. Ternyata kenyataan gak semudah bayangan, sodara-sodara!

Niatan pengen dua hari sekali posting, eh ada aja yang buat tulisan mentok sebatas angan, haha. Kebanyakan memang bingung mau menjabarkan ide sih, dan sebenarnya ini bisa diatasi dengan banyak membaca tulisan orang. Jujurnya, belakangan ini saya gak terlalu sering blogwalking. Padahal ada banyak manfaat dari blogwalking ini lho.

Baca juga : Belajar Ngeblog Lewat Blogwalking

  • SEO-Friendly

Ini juga tips blogging yang agak butuh pemikiran yang mendalam menurut saya. Jadi, blogging itu gak hanya nulis lalu posting dan selesai. Ada beberapa tahap lagi yang sebenarnya akan berpengaruh pada aktivitas blog kita. Misalnya pemakaian kata kunci dan yang ramah SEO ini.

Untuk gampangnya, saya mulai dengan memberi nama gambar dan alt-txt sesuai dengan isi blog. Kalau dulu, saya pasang gambar bebas dengan nama bawaan. Tapi setelah tahu ilmunya sedikit, mulai deh mengaplikasikannya.

  • Memiliki niche yang kuat

Blog saya ini tipe blog campur-campur. Semua cerita ada tanpa jalur yang jelas. Ibarat kata, blog saya ini sebuah kota yang gubernurnya malas menata, jadi para pengunjungnya bisa tersesat dan gak nemu arah kalau sudah masuk kesini, hehe.

Tapi itu dulu. Sekarang, sudah saya perbaiki sedikit demi sedikit. Memang ini butuh usaha yang lebih juga. Pasalnya, kadang orang ingin punya blog yang gak hanya memuat satu jenis tulisan aja. Seperti saya ini. Blognya ingin dihias dengan tulisan tentang jalan-jalan, kuliner, tips-tips, kesehatan, dan masalah personal juga. Jadi kalau ditanya blognya punya niche apa, saya Cuma nyengir aja sih.

Baca juga : Blogging Untuk Pemula

Nah, kalau kamu, tips blogging apa yang ingin kamu lakukan untuk blogmu?

2 komentar:

Nadella | Taruih Baraja mengatakan...

Tampilan blog yang sederhana bikin saya sebagai pembaca jadi lebih senang mengunjungi blog itu, seperti ke blog ini. Tinggal dijadikan responsif aja kak, supaya kalau jendela browser nya diperkecil, tulisannya jadi nggak kepotong dan nggak periu scroll ke kiri kanan. hehe, semangat!

Laela Awalia mengatakan...

@Nadella : Okeee siap. Terimakasih ya sudah berkunjung ke blog ini :)