13 April 2022

6 Keunggulan Blogspot Sebagai Platform Blog

Pertama kali membuat blog, saya diperkenalkan dengan platform gratisan Blogspot. Waktu itu saya gak tahu kalau ada beberapa platform blog gratisan juga. Tapi, karena saya sudah terlanjur kenal dan nyaman dengan platform ini, akhirnya sampai sekarang masih setia.

Keunggulan Blogspot

Pernah sih waktu itu punya blog dengan platform Wordpress, tapi menurut saya lebih mudah pakai blogspot. Ya mungkin ini tergantung selera dan penilaian masing-masing blogger, tapi secara umum, ada beberapa alasan kenapa saya masih pakai Blogspot.

1. Gratis

Tentu saja karena gratis, hehe. Sebagai blogger amatir yang kadang suka malas dan bahkan lupa untuk posting tulisan, blog gratisan adalah yang terbaik. Gak ada kerugian yang akan ditanggung oleh saya apabila saya gak posting tulisan.

Berbeda dengan blog berbayar yang kalau lupa belum terbayar akan hilang dari peredaran, blog gratisan ini akan tetap ada tanpa ada biaya apapun. Siapa tau pas saya sudah gak ada kan, kalian masih bisa membaca tulisan-tulisan random saya ini, hehe.

2. Mudah

Iya semudah itu cara buat dan mengelola blog di Blogspot ini. Apalagi kalau sudah punya akun Google, akan lebih mudah lagi akses ke widget lain karena platform blog ini milik Google. Untuk orang awam pun sepertinya langsung bisa buat dan posting-posting tulisan tanpa ada kendala berarti.

3. Banyak Pilihan Template

Saya bisa mencoba dan menggunakan template yang sesuai dengan keinginan karena Blogspot punya banyak pilihan template. Mulai dari yang sederhana sampai yang motifnya rame dan semua itu gratis. Di beberapa  jenis template itu pun bisa dikustomisasi sesuai dengan keinginan. Mengubah gambar, warna tema, jenis huruf, dan lebar kolom pun bisa.

4. SEO-Friendly

Untuk blogger yang masih setia dengan gratisan tapi tetap ingin tulisannya muncul di mesin pencari Google, Blogspot memang bisa menjadi pilihan. Kualitas SEO di blogspot tidak kalah kok dengan platform gratisan lain dan juga platform berbayar.

5. Gadget Keren dan Mudah

Salah satu kelengkapan blog yang menurut saya tidak boleh ditinggalkan adalah gadget. Selain bertujuan untuk navigasi blog, gadget juga bisa digunakan untuk mempercantik tampilan. Nah, gadget-gadget yang disediakan oleh Blogspot ini beraneka macam. Mulai dari gambar, profil, pengelompokan label, arsip, hingga adsense.

Penggunaannya juga mudah dan cepat. Tinggal klik, tambahkan dan atur posisi gadget. Kalau di lain hari sudah bosan dan ingin ganti suasana juga tinggal hapus saja. Ibarat perabot dalam rumah lah, yang bisa diganti dan dipindah tempatkan.

Baca juga : Kenapa Harus Ngeblog?

6. Bisa Menautkan Domain Lain

Ini kalau memang sudah berubah pikiran dan ingin punya domain kustom tanpa embel-embel blogspot lagi juga bisa. Di menu Pengaturan bisa langsung membuat nama domain yang diinginkan lalu beli deh. Gampang dan gak perlu ganti blog lagi.

Oh iya, Blogspot juga punya hosting tanpa batas. Hosting adalah tempat menyimpan segala file dan data dari blog kita. Tentunya kalau ingin punya blog ya harus ada hostingnya dulu. Beruntungnya pakai platform Blogspot ini, sudah ada hosting yang spacenya banyak.

Nah, kalau kalian, pakai platform mana untuk blog? Tulis di komentar ya!

Baca juga : Tips Blogging Mudah vs Perlu Usaha

Tidak ada komentar: