11 April 2022

Kenapa Harus Ikut Blog Challenge BPN

Yeaay! Akhirnya masuk ke bagian 2 dari Blog Challenge-nya Blogger Perempuan. Lega sedikit karena sudah berhasil menyelesaikan satu dari tiga bagian yang diberikan hingga nanti mendekati lebaran.

Oke, tema pertama di bagian ke dua ini adalah kenapa ikut Blog Challenge. Hm, asik aja gitu ikut tantangan yang bisa membuat diri ini terpacu semangatnya untuk nulis dan posting di blog. Jujur ya, saya sudah mengikuti tantangan nulis non-stop ini dari tahun 2018 dan alhamdulillah selalu berhasil sampai akhir.

Blog Challenge BPN

Memang ada hal-hal yang terkadang sedikit menghambat saya dalam menulis. Misalnya berkejaran dengan waktu. Setiap hari harus menulis dan mempostingnya di blog bukanlah perkara yang mudah bagi seorang perempuan, meskipun mungkin sebagian perempuan lain bisa sangat mudah.

Bagi saya, membagi waktu antara pekerjaan, menjadi istri di rumah, dan menjadi diri sendiri yang suka menulis itu butuh manajemen waktu yang baik. Apalagi di saat bulan Ramadhan yang waktu luangnya sebentar dan hanya sebatas siang hari saja.

Tapi, lagi-lagi, melihat para blogger lain semangat ikut tantangan membuat saya ikut terpacu semangat menulisnya. Jadi, walaupun kadang dibela-belain sampai mendekati jam 10 malam, ya dibuat asik aja, hehe.

Ngomong-ngomong, mau tahu keseruan saya setiap tahunnya saat ikut Blog Challenge ini? Lanjut bacanya ya!

Tahun 2018

Ini tahun pertama saya ikut Blog Challenge dari Blogger Perempuan. Waktu itu saya masih bekerja sebagai karyawan swasta dan itu berarti saya harus membagi waktu antara pekerjaan, rumah, dan menulis ini.

BPN Blog challenge 2018
BPN Blog challenge 2018

Sempat keteteran sih karena saya pergi pagi, pulang sore, dan harus lanjut menyiapkan buka puasa. Malamnya lanjut solat tarawih dan tadarus dulu, baru bisa menulis selepas semua itu selesai. Bisa terbayang ya sampai jam berapa saya menghadap layar laptop waktu itu, hehe.

Kadang, saya malah harus ngelembur buat tulisan kalau terlewat beberapa hari. Biasanya saya kerjakan di hari Minggu. Jadi, bisa buat beberapa tulisan dalam satu hari itu untuk beberapa hari ke depan juga.

Pada akhirnya, tantangan ini selesai dan saya benar-benar lega bisa sampai di tema terakhir. Dua suvenir cantik mendarat ke alamat saya beberapa minggu kemudian. Sebuah mug dan gantungan kunci cantik. Sampai sekarang, kedua suvenir itu masih saya simpan, malah mug nya setiap hari dipakai sampai gambarnya sudah pudar, hehe.

Tahun 2019

Tahun kedua saya ikut tantangan menulis blog non-stop selama sebulan di bulan Ramadhan. Rasanya belum lama ikut tantangan di tahun 2018, eh sudah muncul lagi hehe. Seseruan lagi deh.

Saat itu, saya juga masih bekerja. Jadi masih tetap harus berbagi waktu dengan baik antara pekerjaan, rumah, dan menulis. Karena sudah ada sedikit pengalaman di tahun sebelumnya, maka di tahun ini saya mencoba untuk mengatur waktu dengan lebih baik lagi dan supaya gak keteteran lagi.

BPN Blog challenge 2019
BPN Blog challenge 2019

Tahun kedua ini, ada tema yang lebih menantang sekaligus menambah semangat menulisnya karena ada hadiahnya. Waktu itu temanya gabungan dengan sponsor produk makanan. Dan, alhamdulillah saya jadi salah satu pemenangnya. Wow! Makin senang dong dan ketagihan untuk ikut tantangan di tahun berikutnya.

Suvenir yang saya dapat dari Blog Challenge tahun ini lumayan banyak. Berupa T-shirt putih dengan motif kartun blogger yang imut dan lucu, stiker dengan gambar yang sama, dan hadiah dari sponsor berupa hampers serta voucher MAP.

Tahun 2020

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tahun 2020 diawali dengan pandemi yang hingga sekarang belum juga reda sepenuhnya. Pas banget di bulan Ramadhan, saat itu sedang panik-paniknya. Hampir semua aktivitas di luar rumah dihentikan, hingga bekerja pun dari rumah.

BPN Blog challenge 2020
BPN Blog challenge 2020

Oh iya, di tahun 2020 ini saya sudah tidak bekerja kantoran lagi. Jadi bisa lebih punya waktu untuk ikut tantangan menulis 30 hari. Kali ini tema yang diberikan hampir semua berhubungan dengan pandemi covid-19. Mulai dari apa itu covid-19, cara berdamai dengan pandemi, hingga tema mudik yang kala itu tidak diperbolehkan.

Tahun ketiga ikut tantangan menulis ini, saya pun berhasil sampai di hari terakhir. Alhamdulillah bersyukur lagi karena menjadi salah satu blogger yang beruntung mendapatkan 1 buku ‘Explore, Enjoy & Repeat’ dari penulis Yani Lauwoie.

Baca juga : Resensi Buku Explore, Enjoy&Repeat

Selain itu, tentu saja, suvenir dari Blogger Perempuan pun mampir di alamat saya. Berupa masker dan sertifikat.

Tahun 2021

Empat tahun berturut-turut ikut Blog Challenge memang gak bosen? Gak tuh, hehe. Malah makin semangat aja. Tahun ini pandemi belum juga reda, sehingga tema yang diangkat juga masih ada beberapa yang menyangkut tentang pandemi ini.

BPN Blog challenge 2021
BPN Blog challenge 2021

Alhamdulillah saya pun berhasil sampai ke tema terakhir walaupun harus tetap berbagi waktu antara pekerjaan yang saya lakukan di rumah dengan menulis non-stop ini. Sayangnya, kali ini nama saya tidak masuk dalam salah satu blogger yang beruntung mendapatkan saldo e-wallet. Tapi, suvenirnya tetap keren seperti biasa. Tote bag dengan motif lucu!

Tahun 2022

Lalu sampailah pada tahun ini! Tahun ke lima saya ikut tantangan menulis 30 hari di bulan Ramadhan. Sampai hari ini, saya masih bertahan dan semoga saja tetap bertahan hingga akhir ya!

Yah, terkadang memang kita butuh cambuk agar tetap bisa produktif dalam hal apapun, termasuk menulis ini. Bahagianya saya dipertemukan dengan komunitas besar seperti Blogger Perempuan ini. Rasanya bisa jadi keluarga yang saling mendukung dan menguatkan. Juga menyemangati di kala mood sedang terombang-ambing.

Oke, lanjut deh nulis dan postingnya!

2 komentar:

Nadella | Taruih Baraja mengatakan...

Wah keren bisa konsisten nulis hingga berhasil ngelarin semua topik challenge nya!

Laela Awalia mengatakan...

@Nadella : Iya, saya juga heran kenapa pas ada challenge begini bisa kelar, tapi hari-hari biasa jarang posting, hehe