03 April 2022

Tempat Ngabuburit Asik

Selamat menjalankan ibadah puasa ya! Hari pertama puasa dan hari Minggu, asik gak? Iyalah! Bisa lebih santai dan menikmati suasana Ramadhan tanpa gangguan pekerjaan.

Tempat ngabuburit asik
Tempat Ngabuburit Asik

Oh iya, nanti sore mau ngabuburit dimana nih? Masih pagi sudah ngomongin ngabuburit yak. Jujurnya, dari dulu juga saya gak terlalu punya waktu khusus untuk ngabuburit. Pertama, karena kebiasaan di rumah, menyiapkan makanan dan minuman untuk buka puasa itu dilakukan pada jam-jam mepet, haha. Maksudnya biar makanannya masih hangat gitu.

Atau kalau dulu masih jadi anak perantauan, ngabuburitnya paling keliling cari takjil dan makan malam. Itu juga lebih ke versi kebutuhan, bukan sengaja menunggu waktu berbuka. Nah, kalau sekarang yang notabene saya kerja di rumah sepanjang hari, ada lah tempat ngabuburit asik versi saya sendiri.

Teras Rumah

Ini salah satu tempat favorit sih. Gak hanya di bulan Ramadhan saja, tapi juga di hari-hari biasa, saya dan suami sering duduk sore sambil menyesap teh hangat. Tapi ini berlaku kalau siangnya gak terik banget. Kalau siang harinya panas terik, biasanya lantai teras masih menyisakan hangat yang gak terlalu nyaman untuk duduk.

Teras rumah minimalis
Teras mungil

Pas Ramadhan, saya membayangkan akan bisa ngabuburit disini. Menunggu waktu berbuka puasa sambil ngobrolin tanaman dalam por yang sudah lama gak terurus atau ngobrolin gimana caranya biar pohon di samping teras ini bisa rapi. Tapi sepertinya acara ngabuburit disini hanya berlaku jika saya sudah selesai menyiapkan buka puasa dan beberes sebelum pukul 17.30. Ironisnya, jarang banget sih saya selesai jam segitu, haha.

Ruang Tengah

Ini juga jadi tempat favorit saya, sambil selonjoran atau bahkan golar-goler ngelurusin pinggang. Seringnya sambil scroll-scroll ponsel atau nonton tv. Tapi, ya tetap aja, ini jarang dilakukan karena biasanya saya beresan mendekati maghrib. Jadi istilah ngabuburit untuk saya itu, paling hanya menunggu waktu berbuka selama 5-10 menit saja.

Ruang tengah minimalis
Ruang Tengah Minimalis

Tapi entah kenapa, ada saja yang bisa saya pegang ketika ada waktu luang. Misalnya lihat tumpukan jemuran yang baru diangkat, sambil nunggu waktu maghrib ya mending sambil ngelipetin baju kan? Daripada nanti pas mau tidur, itu baju-baju masih bertengger yang pada akhirnya saya juga yang ngerapihin, hehe.

Sepanjang Jalan

Biasanya kalau Ramadhan datang, akan ada banyak penjual dadakan di sepanjang jalan. Begitu juga di tempat tinggal saya. Kebanyakan memang penjual minuman yang segar-segar semacam es dugan, es campur, es cincau, dll. Makanannya tentu saja mustahil gak ada penjual gorengan. Segala gorengan ada walaupun minyak lagi mahal. Segala jajanan bakar, rujak, kue-kue.

Mau buka puasa dengan takjil apa, tinggal milih aja deh. Enak kan, sampai rumah sudah langsung bisa lahap tanpa rempong bebuatan. Apalagi saya hanya berdua suami, lebih praktis beli daripada buat, hehe.

Baca juga : Rutinitas Menunggu Buka Puasa

Kalau kamu? Ngabuburit dimana sore nanti? Atau ada tempat yang bisa direkomendasikan? Tulis di kolom komentar ya!

Tidak ada komentar: