14 April 2022

Ngeblog Untuk Apa Sih?

Tema challenge menulis dari BPN hari ini hampir sama dengan tema yang sudah pernah saya tulis tahun 2018 lalu. Masih berkaitan dengan blog dan tujuannya.

Sejujurnya, tujuan saya ngeblog itu terus berubah seiring berjalannya waktu. Dulu, kali pertama saya buat blog, saya hanya ingin menyimpan tulisan-tulisan saya. Jaman dulu waktu komputer ada satu dan dipakai untuk kepentingan seisi rumah, saya pernah khawatir kalau-kalau file saya hilang atau terselip ke folder orang lain.

TUJUAN NGEBLOG
Apa tujuan ngeblog kamu?

Atau yang paling parah adalah kalau komputer sudah kena virus dan menghapus sebagian besar file-file yang terkandung di dalamnya. Wah, itu kekhawatiran terbesar saya. Solusinya dulu sederhana, pindahkan ke disket (haduh, jadi ketahuan dah umurnya ini, haha). Itu pun masih punya resiko yang sama. Apalagi kapasitas disket kala itu masih kecil sekali.

Nah, begitu ada kawan yang ngajak buat blog dengan dalih untuk menyimpan tulisan, itu seperti angin segar untuk saya. Jadi, dulu tujuan saya ngeblog ya murni untuk menyimpan tulisan-tulisan saya. Syukur kalau ada yang mau baca, haha. Tulisan random dengan label yang acak-acakan itu memang seperti hutan belantara.

Seiring berjalannya waktu, saya punya tujuan lain selain menyimpan tulisan. Saya ingin tetap bisa dikenang lewat tulisan ketika saya sudah pergi besok. Makanya, saya mulai merapihkan blog saya ini. Minimal kalau ada yang ngintip blog ini lewat jendela, ya bisa melihat sedikit sekat-sekat ruangan yang ada. Mulailah saya membuat label yang tersusun, dari curhat,cerpen, puisi, tips, dan lain-lain.

Baca juga : Cuma Catatan Perempuan

Semakin hari, saya melihat ada peluang lagi yang membuat saya melebarkan tujuan ngeblog. Ikut lomba, membuktikan eksistensi diri bahwa saya juga bisa mengikuti tantangan yang diberikan. Walaupun sering nama saya gak keluar sebagai pemenang, tapi saya bangga bisa ikut berpartisipasi dalam beberapa lomba menulis blog.

Hitung-hitung belajar lah. Jadi isi blog saya semakin beragam dan gak hanya curhatan gak jelas yang bikin orang geleng-geleng kepala saking randomnya.

Belakangan, saya juga punya tujuan lain lagi. Ngeblog saya untuk cari seseran uang jajan, haha. Peran media sosial yang semakin berkembang, membuat saya melihat banyak peluang dari ngeblog ini. Bukan hanya sekedar hobi menulis saja, tetapi juga bisa jadi cuan.

Tapi, memang ini bukan tujuan utama saya ngeblog. Serius. Syukur kalau saya bisa dapat uang jajan dari sini, tapi lebih bersyukur lagi kalau ada yang bisa diambil hikmahnya dari tulisan-tulisan yang saya posting.

Kalau kamu, punya tujuan apa dari ngeblog ini?

Baca juga : Belajar Ngeblog Lewat Blogwalking

Tidak ada komentar: