Halaman

05 Desember 2018

Day #16, Belajar Ngeblog Lewat Blogwalking

Pertama kali saya punya blog ini, saya agak bingung mau mengisinya dengan tulisan yang bagaimana. Satu-satunya blog untuk saya bisa nyontoh adalah blog punya 'pengajar' saya. Kalau mau tahu tampilan yang bagus seperti apa, ya saya lihat blognya dia dulu. Jenis tulisan, susunan kategori, dan isi postingannya juga saya lihat blog itu dulu.

Sumber :  pixabay
Berhubung waktu itu saya pun gak sendiri (saya belajar buat blog bersama beberapa teman), jadi kami saling mengunjungi dan berkomentar. Niatnya mau lihat kalau sudah dikomentari, munculnya di bagian apa dan saya harus bagaimana menanggapinya, hehe. Begitu seterusnya sampai saya punya beberapa daftar blog teman-teman saya.

Biasanya di blog teman-teman saya itu, ada list blog lain yang kalau saya kunjungi, saya punya wawasan yang baru lagi. Dari sana saya jadi suka aktivitas saling kunjung yang di kemudian hari saya tahu itu namanya blogwalking. Selain mengasyikkan, rupanya aktivitas blogwalking ini punya beberapa manfaat lho. Apa saja?

1. Menginspirasi
Seperti ketika saya menulis puisi atau cerita, kalau saya kehilangan diksi, saya akan membaca puisi dan cerita orang lain dulu. Begitu juga dengan ngeblog. Bagi saya, blogwalking itu sangat bisa menginspirasi saya. Kalau saya sedang kehilangan ide untuk menulis, ya saya BW dulu.

Rupanya ini efektif untuk memunculkan ide baru ataupun ide lama tapi dengan sudut pandang dan cara menulis yang berbeda. Saya juga bisa mendapatkan inpirasi mulai dari bagaimana tata letak yang cantik, tulisan yang gak bikin pusing pembacanya, sampai buat judul menarik yang buat pembaca langsung penasaran dan akhirnya mengunjungi blog itu.

2. Memberi Informasi dan Pengetahuan
Banyak informasi yang saya dapatkan ketika BW. Tidak hanya untuk blogging saja, tapi juga pengetahuan lain diluar itu saya dapat dari blogwalking. Pernah nih saya sedang mencari informasi tentang kehamilan dan saya dapatkan itu ketika BW. Pada akhirnya malah blognya saya masukkan sekalian ke daftar BW saya.

3. Mendapatkan Relasi Baru
Hal ini juga merupakan pengalaman pribadi saya. Saya yang suka BW, akan dapat relasi baru yang di kemudian hari malah jadi seperti sahabat lama. Oh iya, saya juga tidak jarang untuk meninggalkan komentar di postingan yang saya baca. Dengan begitu, otomatis saya sudah meninggalkan ‘kartu nama’ di blognya yang mungkin saja dibaca banyak orang. Siapa tahu ada yang mampir di blog saya.

4. Meningkatkan Traffic Blog
Siapa yang menyangka dengan aktivitas blogwalking ini akan bisa meningkatkan traffic pengunjung blog? Seperti yang sudah saya sebutkan tadi, dengan meninggalkan komentar di beberapa postingan, kita seperti menaruh kartu nama yang siapapun bisa melihat dan mengunjunginya. Dengan begitu, menutup kemungkinan pengunjung blog kita akan meningkat pula.

Seiring berjalannya waktu, saya pun punya daftar blog yang sering saya kunjungi. Selain untuk belajar blogging, beberapa daftar blog ini sengaja saya masukkan untuk mencari informasi lain selain blogging. Berikut beberapa daftar blog yang bisa dijadikan referensi untuk BW.

1. Blognya Calon Bunda
Blog ini saya temukan ketika saya sedang mencari banyak informasi tentang kehamilan dan berbagai usahanya. Disini saya bukan hanya belajar tentang gaya tulisan yang mengalir dan cara penyampaian yang sederhana saja, tetapi juga saya banyak mendapat informasi yang saya butuhkan. Jadi, biar saya mudah untuk kembali berkunjung, saya masukkan saja blognya dalam daftar BW saya.

2. Almazia.co
Kalau yang ini, saya mengenalnya ketika saya bergabung di Blog Perempuan. Si empunya blog itulah pendiri BP. Makanya saya belajar banyak tentang blogging dengan BW kesana.

3. Arkadievich
Kalau yang ini, saya suka dengan cara berceritanya yang tidak menggurui. Di postingan sebelumnya, saya juga sudah memposting resensi bukunya, bisa dibaca disini. Banyak postingannya membuat saya lebih melihat sekeliling saya dengan sudut pandang yang lain, yang belum pernah saya coba.

4. The Basukis
Pertama kali nemu blog ini, saya langsung ikuti terus tulisan-tulisannya yang ringan, mengalir, dan membuat saya tersenyum. Postingan awalnya banyak menceritakan kisah keseharian anak pertamanya -yang sekarang sudah besar- yang menggemaskan, lucu, dan pintar. Jujur saya jatuh cinta sama anak perempuannya itu. Makanya setiap kali ada postingan baru, saya pasti langsung baca dan tidak jarang meninggalkan komentar.

5. Lilih Muflihah
Ini blog salah satu teman saya yang waktu itu sama-sama belajar buat blog dari awal. Sekarang blognya lebih maju ketimbang saya, hehe. Saya salut dengan ibu tiga orang anak ini. Di tengah kesibukannya mengajar, masih sempat saja datang ke berbagai seminar, sering menjadi endorser juga, tak jarang hadir di pertemuan komunitas blog. Tulisan-tulisannya juga menginspirasi saya.

6. Ide Kreatif
Kalau yang satu ini, saya mengunjunginya lebih pada keinginan saya untuk membuat sesuatu yang berbau kreatif gitu. Disini juga banyak postingan tentang tips, kesehatan, dan lain-lain.

7. Om Ndut
Kalau mau baca postingan yang lucu, saya lari kesini. Gaya penulisannya santai dan tak jarang membuat saya tertawa karena cerita lucunya. Oh iya, sebagian cerita yang diposting juga sudah dibukukan.

8. Dapur Dirgita
Ini salah satu referensi saya untuk cari ide buat cerita fiksi. Dulu saya sampai mengikuti beberapa bagian novel pendeknya. Di beberapa postingan juga, ia mereview film animasi yang sempat buat saya penasaran dan akhirnya ikut cari film itu juga, haha.

9. Sunflower
Kalau yang ini, saya ikuti karena saya bisa mencontoh ide kreatifnya membuat apapun dari bahan flanel. Dari sinilah salah satu karya flanel saya muncul. Walaupun gak seahli dia, tapi setidaknya saya sudah mencoba dan ada hasilnya, hehe.

10. Dapur Ziah
Kalau yang satu ini, saya ikuti untuk belajar masak dan membuat beberapa macam kue untuk camilan. Walaupun jarang dicoba, tapi saya suka lihat foto-foto cetarnya yang bikin air liur saya mengalir, hehe. Dari blog ini juga saya terinspirasi untuk membuat kue ulang tahun (mimpi yang terlalu tinggi gak sih, haha).

Nah itu dia beberapa daftar blog yang suka saya jelajahi. Selain karena isi postingannya bagus dan inspiratif, saya juga suka dengan gaya blognya. Boleh dicoba deh blogwalking ke daftar di atas. Semoga menginspirasi kamu juga ya!

Tidak ada komentar: