Halaman

09 Desember 2018

BP Day#20, Liburan Ngapain Aja?

Apa yang dilakukan ketika libur?

Waahhh banyak! Ke pasar beli stok sayur dan lauk, beberes rumah, nyuci karena entah kenapa mendadak cucian jadi kayak arisan keluarga –kumpul jadi satu, menyapa bunga-bunga dan rumput di halaman, masak yang gak tahu juga kenapa jadi berasa lama dan gak bisa gesit, dan nyetrika yang memang saya lakukan hanya seminggu sekali ini. Yah, itu kegiatan yang biasanya saya lakukan ketika hari libur tiba, khususnya hari Minggu.


Banyak ya? Lumayan. Itu belum ditambah kalau ada agenda keluar rumah, semisal kondangan atau arisan keluarga. Jadi pekerja swasta memang begini. Libur yang hanya sehari dalam seminggu membuat saya biasa menumpuk pekerjaan rumah yang bisa dilakukan dalam sekali waktu, semisal belanja dan nyetrika pakaian itu tadi. Ini saya bilang konskwensi. Jalani dan nikmati saja. Baiklah, saya rinci saja ya.

1. Menyiapkan stok sayur dan lauk untuk satu minggu
Jadi ini sudah seperti agenda wajib setiap kali saya libur, khususnya hari Minggu. Selain karena akan menghemat waktu dengan tidak bolak balik ke warung, saya juga bisa mendapat sayur dan lauk sesuai dengan keinginan saya. Secara, di pasar kan semuanya ada ya, dan saya bebas memilih. Apalagi kalau ingin masak seafood, saya gak pernah dapet di warung. 

Tapi kalau saya sudah kambuh malasnya dan kalau ada agenda lain yang membuat saya gak bisa pergi ke pasar ya saya cukup ke warung saja. Tapi tetap saya akan membeli beberapa sayur dan lauk untuk beberapa hari. Aslinya sih sebenarnya saya ini paling malas kalau ke warung hanya untuk membeli satu atau dua macam barang, hehe. Mending sekalian banyak deh.

2. Beberes rumah atau sekadar menyapa halaman
Semenjak saya tinggal di rumah sendiri, saya jadi suka lihat ada pot-pot bunga di teras dan halaman. Jadi kalau libur, pagi-pagi saya sudah buka jendela dan pintu untuk melihat bunga-bunga saya tumbuh. Walaupun belum banyak, tapi saya merasa rumah saya jadi segar. Beberes rumah juga jadi agenda saya ketika libur. Istilahnya general cleaning, haha. Jadi saya yang sehari-harinya gak sempat untuk ngelap kaca jendela atau bersihin sarang laba-laba, ya saya lakukan itu ketika libur.

Bersih-bersih rumah, hehe
Oh iya, urusan beberes rumah dan halaman ini bukan semata urusan saya saja, tapi juga suami saya. Dan karena memang kami masih berdua, jadi apa-apa ya dilakukan bersama. Dia yang merapihkan rumput, saya yang nyapu halaman. Dia yang bongkar-bongkar pot bunga karena sudah banyak rumput, saya yang nyusun ulang di teras. Jadi sekaligus quality time dengan suami.

3. Arisan keluarga atau  kondangan
Selain dua agenda diatas, arisan keluarga atau kondangan juga seperti agenda rutin yang saya lakukan ketika libur. Memang gak setiap minggu sih, tapi karena saya juga punya 2 keluarga yang keduanya ada agenda arisan, jadilah agenda ini mengisi liburan saya. Hitung-hitung seklian silaturahmi kan. Kalau gak ada arisan, belum tentu juga bisa ketemu.

Biasanya setelah kondangan, biasanya saya yang ribut pengen sekalian jalan-jalan. Cuci mata di mall atau toko buku. Biar gak ketara abis kondangan, biasanya saya pakai baju yang gak terlalu resmi atau saya bawa sandal lagi selain sandal pesta, haha.

4. Menikmati libur saja
Nah, kadangkala saya dan suami juga suka malas untuk keluar rumah pas libur. Seringnya karena sudah capek seminggu aktivitas diluar rumah, jadi ingin menikmati libur hanya di rumah saja. Kalau sudah begini, saya juga suka malas untuk masak, jadi paling kami beli nasi uduk dekat rumah untuk sarapan. Untuk siang dan malamnya baru saya masak yang simpel semisal ceplok telor atau masak mi instan (jangan ditiru ya).

Walaupun judulnya hanya di rumah dan gak ngurusin pekerjaan, tapi saya tetap gak bisa diem begitu saja. Jadi seringnya saya ambil laptop dan ngetik-ngetiklah saya sambil dengar lagu kesukaan. Kalau sudah mentok idenya atau sudah terasa lelah, saya nonton film (masih ingat kan saya suka sekali dengan drama Korea, haha).

Nah, itu beberapa kegiatan di hari libur saya, khususnya hari Minggu. Pengen sih lebih produktif lagi di waktu libur, tapi seringnya badan sudah lelah dan sudah terlalu banyak agenda. Jadi, untuk sementara ya begitu saja, hehe.

Kalau kamu, liburnya ngapain aja?

Baca juga : 10 Lagu Untuk Akhir Pekanmu

Tidak ada komentar: