17 Desember 2018

BP Day#28, 5 Situs Belanja Favorit

Siapa disini yang suka belanja online? Jaman sekarang ya, apa-apa serba online. Mau cari sepatu, gak perlu ke toko lagi. Mau cari baju, gak perlu ke butik lagi. Sampai cari makanan pun gak perlu datang ke warung makan lagi! Beeuh, yang kedapatan banyak jalan sekarang mah jari ya, hehe.

Ngomongin soal belanja online, saya pernah sangat kecewa dengan si penjual. Ini dulu, sewaktu saya baru-barunya kenal toko online dan saya juga belum terlalu paham membedakan toko online yang bisa dipercaya dan toko online yang abal-abal. Waktu itu saya pesan baju pesta. Di fotonya sih bagus banget, makanya saya langsung pengen beli. Apalagi harganya juga miring, jadilah saya pesan. Pas barang datang, jeng jeng jeng! Duh, itu lebih mirip baju boneka daripada baju untuk perempuan dewasa!


Sejak itu, saya sempat merasa kapok untuk beli barang lewat online lagi. Takut akan mengalami kejadian serupa. Tapi, seiring berjalannya waktu, saya sudah bisa setidaknya mengira-ngira mana  penjual yang amanah dan mana penjual yang hanya ingin dagangannya laris saja dengan harga murah. Beberapa kali pesan barang lewat online, kekecewaan saya semakin berkurang, bahkan sekarang jarang kecewanya. 

Di postingan sebelumnya saya pernah memberikan sedikit tips sebelum berbelanja online. Bisa dilihat di postingan ini. Kali ini, saya akan berbagi sedikit lagi mengenai toko-toko online yang pernah saya sambangi dan tidak mengecewakan saya.

1. Shopee
Meskipun masih terbilang baru, situs belanja online yang satu ini sudah terkenal dengan berbagai promo menariknya. Ada gratis ongkos kirim, flash sale, bahkan ada goyang shopee yang nge-hits. Saya sudah beberapa kali belanja lewat situs ini dan hasilnya tidak mengecewakan. Pintar-pintar saja memilih toko online dan lihat dulu reviewnya. Kalau reviewnya bagus-bagus, berarti toko onlinenya juga bisa dipercaya.

Saya paling suka dengan promo gratis ongkos kirimnya. Apalagi sekarang setiap bulan dikasih voucher gratis ongkir sebagai member shopee. Cara belanjanya juga mudah dan gak ribet. Dan yang terpenting, gak pakai keliling mall untuk cari barang yang saya butuhkan, hehe. 

2. Buka Lapak
Gak jauh berbeda dengan situs belanja yang pertama, Buka Lapak juga merupakan situs belanja online yang bisa dipercaya. Kalau barang yang saya cari gak ada di Shopee, saya pindah kesini sebagai alternatif. Tapi memang seringnya tergantung barang yang mau saya cari sih. Misalnya, kalau baju, saya lebih dahulukan buka di Shopee. Kalau barang lain semisal alat jahit portable, atau hiasan dinding, saya akan cari di Buka Lapak dulu.

Di Buka Lapak juga ada review barangnya, jadi saya bisa lihat-lihat dulu baru saya putuskan untuk beli atau tidak. Oh iya, disini juga ada estimasi ongkos kirimnya. Jadi bisa pilih daerah mana yang lebih murah untuk jadi tempat tujuan kirimnya (biasanya saya nebeng alamat kantor suami saya yang notabene kebanyakan lebih murah ketimbang dialamatkan di rumah saya, hehe).

3. Lazada
Pertama kali belanja disini karena dapat voucher hadiah dari ikutan lomba nulis. Rupanya jadi keterusan karena memang pilihan barangnya banyak dan bervariasi. Selain itu, banyak promo dan diskon yang ditawarkan, semisal pas halbolnas kemarin. Harganya murah gila-gilaan.

Sayangnya, di situs ini gak punya pilihan kurir pengiriman, jadi saya gak bisa pilih kurir yang paling cocok untuk saya. Ongkos kirim juga termasuk lebih mahal dibanding 2 situs belanja yang sudah saya sebutkan sebelumnya.

4. Tokopedia
Saya jarang sekali beli dari situs ini, tapi situs ini tetap jadi alternatif saya kalau di beberapa situs belanja tadi gak ada barang yang saya cari. Situs ini juga gak jauh berbeda dengan situs belanja lain. Termasuk dalam hal pemilihan kurir dan ongkos kirim. Gak ada pilihan lain yang diberikan.

5. Nama Indonesia
Kalau situs yang satu ini, khusus untuk saya belanja tas ransel. Pertama kali kenal karena diajak adik saya untuk belanja. Waktu itu lagi ada promo, tas bagus harganya muraaaah banget. Jadi, keterusan kalau saya cari tas lagi. Dari segi kwalitas, tas yang diproduksi disini asli bagus. Oke banget. Bahannya kuat dan modelnya gak norak.


Untuk ke situsnya, langsung aja klik nama-indonesia. Disini, memang kadang harus sabar nunggu antrian pesan, tapi beneran gak mengecewakan. 

Nah itu dia beberapa situs belanja online yang beberapa kali saya sambangi. Semua situs itu bisa dipercaya, hanya pintar-pintar kita saja sebagai pembeli memilih mana yang penjual yang bisa dipercaya, dan mana penjual yang kira-kira tidak amanah. Selamat berbelanja!

Tidak ada komentar: