Halaman

01 Desember 2018

Day #12, 5 Tips Mudah Hidup Sehat Ala Saya


Untuk hidup sehat itu gampang-gampang susah. Sebenarnya sepele, tapi kalau gak dilakukan atau selalu menunda-nunda ya jadi berat juga. Sering sekali saya baca beberapa tips mudah untuk hidup sehat, tapi ya itu tadi. Seringnya bilang besok aja mulainya, persis kayak slogan diet, hehe. Contohnya adalah olahraga. Ini susah sekali saya lakukan. Alasan klasiknya gak punya waktu. Sebenarnya ya tergantung niat atau gak kan?

Berhubung gaya hidup sehat dengan olahraga saya agak susah, jadi ada beberapa alternatif yang saya lakukan untuk hidup sehat cara saya. Apakah itu? Yuk simak ini.

1. Pilih minum air putih ketimbang minuman berwarna
Ini pilihan yang sepele, kan? Mudah, gak ribet, dan sederhana. Iya, cukup dengan menuangkan air minum yang sudah dimasak atau dari galon saja, lalu langsung glek glek glek. Tapi, apakah itu semudah teorinya? Ternyata gak juga, haha. Awalnya saya memang agak berat untuk lebih milih air putih ketimbang minuman berwarna, apalagi kalau lagi jalan dan cuaca panas gerah. Pasti saya langsung ambil teh dingin atau minuman semacam sari buah (padahal bukan buah aslinya).

Tapi lama kelamaan saya sadar, kebiasaan saya ini gak bagus untuk lambung saya. Jadi, saya mulai berubah sedikit-sedikit. Kemana-mana bawa minum air putih dari rumah biar gak tertarik untuk ambil teh dingin di showcase. Juga, saat bangun tidur juga saya mulai biasakan untuk minum air putih. Badan berasa enteng dan enakan. Mau coba?

2. Makan sayur dan buah
Kalau yang ini sudah saya lakukan sejak lama, sejak saya masih gadis. Kebetulan saya memang penyuka hampir semua sayuran hijau dan sayur buah. Menurut saya, inilah sumber alami untuk memenuhi kebutuhan serat tubuh saya. Jadi, kalau masak menu di rumah, harus ada minimal satu jenis sayur dan satu jenis lauk. Kalau keduanya sudah tersedia, saya merasa aman. Gak apa-apa gak ada sambel, hehe.

Untuk buah-buahan, jujur saya ini tipe pemilih dan kadang moody untuk makan buah. Jadi saya siasati dengan memilih buah yang saya memang suka seperti melon, semangka, pir, atau kiwi. Buah lain yang gak saya suka, mending saya ganti sayur deh.

3. Kurangi makanan instan dan cepat saji
Kebanyakan makanan instan dan cepat saji ini enak ya. Jadi memang agak susah dihindari. Apalagi kalau lagi kepepet dan malas masak. Mi instan campur bakso atau sosis yang pada dasarnya juga ada tambahan pengawet dan penyedapnya, saya embat saja, hehe. Tapi rupanya tubuh saya ini sudah punya kode sendiri untuk melarang makanan-makanan itu masuk dalam tubuh saya.

Biasanya tenggorokan saya akan sakit kalau sudah keseringan makan makanan instan. Jadi sebisa mungkin saya akan batasi. Kalaupun memang kepengen banget, ya sesekali saja.

4. Bersih-bersih rumah
Untuk hidup sehat, bukan hanya dari faktor makanan saja. Tetapi juga dari lingkungan tempat tinggal saya. Kalau makanannya sudah menyehatkan tapi tempatnya kotor kan percuma. Ya saya juga bukan seseorang yang bisa membersihkan rumah dengan sangat kinclongnya, tapi saya berusaha untuk menjaga setidaknya tidak menumpuk sampah atau sisa makanan di dapur. Atau saya meminimalisir genangan air di sekitar rumah. Jadi, selain rumah terlihat rapi dan bersih, hidup saya juga lebih sehat.

5. Berfikir dan bertindak positif
Nah, yang terakhir ini merupakan cara saya untuk hidup sehat dari segi pikiran dan perbuatan. Makanan sudah sehat, lingkungan sudah bersih, tapi kalau pikiran selalu digelayuti dengan hal-hal negatif, pastinya gak bikin sehat juga kan? Makanya, saya selalu berusaha untuk berfikir positif.

Tidak membandingkan kehidupan orang lain dan selalu berusaha berprasangka baik contohnya. Saya berusaha untuk selalu mensyukuri apa yang saya punya. Inilah yang ditakdirkan untuk saya. Inilah hidup yang direncanakan untuk saya. Dengan begitu, hati dan pikiran saya tetap lega dan lapang.

Itulah 5 tips hidup sehat versi saya. Pasti masih banyak hal lain yang bisa dilakukan untuk hidup sehat ya. Apa saja tips dari kamu? Tulis di komentar ya!

Baca juga : 5 Fakta Tentang Saya

2 komentar:

Reyne Raea mengatakan...

Samaan nih mba dengan saya.
saya juga sekarang doyan minum air putih :)
Makan sayur dan buah, hanya saja masih belum bisa ngurangi camilan manis.
Bersih2 juga favori saya hihihi :)

lia mengatakan...

nah kalo cemilan itu yang berat ya mba, hehe. Terimakasih kunjungannya..