03 Juni 2020

Rela Terpanggang Terik Demi Foto

Cerita Lebaran Part #3

Preview part #2

Dengan sangat tumbennya, di rumah ibu saya segala persiapan lebaran sudah beres sebelum magrib! Padahal di tahun-tahun sebelumnya, kami harus begadang untuk beberes rumah dan masak. Adik-adik perempuan saya juga heran bercampur tidak percaya saat saya telepon karena mereka tidak bisa mudik. Jadi kami tarik kesimpulannya. Tahun ini tidak banyak becandanya karena kami tak bisa berkumpul, makanya kerjanya cepat beres, hehe.

cerita lebaran

Lanjut ah di cerita lebaran lainnya.

Lebaran di Tengah Pandemi

Pagi hari di hari lebaran, kami sudah terbiasa dengan rangkaian kegiatan yang sepertinya sudah jadi pakem walaupun tidak tertulis. Bangun pagi dan bergegas untuk siap-siap ke masjid. Sarapan ringan sekadarnya hanya untuk menunjukkan bahwa kami sudah tidak berpuasa lagi. Biasanya kami hanya minum teh atau kopi, atau sesuai selera dan persedian di rumah sambil ngemil kue-kue.

Tahun ini pun demikian. Kami tetap melakukan rutinitas idul fitri seperti biasanya. Hanya bedanya, di rumah gak terlalu ramai. Di kampung kami, solat Idul Fitri masih tetap boleh dilaksanakan dengan mengedepankan protokol kesehatan. Di masjid yang biasanya didirikan tenda, kali ini hanya digelar karpet seluas halaman masjid.

lebaran di tengah pandemi
Lebaran di tengah pandemi

Seluruh jamaah dihimbau untuk membawa sajadah sendiri, memakai masker, dan memberi jarak pada shaf sholat. Sebelum masuk area masjid juga harus cuci tangan dan cuci kaki dulu. Sedih? Ya tentu. Pada saat seharusnya semua muslim berkumpul dengan riang gembira, memenuhi masjid dan merapatkan shaf, kali ini tidak begitu. Bersalaman selesai solat pun ditiadakan.

Pagi hari selepas solat Ied, kami juga terbiasa untuk bergegas rapih-rapih diri. Dandan biar gak keliatan kusam, hehe, dan langsung berburu sungkeman. Di rumah ibu saya, kami terbiasa untuk bersalaman secara teratur. Mulai dari ibu ke abah, lalu berurutan dari anak pertama hingga si bungsu. Sedikit formal tapi begitulah khidmatnya.

Kami harus bergegas ke rumah mbah sebelum banyak tamu yang datang. Itu yang biasanya terjadi di rumah kami. Kalau gak bergegas kesana duluan, bisa dipastikan kami tidak bisa secara khidmat sungkem sama mbah.

Baca juga : Cerita Lebaran Part 2 : Tidak Sibuk Malam Lebaran

Mbah adalah salah seorang yang awal-awal dulu membuka kampung ini, makanya gak heran kalau hari lebaran begini, tamu seperti tidak habis-habis. Abah, yang merupakan anak pertama mbah dan kebetulan tinggal pas di samping rumah, kedapatan berkahnya juga. Tamu yang datang juga ramai dan belum habis bahkan sampai malam tiba.

Makanya, acara sungkem dan sarapan selepas solat Ied ini harus dilakukan sesegera mungkin, hehe. Itulah serunya tinggal di kampung. Orang-orang saling bersilaturahmi. Walaupun sudah bertemu di masjid atau rumah tetangga, tetap saja kami akan sebisa mungkin mendatangi rumah orang yang lebih tua atau kerabat.

Tapi tahun ini, kebiasaan itu sedikit berubah. Rumah kami sepi. Bahkan kami bisa sarapan dengan tenang dan tidak terburu-buru. Tamu yang datang hanya tetangga kanan kiri dan saudara saja. Tidak ramai anak-anak dan berebutan salaman. Tidak sibuk merefill kue di toples dan keranjang air mineral.

Sedih? Ya mau bagaimana lagi. Hanya bisa berdoa supaya tahun depan bisa kembali seperti sedia kala.

Rela Terpanggang Terik Demi Foto

Sepertinya tidak ada orang yang rela melewatkan kesempatan untuk mengabadikan momen lebaran ini. Bagaimanapun keadaanya. Sama seperti saya dan anggota keluarga besar, baik dari pihak saya maupun dari pihak suami. Untung bukan saya aja yang demen foto-foto, haha.

Foto keluarga pertama dilakukan di rumah ibu saya. Selepas solat Idul Fitri, kami bersiap untuk pose. Ya walaupun gak kemana-mana, rapih-rapih, dandan sedikit lah, biar gak terlihat suram.

Biasanya bagian ini agak lama, karena banyak anggota keluarga terutama yang perempuan. Pake pelembab lah, bedak, lipen, pemulas pipi, dan lain-lain. Belum lagi pakai jilbab dan milih bros atau asesosoris lainnya, wkwk. Tapi karena tahun ini dua adik perempuan saya gak mudik, jadi terasa biasa aja. Gak heboh cekakak cekikik di kamar saya.

Lokasi foto masih di tempat sama seperti tahun-tahun sebelumnya, ruang tamu. Secara, ini yang visualnya lebih rapi dan ada cahayanya bagus. Foto keluarga besar yang seperti hanya keluarga kecil bahagia, hehe.

foto lebaran
Foto lebaran dari keluarga saya

Foto dari keluarga saya ya cuma begitu aja. Ganti gaya pun gak jauh-jauh dari duduk seperti itu. Karena pagi itu juga kami belum sungkem ke rumah mbah, jadi yang penting dapat foto dulu. Jadi ingat waktu lebaran tahun kemarin, kami gak bisa foto keluarga dengan santai karena memang berburu ke rumah mbah sebelum ramai tamu.

Baca juga : Aku dan Kenarsisan

Bandingkan dengan foto keluarga yang satu ini.

foto lebaran
Foto lebaran dari keluarga suami

Siapa sangka di balik foto ceria ini, ada bermacam cerita sebelumnya. Dimulai dari sidang panjang penentuan warna baju seragam dan segala drama yang menyertainya. Saya sudah posting ceritanya di link ini. Dilanjutkan pada hari H, hari raya itu sendiri. Gegara saya sudah bela-belain pakai seragam lebaran dengan beberapa drama, jadi saya sedikit mengancam. Saya gak mau ditinggalin foto keluarga besar. Apapun yang terjadi, haha.

Karena saya dan suami pun sempat mampir ke beberapa titik di perjalanan, jadi sampai rumah sudah hampir tengah hari. Sampai disana, rupanya semua orang sudah menunggu. Yah, intinya kami berdua inilah yang jadi bintang tamunya. Dua orang paling ditunggu demi foto bersama.

Tahukah kamu? Mereka rela untuk tidak melepas atribut seperti itu sepanjang pagi hingga kami datang! Padahal kalau gak menunggu kami, mungkin sudah dari tadi berganti baju dengan setelan paling nyaman di rumah. Daster dan baju tidur! Ya, secara gak ada tamu selain tetangga depan rumah. Mau apa lagi kan?

Tapi, demi foto bersejarah setahun sekali ini, kami rela panas-panasan. Apalagi tak berapa lama kami datang, kami langsung menuju lokasi. Panas banget sih memang hari itu. Bayangkan foto di jam 11.45 saat matahari ada di ubun-ubun. Belum lagi, penentuan lokasi dan tes foto sebelumnya. Asli deh itu kerasa banget ada keringat yang ngalir di dahi, di punggung, di perut, haha.

BTS Foto lebaran
Behind the scene, wkwk

BTS Foto lebaran
Behind the scene di tengah hari

Sekali lagi, demi lho ini.. demi foto lebaran yang legendaris kayak orang-orang. Rela deh terpanggang terik dan bergaya dengan mata sipit itu, hehe.

Nah, kalau kamu? Foto lebaran juga kan tahun ini?

19 komentar:

Yustrini mengatakan...

Semua mematuhi aturan demi mencegah penyebaran Covid ini ya. Semoga besok bisa berkumpul kembali bersama keluarga besar :)

Laela Awalia mengatakan...

Aamiin.. semoga lebaran tahun depan masih diberi umur, bisa berkumpul lagi

Maria Tanjung Sari mengatakan...

Ya Allah seneng banget lihat foto keluarga mbak. Jarang-jarang lho di tengah pandemi bisa berkumpul bersama. Semoga segera berlalu ya pandemi ini mengingat sudah hampir 4 bulan kita semua merasakan dampaknya.

Laela Awalia mengatakan...

@Maria Tanjung Sari, iya mba.. ini justru karena pandemi bisa kumpul. Soalnya kan gak bisa kemana-mana hehe

Eva Lestari mengatakan...

Aku jarang bisa foto lebaran bareng keluarga kayak gitu. Disni setelah sholat Ied udah langsung buru-buru keliling kampung. Kalau ngga gitu udah ada tamu datang jadi ngga sempet

iidyanie mengatakan...

Memang lebih asyik ya kalau lebaran itu bisa kumpul rame2 dengan sanak saudara tapi apa daya di tempat saya karena wabah covid tahun ini jadi benar2 sepi tanpa tamu kecuali tetangga :)

i n n a mengatakan...

Jadi bisa berkumpul lengkap dengan anggota keluarga ya kak

wise mengatakan...

Senangnya masih bisa berkumpul di era pandemi.. semoga semua sehat dan baik baik saja ya.. lebaran kali ini memang beda ya.. acara kumpul melepas rindu jadi lebih terbatas pesertanya

Anonim mengatakan...

senangnya ya bisa foto keluarga saat lebaran dalam kondisi pandemic begini saya belom bisa pulang kak, jadilah gak punya foto keluarga pas lebaran tahun ini, semoga bisa segera pulang deh bertemu keluarga tercinta, kangen ibu dan keponakan-keponakan

Mei Daema mengatakan...

senangnya ya bisa foto keluarga saat lebaran dalam kondisi pandemic begini saya belom bisa pulang kak, jadilah gak punya foto keluarga pas lebaran tahun ini, semoga bisa segera pulang deh bertemu keluarga tercinta, kangen ibu dan keponakan-keponakan

Laela Awalia mengatakan...

@Diary Cantikku, sebenarnya kalau lebaran dalam kondisi biasa, di rumah ibu saya juga jarang banget bisa foto bareng begini. Karena lebaran kemarin gak ada tamu, jadi bisa lebih leluasa untuk foto, hehe

Laela Awalia mengatakan...

@iidyanie tapi tetap beda mba lebaran tahun ini. Kami bisa kumpul karena memang sudah gak ada kegiatan dari pertengahan Maret, sudah work from home, jadi kebetulan banget lah kumpul semua.

Laela Awalia mengatakan...

@inna iya mba, alhamdulillah bisa kumpul pas lebaran gini

Laela Awalia mengatakan...

@wise, iya mba alhamdulillah bisa kumpul. Aaamiin, semoga kita semua selalu sehat

Laela Awalia mengatakan...

@Mei Daema semoga lebaran tahun depan, kondisi sudah jauh lebih baik dan bisa berkumpul sama keluarga ya mba..

Susi Susindra mengatakan...

Seru sekali. Saya senang kalau baca tentang keluarga kompak yang mau melakukan hal di luar kebiasaan saat lebaran.
Keluarga saya tidak. Nyaris tidak pernah foto sekeluarga dengan saudara. Kami datangnya jarang bersamaan, mungkin karena kumpul keluarga bukan hal yang harus.
Kenapa ada nada sendu di komentar saya. Hahahahaha

Laela Awalia mengatakan...

@Susi Susindra, alhamdulillah mba, di keluarga saya dan keluarga suami sama2 suka foto bareng. Rasanya kurang klop kalau gak ada fotonya hehe. Mungkin bisa dimulai dari MBak Susi dulu yang ngajak foto? hehe

Nyonya Faruq mengatakan...

Jadi rindu ya lebaran bersama keluarga besar selalu berfoto tapi tahun ini gak berfoto sama yang lain tapi tetap bersyukur masih bisa bersama keluarga kecil

Laela Awalia mengatakan...

@Nyonya Faruq. Iya mba, kemarin di keluarga saya gak bisa kumpul semua karena gak pada mudik...