01 Juli 2020

5 Tips Nyaman di Ruang Kantor


Halo!

Apa kabar semuanya? Siapa nih yang sudah mulai bekerja di kantor kembali setelah beberapa bulan bekerja dari rumah? Semoga kantornya gak sampai berlumut ya, hehe. Walaupun bekerja dengan keadaan yang tidak lagi sama persis dengan sebelumnya, tetapi harus tetap semangat dong.

tips nyaman di ruang kerja
Tips Nyaman di Ruang Kerja

Area kerja, khususnya ruang kantor adalah salah satu faktor penting dalam menjalankan aktivitas rutin bekerja. Apalagi bagi Anda, pekerja yang dituntut untuk lebih banyak bahkan setiap hari berada di dalam ruangan. Setidaknya ada 5 hari dalam seminggu harus duduk disana. Bahkan bisa jadi rumah kedua saat sedang sibuk-sibuknya.

Maka dari itu, menjaga kenyamanan di kantor bisa jadi satu keharusan tersendiri. Nah, saya punya beberapa tips untuk Anda supaya ruang kantor tetap nyaman dan Anda bisa bekerja lebih tenang. Yuk disimak!

  • Menata dengan rapih

Tidak masalah apakah Anda punya ruang kantor sendiri atau ruang bersama dengan meja masing-masing. Hal yang penting adalah bisa merapikannya agar tetap nyaman. Mungkin memang ada office boy yang membersihkan setiap hari, tetapi untuk menatanya tentu Anda yang lebih paham. Langkah pertama bisa dengan menata peralatan apa saja yang sekiranya dibutuhkan saat Anda bekerja.

arsip kantor
Sumber : Pixabay

Jika Anda adalah tipe pekerja dengan banyak dokumen, pastikan memiliki rak dan bundel file dengan label yang tertulis jelas. Kalau Anda membutuhkannya lain waktu, Anda bisa dengan mudah mencarinya di bundel file itu. Jangan pernah menumpuk dokumen terlalu banyak di atas meja kerja Anda. Selain akan mengganggu ruang gerak karena meja penuh, juga akan menyulitkan saat Anda 

  • Susun ATK dalam satu tempat

Satu hal sepele yang seringkali terabaikan adalah ATK. Kalau ruang kantor Anda tipe terbuka alias berbagi ruang dengan pekerja lain dan hanya berbeda meja, biasanya ATK ini gampang sekali berpindah tempat. Entah itu pena, pensil, gunting, stapler, atau penggaris. Kalau sudah begini, sedikit saran yang bisa membantu adalah memberi label nama pada barang-barang kecil tersebut.

menyusun ATK
Sumber : Pixabay

Sepele sih ya, tapi kalau keseringan dan harus mencari-cari dulu saat akan dipakai, kan pasti jadi repot dan membuang waktu. Setidaknya, saat orang lain meminjam barang itu, mereka akan ingat akan mengembalikannya kemana.

Kalau ruang kantor Anda tipe tertutup, maka akan lebih mudah untuk menyusunnya dalam satu tempat. Tetapi Anda harus tetap rajin menaruhnya kembali setelah selesai digunakan.

Baca juga : Balada Pena Front Office

  • Taruh barang kecil kesukaan sebagai penyemangat

Meskipun tidak ada hubungannya dengan pekerjaan Anda, menaruh barang kecil kesukaan bisa menjadi penyemangat dalam bekerja di kantor lho. Misalnya foto keluarga kecil dalam bingkai kecil di salah satu sudut meja. Ketika sudah berjam-jam duduk di kantor, mungkin senyum Anda akan terkembang lagi ketika melihat foto tersebut. Kalau tidak ada foto, Anda bisa menaruh vas bunga kecil, miniatur patung yang mengingatkan perjalanan Anda, boneka seukuran jari, atau miniatur kendaraan favorit Anda.

  • Tidak makan di kantor

Bekerja di kantor dalam waktu sekitar 8 jam memang kadang membuat mulut ingin terus mengunyah ya. Boleh sih ngemil di ruang kantor, tapi kalau membawa makanan berat ke ruangan atau meja Anda, wah jangan deh. Menyeduh mi instan cup misalnya, dan membawanya ke kantor Anda akan menimbulkan aroma yang bisa membuat pekerja lain terganggu konsentrasinya. Belum lagi, aroma yang tertinggal bahkan setelah makanan itu habis. Belum lagi kalau ada yang tercecer di meja. Belum lagi kalau tiba-tiba kedatangan tamu. Wah, jangan deh ya!

Kalau ingin makanan yang agak berat, akan lebih baik membawa buah potong dalam ukuran sedang yang bisa langsung dimakan. Aroma buah tidak akan terlalu kuat di dalam kantor. Kalaupun ada aromanya, tentunya tidak se-ekstrem jika Anda membawa mi instan cup atau malah nasi padang, hehe.

Baca juga : 5 Warung Makan Favorit di Lampung

  • Membersihkan sebelum pulang

Nah, terakhir adalah membersihkan dan merapikan ruang kantor sebelum pulang. Lagi-lagi, meskipun ada office boy yang akan membersihkan ruang kantor Anda, merapikannya sebelum pulang akan membuat Anda lega dan nyaman keesokan harinya. Meninggalkan kantor dalam keadaan rapi mencerminkan kepribadian Anda juga lho.

Itu dia beberapa tips supaya ruang kantor Anda tetap nyaman. Kalau bekerja sudah nyaman, hasilnya pun akan baik, kan? Selamat bekerja ya!

Tidak ada komentar: