14 Juli 2020

Bola Ubi Manis; Olahan Mantang Praktis!

Siapa yang tidak mengenal ubi jalar? Tanaman umbi-umbian yang juga disebut mantang ini memang tersebar luas di Indonesia. Kandungan karbohidrat dan vitaminnya yang tinggi serta rasanya yang manis menjadikan mantang cocok sebagai camilan sehat dan mengenyangkan.

Olahan mantang
Bola Ubi Manis

Di pasaran, setidaknya terdapat beberapa jenis mantang dengan berbagai warna. Mantang ungu, mantang kuning pucat, dan mantang orange terang. Camilan yang bisa dibuat pun beragam dan biasanya tergantung pada jenis mantangnya. Misalnya mantang ungu yang lebih cocok dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan kue biji salak dan kue bugis karena warnanya yang terang. Sedang mantang kuning biasanya dijadikan kolak.

Baca juga : Skippy Juga Bisa Dijadikan Masakan

Kalau saya sendiri, biasanya mengolah mantang dengan cara yang praktis-praktis saja. Misalnya dikukus saja, atau diiris tipis dan digoreng. Tapi, karena saya sedang ingin menampilkan camilan yang berbeda dari tampilan mantang sebelumnya, saya bikin olahan lain. Eits, tetap mengedepankan kepraktisan, hehe.

Apa itu? Ayo, sudah siap pasang apronnya? Kita akan buat…

Bola Ubi Manis

Bahan-bahan :

1/2 kg mantang kuning
3 sdm tepung terigu
Coklat batang/meses secukupnya

Garam sejumput
Tepung panir

Cara membuat:

Bersihkan mantang, kupas, lalu kukus hingga matang. Setelah matang, haluskan dan campur dengan tepung terigu dan garam.

Ambil sedikit2, bentuk pipih, isi dg coklat, bulatkan. Di tempat lain, buat adonan tepung ditambah air, encer saja utk melumuri bulatan mantang. Celupkan di adonan tepung encer lalu gulingkan ke tepung panir. Goreng hingga kecoklatan.

Baca juga : Siapa Penasaran Nasgor Daun Kunyit?

Bagaimana? Mudah banget kan? Monggo dicoba. Awas ketagihan, hehe.

Tidak ada komentar: