Halaman

26 November 2018

Day #7, 5 Warung Makan Favorit Saya di Lampung

Yuhuuu yang suka kulineran sewaktu jalan-jalan, pasti lah yang dicari makanan dengan rasa enak dan bikin nagih. Apalagi kalau mengunjungi kota yang baru pertama kali dijejaki. Tapi pernah gak sih, pas kita jalan-jalan dan ingin kulineran, kita gak tahu harus cari makanan enak dimana? Mana gak ada teman yang bisa merekomendasikan tempat makan. Duh, jadi bingung kan?

Sumber : Pixabay
Nah, kali ini saya akan coba posting beberapa tempat makan di Lampung yang menurut saya enak makanannya, ramah pula di kantong harganya. Yuk yuk langsung ke TKP!

1. Pindang Sehat
Dari namanya saja sudah bisa ditebak ya, makanan yang dijual disini bisa dibilang sehat. Sebenarnya saya tidak terlalu menyukai pindang. Saya lebih memilih sop atau soto ketimbang pindang. Padahal saya lahir dan tinggal di pulau Sumatra yang memang terkenal dengan aneka macam pindang. Tapi, pertama kali mencoba pindang disini, saya merasa ada sesuatu yang berbeda. Kuah pindangnya berasa banget rempahnya dan cocok di lidah saya. Sejak saat itu, saya jadi ketagihan makan di warung ini.

Plang depan warungnya
Karena sudah ada beberapa cabang, maka Rumah Makan Pindang Sehat bisa ditemukan di beberapa tempat di Lampung. Rumah makan pertamanya ada di Gunung Sugih, Lampung Tengah. Menurut saya, disinilah yang paling ramai. Menunya paling lengkap.

Dari namanya saja sudah bisa ditebak ya, makanan yang dijual di sini bisa dibilang sehat. Dari spanduk yang dipasang di beberapa sisi dinding, beras yang digunakan adalah beras organik (selagi persediaan ada), sayur segar, ikan yang diolah langsung dari kolam, dan bumbu tanpa penyedap. Tempatnya juga bersih dan hommy banget karena ada yang berada di dalam rumah, dan ada yang diluar (semacam ada pondokan begitu).

Rumah Makan Pindang Sehat bisa ditemukan di beberapa daerah di Lampung karena memang sudah ada beberapa cabang. Rumah makan utamanya ada di daerah Gunung Sugih, Lampung Tengah. Kalau saya pas ke daerah sana, saya hampir selalu mampir untuk makan disana. Kalau ke arah Metro, saya juga tidak melewatkan makan siang disana. Atau yang paling dekat dengan tempat tinggal saya di Bandar Lampung, saya juga beberapa kali kesana.

Ayam bakar lengkap dengan lalapan dan kuah pindang
Menu yang tersedia beraneka macam. Mulai dari pindang patin, ayam bakar, ikan goreng, dan olahan seafood lain yang rasanya mantap. Enaknya makan disini, kalau kita pesan ayam bakar atau olahan ikan, kita juga akan dapat kuah pindangnya lengkap dengan sambal dan lalapan yang melimpah. Tambahannya lagi, ada kerupuk dan pisang gratis. Air minumnya juga sembarang air minum galon, tapi air mineral bermerk yang terkenal higienis.

Untuk harganya, gak perlu khawatir akan menguras isi dompet. Untuk seporsi ikan mas bakar lengkap dengan sambal, kuah pindang, dan lalapan melimpah, cukup dengan Rp 17.000,- saja. Untuk menu lain juga bisa dibilang relatif murah. Maka tak heran kalau rumah makan ini hampir selalu ramai saat jam makan siang.

2. Soto Lamongan Mbok Iyem
Warung soto ini letaknya di pusat kota Bandar Lampung, tepatnya di Jl. Kartini, sebelah kanan jalan sebelum Pasar Bambu Kuning. Tempatnya memang tidak luas, hanya ruko kecil yang dipasangi spanduk dengan tulisan besar “Soto Lamongan Mbok Iyem”.

Soto Bu Iyem
Selain karena sotonya yang endeus banget, pemiliknya dan pekerjanya juga ramah. Malah kadang saya juga diusili dan itu membuat saya merasa akrab dengan mereka. Menu andalan ya jelas soto lamongan dengan kuah kentalnya yang gurih. Juga ada pecel lele dengan sambalnya yang pedas segar. Saya sarankan bagi yang gak bisa makan pedas tapi ingin mencicipi sambal disini, kalau pesan pecel lele atau ayam goreng yang ada sambalnya, yakinkan bahwa sambalnya jangan terlalu pedas.

Untuk harga, soto lamongan biasa cukup dengan Rp 18.000,-/porsi lengkap dengan nasi atau lontong. Yakin lah sudah kenyang dan pengen kembali makan lagi keesokan harinya. Oh iya, jangan kaget kalau kesini pas jam makan siang, ramai!

3. Mi Aceh Saba Bena
Walaupun tinggal di Lampung, tapi bukan berarti gak ada makanan khas dari daerah lain kan? Itulah kenapa ada tempat makan ini. Mi Aceh Sabana. Lokasinya ada di Jl. Mata Intan, depan Darma School Bandar Lampung. Saya kesini karena awalnya didorong oleh rasa penasaran. Seperti apakah mi aceh itu?

Rupanya, saya menyambangi tempat yang benar. Mi aceh disini rasanya pas di lidah saya. Minya kenyal dan kuahnya gurih banget. Selain mi aceh, disini juga tersedia roti cane, martabak telur, dan nasi goreng. Untuk minumannya, bisa memesan kopi aceh biar berasa seperti sedang berada di Aceh.
Salah satu hal yang saya suka dari tempat ini adalah tata letaknya yang terkesan santai dan tidak kaku. Kata suami saya, tempat nongkrong di Aceh ya begini. Tempatnya yang cenderung terbuka dengan angin semilir, kursi-kursi plastik dengan sandaran dan tempat masak berada di depan, membuat saya merasa lebih santai. Adakalanya juga saya bisa melihat bagaimana mereka membuat martabak telur di atas wajan besar. Itu mengingatkan saya pada martabak Har yang banyak dijual di Palembang.

Untuk harga, seporsi mi aceh biasa cukup dibayar dengan Rp 13.000,- saja! Sudah murah, enak, kenyang lagi. Untuk roti cane keju, cukup dengan Rp 8.000,-/porsi. Ramah di kantong kan? Hayuk dicoba!

4. Bakso Lapangan Tembak
Nah, bagi yang suka jalan-jalan ke mall, ada satu tempat makan yang jadi favorit saya. Namanya Bakso Lapangan Tembak. Berada di dalam Mall Boemi Kedaton, menjadikan tempat ini selalu ramai, gak pandang jam makan. Siang, sore, malam, ramai terus pokoknya. Tempatnya juga dibuat sedemikian rupa sehingga kita merasa ada di teras rumah dengan pohon di sekelilingnya. Ornamen jendela dan lampu-lampu hias terpajang di dindingnya.

Walaupun namanya Bakso Lapangan Tembak, tapi menu yang dijual bukan hanya bakso saja. Ada berbagai macam menu, seperti soto, ayam goreng mentega, tongseng kambing, juga aneka macam mi. Favorit saya adalah tongseng ayam dan bihun goreng. Tongsengnya nendang banget, terasa rempahnya. Bihun gorengnya pun gurih dan lembut. Oh iya, saya juga merekomendasikan menu ayam goreng mentega untuk yang mau makan berat (kan kalau belum makan nasi, katanya belum makan ya hehe). Ayamnya lembut dan saus menteganya itu maknyus!

Walaupun tempatnya di dalam mall, tapi harga makanan dan minumannya masih relatif murah kok. Untuk ayam goreng mentega, bisa didapat dengan Rp 30.000,-/porsi, bihun goreng pun hanya Rp 22.000,-/porsi. Mau coba? Monggo kesini.

5. Ayam Bakar Mbok Jum
Nah, kalau perut lapar dan ingin makan yang puas, disini tempatnya. Ayam Bakar Mbok Jum sudah tersebar di beberapa titik di kota Bandar Lampung dan Natar. Menu andalan dan menurut saya paling enak ya ayam bakarnya. Disini, kita bisa mencoba 2 macam sambal untuk ayam bakar. Sambal goreng merah dan sambal terasi. Keduanya bikin nagih walaupun membuat mulut terasa terbakar karena pedas mantabnya.

Disini, kita juga bisa memesan paket atau satuan. Kalau saya sukanya pesan per paket. Bisa dapat nasi putih, ayam bakar, lalapan, 2 jenis sambal, semangkuk sayur asem, dan es teh. Lengkap kan? Harganya juga sangat sangat terjangkau. Hanya Rp 20.000,-/paket!

Makanya saya dan rekan saya kalau lagi ada agenda keluar, suka kesini juga pas makan siang. Biasanya yang saya sambangi adalah warung yang berada di Jl. Pagar Alam, sebelah Umitra Lampung.

Oke, itulah 5 tempat makan favorit yang saya rekomendasikan untuk dicoba ketika ke Lampung. Sebenarnya masih banyak tempat makan yang biasa saya sambangi dan rasa makanannya juga sedap-sedap. Mungkin di postingan berikutnya akan saya tulis lagi ya.

Sudah mulai lapar? Buruan kesana ya!

Baca juga : Resep Soto Betawi

Tidak ada komentar: