23 November 2018

Day #4, Coba 5 Tips Ini Untuk Konsisten Blogging

Teman-teman penulis pun pasti pernah merasakan kekosongan ide untuk menulis, atau sebenarnya punya banyak ide tapi mau menulis malah kalah dengan drama dari negeri seberang, hehe. Saya sering begitu. Lagi semangat ingin nulis, buka laptop, eh lihat folder drama korea, haduh! Kalah deh semangat saya. Apalagi kalau gak ada event tertentu alias nulis biasa aja. Ada bahan diposting, gak ada bahan ya sudah. Itu penyakit paling kronis yang pernah saya idap.

Memang saya bukan penulis profesional yang tulisannya selalu nampang di blog untuk review produk atau give away, tapi saya ingin konsisten. Nah, dari beberapa tahun saya nyemplung di dunia kepenulisan dan blogging, saya punya beberapa tips agar semangat menulis dan blogging itu selalu ada. Kalau gak membara, setidaknya selalu hidup, hehe.

1 Buat daftar posting
Saya sadar saya ini pelupa. Khususnya kalau sudah banyak deadline. Dulu waktu saya masih selalu aktif ikut lomba kepenulisan, saya selalu siapkan papan kecil dari stereofoam atau kayu di kamar saya. Untuk apa? Biar saya bisa selalu lihat lomba apa saja yang bisa saya ikuti beserta deadlinenya. Dulu semangat saya selalu membara. Ikut lomba sana sini, walaupun hasilnya kadang menggembirakan, kadang juga gak ada nama saya di daftar pemenang. Gak masalah buat saya, karena seperti yang sudah saya bilang di tulisan saya sebelumnya, saya berusaha untuk selalu konsisten menulis. Menang itu bonus.

Rupanya, papan kecil ini masih efektif lho sampai sekarang. Tapi, sekarang gak melulu untuk lihat jadwal lomba, tapi lebih pada apa saja yang ingin saya kerjakan. Salah satunya untuk nempel daftar postingan. Pernah kan saking banyaknya ide berseliweran tapi belum sempat ditulis, pas ada waktu nulis malah bubar semua idenya? Hehe. Makanya saya selalu buat daftar posting ini.

Daftar posting ini juga rupanya cukup efektif untuk saya. Jadi saya merasa banyak sekali ide untuk ditulis. Otomatis, saya juga akan bersemangat untuk posting tulisan.

2. Blogwalking
Saya tertarik di dunia kepenulisan karena baca cerpen orang lain. Baca novel, baca buku, baca biografi, dan tulisan lainnya. Intinya saya tertarik karena saya tahu. Makanya pas saya mulai masuk dunia blogging, saya sering melirik blog orang lain. Apalagi waktu pertama kali saya diajari blogging, setiap buka browser, saya pasti buka blog kakak pengajar saya waktu itu, juga blog teman-teman yang saya ikuti.

Selain bisa lirik-lirikan tema dan gaya bloggingnya, blogwalking ini juga bisa menyemangati saya untuk posting. Kalau saya kehabisan ide, saya pasti blogwalking. Luar biasanya, saya hampir selalu mendapatkan ide baru untuk posting.

3. Ikutan lomba
Kalau urusan lomba menulis puisi atau cerpen, mungkin saya masih bisa jadi pemenang. Tapi kalau lomba blogging, saya ini bukan tipe pemenang. Serius! Sudah beberapa kali saya ikutan lomba blog dan semuanya gak menampilkan nama saya, bahkan dalam nominasi sekalipun! Haha. Tapi, apakah saya berhenti sampai disana? Pernah sih dalam hati saya berkata, ini yang terakhir lomba blog untuk review produk, kalau gagal lagi, gak akan saya ikut lomba berikutnya.

Tapi nyatanya, ikutan lomba itu nagih, Kawan! Saya bisa bertahan duduk di depan laptop sampai malam demi posting blog untuk lomba yang deadlinenya besok pagi. Atau saya bisa bela-belain untuk cari satu produk yang harus direview demi bisa diposting dan diikutsertakan dalam lomba. Sepertinya ada rasa penasaran dalam hati saya walaupun saya tahu saya gak akan menang. Tapi setidaknya saya sudah mencoba dan dengan begitu, saya pun sudah mengisi blog saya dengan satu tema lagi; review produk.

4. Gabung di komunitas
Nah, ini dia yang gak kalah penting. Gabung di komunitas dengan minat yang sama gak akan ada ruginya. Waktu jaman muda dulu, saya gabung di komunitas kepenulisan dan itu cukup efektif dalam memompa semangat saya untuk menulis.


Sekarang, ketika saya ingin terus konsisten untuk blogging, ya saya memilih untuk ikut gabung dengan komunitas blogging juga. Salah satunya disini, Blogger Perempuan. Sebenarnya saya termasuk anggota baru. Belum lama tinggal disini tapi serasa saya sudah menjadi keluarga sendiri.

Disini, saya mulai tahu bahwa untuk blogging, gak Cuma bisa nulis lalu posting, tapi juga mesti ada trik biar blog saya berkualitas. Saya mulai tahu, hal sesederhana warna saja bisa berpengaruh pada pembaca. Hal sesederhana menggunakan widget bisa mempengaruhi jumlah pengunjung. Hal sesederhana jenis huruf bisa sangat berarti untuk kenyamanan mata.

Saya juga merasakan perubahan signifikan pada pengunjung blog saya. Karena, di Blogger Perempuan, saya bisa bagikan link blog post terbaru saya. Juga, saya lebih mudah untuk blogwalking sesuai dengan tema yang ingin saya baca semisal tentang blogging, traveling, atau parenting. Semua ada. Terakhir, seringnya lomba blog yang diadakan bareng Blogger Perempuan.

5. Menulis, posting, lalu menulis dan posting lagi
Ini trik paling ampuh supaya tetap konsisten menulis. Teori hanya sebatas teks kalau gak diaplikasikan. Kalau Cuma baca teori tentang berenang tapi gak pernah nyemplung ke kolam renang, mana bisa tahu teorinya benar atau tidak kan? Begitu juga dengan blogging ini. Kalau saya Cuma baca teori dan selalu blogwalking saja tanpa pernah mau posting, ya isi blog saya tetap seperti rumah kosong.

Yah, itu beberapa tips saya untuk bisa terus berusaha konsisten dalam menulis dan posting blog. Apakah kamu punya trik lain? Jangan sungkan untuk komentar ya!

Tidak ada komentar: