21 November 2018

Day #2 Tema Blog Ini Seperti Es Campur?

Di tulisan pertama kemarin, saya sudah sedikit cerita tentang diri saya dan kenapa pada akhirnya saya suka ngeblog. Kali ini saya akan sedikit cerita tentang apa aja sih isi blog saya ini?

Jadi, sebenarnya saya itu banyak sukanya. Suka jalan-jalan, suka nyanyi-nyanyi, suka kulineran, suka ngomong sendiri juga, hehe. Makanya bagi yang sudah pernah blogwalking disini, mungkin sudah menemukan banyak sekali postingan tanpa fokus ke tema tertentu. Memang begitu, saya termasuk blogger yang random, suka-suka saya aja mau diisi dengan apa.

Awal ngeblog dulu, saya suka posting pusi dan cerpen karena saya mengawali dunia tulis menulis ini dengan jalan itu. Puisi-puisi saya yang sudah mampir di media, akan saya posting ulang disini. Atau malah puisi-puisi saya yang sudah lelah berkeliling, alias gak laku di media atau lomba-lomba. Begitu juga cerpen saya. Saya posting sebagai dokumentasi biar kalau di komputer hilang, masih bisa baca di blog. Tapi lama-kelamaan kok saya gak sreg ya. Rasanya seperti rumah yang dipenuhi perabot mahal tapi gak ditinggali oleh penghuninya. Rasanya gak ada cerita apapun disana.

Jadilah saya mulai isi dengan cerita-cerita ringan atau bahkan ocehan gak jelas saya. Cerita itu bisa dari pengalaman pribadi saya atau dari obrolan orang-orang di sekitar saya (masih ingat kan konsep pertemanan saya? Kalau cerita sama saya harus hati-hati, wkwkwk). Kalau saya sedang melankolis, saya akan iseng posting lirik lagu yang sedang saya suka atau foto-foto yang memuat kenangan lama. Jadi, semacam bernostalgia begitu.

Pernah juga sih saya posting resensi karena waktu itu ada tugas kepenulisan tentang resensi. Eh, malah jadi suka nulis resensi juga. Bagi saya nulis resensi itu susah –susah gampang. Saya harus baca dulu seluruh bukunya, memahami isinya, lalu saya tuliskan pendapat saya. Ini akan menjadi tantangan untuk saya, apakah resensi yang saya tulis ini membuat orang lain menjadi penasaran dengan bukunya dan ingin membeli atau malah jadi gak tertarik, hehe.

Waktu blogwalking, saya malah tertarik untuk ikutaan lomba blogging. Kebanyakan memang mengulas suatu produk. Saya sempat ikut beberapa lomba, dan hasilnya gak memuaskan, haha. Nama saya gak pernah muncul di daftar pemenang. Tapi bagi saya bukanlah menang atau kalah, tapi bagaimana menjaga kekonsistenan menulis. Nulis ya nulis aja, masalah menang atau kalah, itu bagian dari bonus.

Jadi pada intinya ya blog saya ini seperti es campur. Apa yang ingin saya tulis ya tulis saja. Tapi tetap saya rapikan dan saya kelompokkan, jadi pengunjung blog saya juga bisa lebih mudah memilih ruangan mana yang akan mereka kunjungi. Apakah resensi buku, review produk, curhatan, puisi, cerpen, atau jalan-jalan.

Salah satu tema yang saya suka, jalan-jalan
Bicara soal jalan-jalan, inilah tema yang paling saya sukai. Iya, karena saya juga suka jalan-jalan, jadi kurang lengkap rasanya kalau jalan-jalan saya itu belum tayang disini. Jadi semacan liputan dan dokumentasi bahwa saya pernah berkunjung ke suatu tempat. Saya juga punya impian untuk bisa berkeliling Indonesia dan menceritakan perjalanan saya itu di blog. Saya bahkan sudah mencatatnya di daerah mana saja yang sudah pernah saya kunjungi, dan daerah mana yang ingin saya kunjungi berikutnya.

Kalau lagi nulis soal jalan-jalan, saya seperti bisa mengenang kembali tempat-tempat yang saya kunjungi. Otomatis, saya akan merasa senang dan itu bisa menjadi moodboster tersendiri untuk saya. Apalagi sambil melihat foto-foto yang saya ambil. Makanya beberapa orang yang bersama saya waktu jalan-jalan, agak heran kenapa saya juga suka mendokumentasikan jalanan, icon kota, atau benda-benda yang sekiranya bisa saya ceritakan di tulisan saya selain foto saya sendiri.

Pada intinya,saya selalu berfikir bagaimana saya bisa konsisten menulis. Jadi, untuk sementara ini di blog saya belum ada tema tertentu yang mendominasi. Semua tema saya suka, selama saya bisa menuliskannya. Mungkin setelah saya punya anak nanti, saya juga akan tambahkan tema keluarga di blog saya ini.

Kalau kamu, tema apa yang kamu suka tulis di blogmu?

Tidak ada komentar: