Halaman

22 November 2018

Day #3, Ini Alasan Saya Pilih Azkia

Kenapa milih nama blog ini azkia-04.blogspot.com?

Jadi ceritanya dulu tuh saya suka sekali ngumpulin nama orang-orang. Waktu masih anak-anak, saya suka main orang-orangan yang dari kertas (BP-an gitu, mungkin ada istilah lain?). Nah, saya suka ngumpulin nama-nama orang biar tokoh saya punya nama yang gak pasaran pada jamannya. Sering saya punya imajinasi sendiri terhadap nama-nama itu. Misalnya, saya menyandingkan nama Widya dengan Lidya, saya bisa punya imajinasi tokoh apa yang bisa diperankan dengan kedua nama itu. Bisa jadi kedua tokoh itu punya sifat yang jauh berbeda hanya dengan mengganti huruf pertamanya.

Sumber : Pixabay
Dari sana, saya punya hobi yang mungkin agak aneh didengar. Mengumpulkan nama-nama orang. Saya suka menuliskannya di buku harian saya. Waktu SMP, bahkan saya usil nulis di buku cetak milik sekolah satu nama panjang lengkap yang bagi saya itu nama yang cantik sekali. Clarissa Maya Sofia. Gak tahu juga sih artinya apa, tapi dalam imajinasi saya dulu, perempuan yang punya nama itu saya bayangkan berperangai lembut, murah senyum, mata berbinar dengan rambut gelombang, yah, cantik lah. Aneh ya? Hehe (Ups! Ketahuan usilnya deh!).

Rupanya hobi yang sedikit aneh itu masih berlanjut hingga saya SMA. Kalau ke toko buku, setidaknya saya membuka satu buku kumpulan nama bayi. Saya tuliskan lagi nama-nama orang yang menurut saya punya arti yang bagus. Kali itu, saya agak bergeser ke nama yang kearab-araban, seperti Fadhil, Annisa, Aulia, dan Azkia. Dan, saya begitu suka dengan nama Azkia. Nama itu melekat erat di pikiran saya, bahkan hingga sekarang. Makanya, saya punya alamat email dengan nama azkia (sampai sekarang email itu masih saya pakai).

Sampai pada akhirnya, saya mulai mengenal blog. Karena waktu itu saya masih buta banget sama yang namanya blog, jadi saya gak tahu harus pakai nama apa untuk alamat blog saya ini. Jadilah saya pakai nama yang sudah melekat erat di pikiran saya. Azkia. Tapi seingat saya waktu itu, alamat blog ini tidak bisa hanya dengan azkia saja. Jadilah saya tambahkan embel-embel di belakangnya dengan angka 04. Tahukah kenapa? Itu tahun saya masuk kuliah (jadi ketahuan dah tuanya, haha).

Resmilah nama blog saya itu, azkia-04.blogspot.com. Masih gratisan sampai sekarang. Selain alamat blog, judul blog ini juga saya kasih nama Negeri Azkia. Hm, saya punya imajinasi tersendiri dengan nama ini.

Seperti yang saya ceritakan di tulisan sebelumnya (bisa baca disini), isi blog ini macam-macam seperti es campur. Mulai dari ocehan gak jelas, curhatan lebay, puisi melankolis, cerita ringan, review produk, sampai kisah perjalanan saya ke beberapa tempat. Makanya, saya membayangkan blog saya ini seperti sebuah negeri yang kalau ditelusuri, akan dapat banyak cerita.

Apakah saya ingin ganti nama blog? Untuk sekarang rasanya tidak. Saya merasa saya sudah punya imajinasi sendiri dengan nama itu. Mungkin kalau di kemudian hari saya ganti tema keseluruhan dan saya mulai menulis dengan fokus tertentu, saya akan ganti dengan nama saya sendiri. Tapi untuk kali ini, saya masih memilih nama azkia untuk blog saya.


Tidak ada komentar: