04 September 2021

Blogging Untuk Pemula

Beberapa waktu lalu, seorang teman lama menghubungi saya. Dengan sangat tumbennya (karena sudah lamaaaaa sekali kami tak saling memberi kabar), dia menyapa. Biasanya kalau teman lama menghubungi itu alasannya ada dua. Pertama, dia lagi kangen. Kedua, dia butuh sesuatu, entah bantuan jasa atau materi.

Blogging untuk pemula
Blogging yuk!

Ternyata, teman saya ini tipe yang ke dua, haha. Tapi bukan mau hutang kok, saya tahu lah dia gak mungkin mau hutang uang. Dia tanya ke saya, ‘kamu masih nulis kan? Masih aktif ngeblog kan?’ dengan agak ketawa dari seberang. Saya jawab masih nulis walaupun kebanyakan nulis status, hehe.

Setelah ngobrol sana-sini, intinya saya diminta untuk masuk kelas daring di sekolahnya. Katakanlah saya ini sebagai tamu untuk program murid-muridnya. Ngakak sih saya, secara saya ini bukan guru, bukan mentor, bukan orang yang sangat lugas bicara di depan banyak orang. Tapi, baiklah dicoba saja. Demi pertemanan, haha.

Temanya adalah tentang blogging. Saya ambil bahan dan referensi ini dari beberapa blog juga. Karena memang kemarin pesertanya adalah anak-anak SD yang baru mulai dimotivasi untuk menulis dan ngeblog, jadi saya buat yang ringan-ringan saja. Dan, siapa tahu disini pun ada yang baru ingin mulai, boleh lah dibaca sampai selesai.

Blogging

Apa sih blogging itu? Sesuai dengan bahasan disini, blogging merupakan aktivitas ngeblog. Membuat dan mengisi blog dengan tulisan, gambar, video atau konten multimedia lainnya. Istilahnya kita mengelola blog yang sudah dibuat agar blog itu hidup dan bukan sekadar pajangan saja. Ibarat rumah ya, biar tampilannya kece ya harus ditata dengan barang-barang yang bukan hanya bermanfaat tapi juga estetik.

Kenapa mau blogging?

Banyak cara dan media untuk mengekspresikan perasaan seseorang. Mungkin dengan bernyanyi ketika bahagia. Mungkin dengan marah ketika sedang kesal. Mungkin dengan makan ketika sedang stress. Tapi, ada sebagian orang yang mengekspresikan perasaan, gagasan, ide, pendapat, dan suara mereka melalui tulisan.

Nah, blog ini bisa menjadi pilihan terbaik. Seiring perkembangannya, blog juga bisa menjadi media penyampaian informasi yang selalu diperbarui. Bahkan, blog juga sangat bisa menjadi media yang menghasilkan pendapatan bagi penggunanya.

Oh iya, saya pernah posting alasan saya ngeblog ini. Awalnya gak terduga sih. Boleh baca disini.

Baca juga : Selalu Ada Alasan Untuk Ngeblog

Bagaimana cara memulainya?

Buat dulu lah blognya. Untuk pemula bisa pakai blogspot atau wordpress. Selain gratis, fiturnya juga mudah digunakan. Saya pernah punya keduanya. Dari segi tampilan, memang wordpress lebih elegan ya menurut saya. Lebih simpel. Tapi entah kenapa, saya lebih cocok pakai blogspot sampai sekarang.

Tentukan tujuan. Blog kamu akan digunakan untuk apa? Misalnya sarana belajar menulis, branding jualan, atau branding diri sendiri. Kalau saya, dari dulu memang tujuannya untuk sarana menulis. Tapi seiring berjalannya waktu, ternyata blog ini juga bisa jadi sarana meraup penghasilan sampingan. Lumayan lah untuk jajan siomay, hehe.

Tentukan topik. Topik ini kelanjutan dari tujuan. Misalnya kamu ingin buat blog untuk kepentingan belajar. Isinya ya disesuaikan dengan materi pelajarannya. Atau mau buat blog dengan topik traveling, isinya bisa tentang informasi wisata atau pengalaman berwisata ke beberapa tempat. Untuk topik ini juga, tidak harus satu topik saja, bisa juga isinya bermacam-macam, seperti blog saya ini. Kalau kalian cermati, pastinya sudah bisa disimpulkan ya apa topiknya? Yup! Gado-gado, perampuran antara banyak hal. Mulai dari curhatan gak jelas, review, jalan-jalan, masak, dan tips.

Oh iya, sebaiknya buat topik blog yang sesuai dengan minat dan pengetahuan supaya tidak cepat bosan dan tidak menjadi beban saat blogging nanti.

Saatnya menulis! Buat saja satu tulisan lalu berangsur rajin memposting tulisan. Jangan dibiarkan seperti sarang laba-laba ya blognya! Tulis dulu yang paling mudah dan paling disukai. Mau tahu tulisan pertama saya seperti apa? Boleh diintip disini. Klik link!

Bagikan link. Kalau sudah posting tulisan, saatnya membagikan link blogmu pada orang-orang. Ya anggap saja intermezzo kalau tulisanmu ringan dan membuat orang lain tersenyum. Kalau tulisanmu bermanfaat, kan bisa jadi amal jariyah tuh.

Tips menulis blog
Tips Menulis Kreatif di Blog

Tips Menulis Kreatif di Blog

Sederhana

Namanya juga blog, bukan buku materi pelajaran. Jadi buat tulisan yang ringan saja dulu. Tulisan yang tidak terlalu rumit dan menguras banyak tenaga dan pikiran. Nikmati berproses dalam membuat tulisan. Kalau sudah terlatih terus-menerus, pasti bisa buat tulisan yang levelnya lebih tinggi.

Informatif

Seringan dan sesederhana tulisanmu, sebaiknya sisipkan informasi yang relevan juga. Misalnya kita buat tulisan tentang pengalaman insomnia, tidak salah kalau menyisipkan tips untuk mengatasinya. Jadi, tulisan yang diposting tidak hanya ringan, namun ada bobotnya juga.

Hindari singkatan

Menyingkat kalimat, berbeda halnya dengan menyingkat kata ya. Jangan menggunakan kata singkatan yang biasa dipakai di pesan teks. Selain membuat pembacanya sedikit terganggu, juga akan lebih susah dicari di google.

Persingkat kalimat

Usahakan membuat kalimat yang pendek dan ringkas. Maksimalkan 20 kata per kalimat dan 5 kalimat per paragraf. Tujuannya agar pembaca tidak mudah bosan karena biasanya pembaca mengakses blog dari layar ponsel atau komputer. Kalau terlalu panjang, mata bisa cepat lelah.

Komunikatif

Agar blogmu lebih enak dibaca, pakailah bahasa yang bersifat komunikatif. Tulis seperti kamu sedang berbicara pada pembaca blogmu. Oh iya, meskipun blog bersifat personal, pakai bahasa yang tidak terlalu alay ya agar google bisa memahami bahasa yang digunakan.

Baca juga : 5 Tips Agar Konsisten Ngeblog

Gimana? Sudah siap untuk blogging? Bagikan pengalamannya dong di kolom komentar!

4 komentar:

Unknown mengatakan...

Eehhh kakak lia hehehehe

Indah Primadona mengatakan...

aku dulu awal ngeblog juga cuma buat curhat doang >_<
tapi lama-lama sudah bisa tau mau nulis ke arah mana, udah bisa menentukan topik yang bakal sering di post, tapi masih jarang update hehehe

Laela Awalia mengatakan...

Sepertinya ini orang yang dikenal tapi nyamar 😜😜😜

Laela Awalia mengatakan...

Iya bener mba, makin kesini dan makin banyak blogwalking jadi makin tahu ya apa yang bisa ditulis di blog