14 April 2021

Selalu Ada Alasan Untuk Ngeblog

Apa sih alasan saya mulai ngeblog?

Diajak teman buat blog, haha! Serius, itu alasan paling kuat mulai ngeblog. Dulu, media sosial belum seramai sekarang dan saya juga gak begitu paham tentang media yang bisa saya pakai untuk mempublikasikan tulisan-tulisan saya. Ya harap maklum, saya ini produk lama yang pas kuliah baru kenal namanya internet, baru kenal mesin canggih bernama gugel, baru tahu kalau ada media sosial yang bisa menghubungkan orang satu ke orang lainnya. Hayo, masih inget jaman Friendster gak? (btw, bener gak ya tulisan friendster begini? Haha).

Alasan mulai ngeblog

Tidak ada alasan pasti nantinya blog ini akan diisi oleh apa dan apakah ada manfaatnya untuk saya waktu itu. Satu hal yang ada dalam fikiran adalah saya bisa posting tulisan-tulisan dan dengan begitu, orang lain juga bisa baca tulisan-tulisan itu. Siapa tahu aja kan ada manfaatnya, bisa menginspirasi tah, bisa saling berbagi tah, begitulah.

Jangan bayangkan saya langsung bisa segala fitur dan paham gimana memaksimalkan blog pas awal-awal mulai ngeblog. Sudah berhasil posting tulisan dan dibubuhi gambar saja sudah bersyukur. Lalu mulai utak atik untuk ganti template blog setelah cari-cari dulu diluaran. Lanjut utak atik tambahin widget, tambahin label, tambahin halaman, ya tambah-tambahin asesoris lah. Eh tapi dulu memang fitur blogger tidak semudah dan selengkap sekarang lho.

Jujur ya, dulu tuh punya blog tampak keren kali lah, haha. Padahal tulisannya masih acak-acakan, masih kayak hutan yang kalau kita masuk tuh, akan bingung dimana kumpulan pohon jati, dimana kerumunan pohon palem, dimana cari tempat buat ngadem. Asli masih gak begitu paham ngerapihinnya tuh gimana.

Bersyukurnya, lambat laun saya mulai paham. Blog itu akan lebih keren lagi kalau tertata rapi. Ya anggap lah kalau kita berkunjung ke perpustakaan yang sudah ada penanda di setiap rak bukunya. Mau baca komik, di rak sebelah kiri. Mau baca buku serius, di rak sebelah kanan. Begitulah.

Menariknya, begitu saya mulai rapih-rapih blog, saya menemukan alasan yang lebih kuat untuk mulai ngeblog dengan cantik. Saya pengen juga jadi blogger influencer macam orang-orang itu. Kalau buat tulisan bisa bermanfaat untuk orang banyak, bisa menginspirasi, dan bisa untuk dapat penghasilan juga.

Baca juga : Belajar Ngeblog Lewat Blogwalking

Saya juga baru tahu kalau ngeblog itu gak asal nulis dan langsung posting begitu saja. Banyak hal yang harus dilengkapi biar postingan blog kita tuh bisa dibaca ditemukan dan dibaca untuk pada akhirnya bisa menginspirasi orang. Misalnya saya harus buat judul yang Eye catching, kalau bisa ada unsur keywordnya, buat tulisan yang memang ada keywordnya, kasih gambar juga harus ada text alt-nya. Beuuhh, dulu-dulu mah mana saya perhatiin hal-hal semcam itu.

Pada akhirnya, memang pengalaman itulah yang bisa kita ambil sebagai pelajaran. Serius, dulu pengunjung blog saya itu Cuma satu dua orang aja. Sekarang, walaupun gak sebanyak para blogger beneran itu, saya merasa kondisi blog saya jauh lebih baik, dan makin baik setiap waktunya.

Tidak ada alasan untuk tidak ngeblog. Sepertinya cukup tepat untuk menggambarkan saya saat ini. Nah, kalau kamu, alasan apa yang buat kamu mulai ngeblog?

Tidak ada komentar: