30 April 2021

3 Ide Kegiatan Di Hari Libur

Wah, sudah akhir pekan aja ya. Apa nih rencana kamu di hari libur besok? Tiduran lebih lama pumpung gak kerja, jalan-jalan tipis cari udara segar, atau malah uprek aja di rumah dengan segala macam peringatan (hari mencuci sedunia lah, hari menyetrika nasional, hari mencabut rumput sampai keringatan lah, ada lagi? Ada lagi? Haha).

Ide Kegiatan di Hari Libur

Jujur nih ya, walaupun saya sudah gak bekerja kantoran lagi alias di rumah saja, hari Minggu itu rasanya pengen bebas juga dari segala rutinitas. Kalau hari-hari biasa itu sibuk menyiapkan sarapan dan bekal makan siang suami, harus beberesan pagi-pagi, harus selesai pekerjaan rumah karena memburu pekerjaan di depan laptop, maka hari Minggu itu inginnya santai dan gak diburu apapun.

Tapi, yang namanya perempuan itu memang sedikit aneh ya. Sepertinya gak bisa banget duduk diam tanpa memikirkan pekerjaan apapun. Baru duduk, lihat jemuran sudah kering dan teronggok di tempat tidur, ya tangan ini sudah gatel pengen beresin. Baru selesai itu, lihat sawang di atas plafon sudah mirip kayak habis pesta ulangtahun karena menjuntai-juntai, ya tetap saja mata mencari sapu untuk bersihin tuh sawang. Heran ya. Tapi mungkin itulah hebatnya perempuan.  

Dulu waktu jaman masih gadis dan tinggal di kos-kosan, hari libur saya ada Sabtu dan Minggu. Di hari Sabtu, saya biasa mengisinya dengan kegiatan yang membuat saya merasa bahagia. Misalnya, pergi ke toko buku, ke perpustakaan, atau sekadar jalan-jalan cari udara segar. Sedangkan hari Minggunya, saya isi dengan pekerjaan mingguan seperti mencuci, menyetrika, dan beberes kos-kosan.

Nah, pas sudah punya suami dan tinggal di rumah sendiri, kegiatan di hari libur sedikit berbeda. Apa saja?

Jalan Pagi

Ini beneran satu kegiatan yang baru saya lakukan ketika sudah menikah. Dari dulu mah, saya gak pernah jalan kaki di pagi hari muterin jalan di sekitar rumah. Ya gak enak aja kan jalan sendirian. Kalau sudah punya gandengan kan ada yang bisa diajak ngobrol selama jalan kaki, hehe.

Jalan pagi ini juga membuat saya merasa bahagia karena serasa pacaran berdua. Karena memang suami hanya libur di hari Minggu saja, maka hari itulah yang saya harapkan untuk bisa berdua dengannya. Kami biasa jalan pagi kalau cuaca cerah dan gak hujan. Rutenya juga gak jauh kok. Paling muterin komplek dan sekitarnya aja.

Selain bisa quality time bareng dia, saya juga dapet sehatnya. Lumayan lah olahraga sedikit, jalan kaki dapet 5 kilometer untuk orang awan seperti saya ini. Plis jangan bandingkan dengan orang yang terbiasa olahraga lari pagi atau jalan kaki yang bisa sampai 10 kiloan.

Mengunjungi Orangtua

Pumpung masih punya orangtua, saya dan suami berusaha untuk rutin mengunjungi mereka kalau ada hari libur. Kalaupun gak bisa seminggu sekali, ya bisa 2 minggu sekali. Gantian aja minggu ini ke rumah orangtua saya, minggu depan ke rumah orangtua suami. Minggu depannya menetap di rumah sendiri dulu untuk merasakan hari libur di rumah saja, hehe.

Kegiatan mengunjungi orangtua ini memang sudah jadi agenda yang saya dan suami bicarakan di awal-awal menikah. Walaupun sudah tinggal terpisah, tapi gak boleh terasa asing dan jarang berkunjung. Saya juga yakin, orangtua itu akan selalu menanti anak-anaknya yang tinggal terpisah untuk mengunjunginya.

Makanya saya agak heran ketika pernah mendapati seorang teman saya yang punya jawaban menohok bagi saya. Waktu itu, saya tanya apakah ia gak rutin untuk ke rumah orangtuanya. Jawabannya membuat saya melongo, “Ngapain? Disana juga gak ada urusan apa-apa.” Begitu katanya.

Tapi ya mungkin setiap orang berbeda pandangan ya dalam hal ini. Dan saya juga gak berhak menghakimi apapun tentang dia.

Gak Ngapa-ngapain

Iya, benar. Gak ngapa-ngapain di hari libur itu kadang saya lakukan juga. Benar-benar hanya tiduran, santai, nonton film, atau hanya asik dengan ponsel masing-masing. Pernah gitu juga kan kamu? Ngaku deh, kamu dan pasangan dekat secara fisik tapi masing-masing gak saling bicara dan malah sibuk dengan layar ponselnya sendiri, haha.

Wajar dan itu bagi saya gak apa-apa asal gak keseringan. Kadang memang kita hanya butuh berdekatan saja tanpa bicara apapun. Ya kan?

Baca juga : 3 Ide Kegiatan Ramadhan

Hm, hari Minggu besok sepertinya saya punya agenda yang ke dua itu. Kalau kamu?

Tidak ada komentar: