29 April 2021

3 Sumber Inspirasi Resep Makanan

Semenjak menikah dan resmi menjadi seorang istri, mau tak mau saya harus ke dapur dan berkutat dengan kegiatan masak-memasak. Padahal jaman gadis dulu, kalau ditanya pisau dapur dimana saja, saya hampir selalu menjawabnya dengan gelengan kepala alias gak tau saking jarang banget ke dapur, hehe.

Sumber Resep Masakan

Alhamdulillah ya saya hidup di jaman yang serba gampang. Ada mesin pencari yang serba tau kalau saya tanya walaupun kadang jawabannya gak nyambung. Kalau dulu para orang tua sering bilang harus belajar masak biar pas punya suami gak malu, sepertinya hal itu gak perlu dikhawatirkan lagi. Pasalnya, sekarang sudah banyak tutorial masak yang mudah diikuti, bahkan oleh orang awam sekalipun.

Termasuk saya ini. Kalau gak ada resep yang bertebaran di dunia maya itu, mungkin saya bakal kelabakan disuruh masak makanan sehari-hari, haha. Lalu, chanel atau akun mana saja sih yang sering saya buka kalau sedang mencari resep masakan? Yuk lanjut baca sampai habis, siapa tahu kamu juga butuh.

Aplikasi Cookpad

Di tulisan-tulisan sebelumnya, saya sudah sering menyinggung Cookpad sebagai aplikasi masakan paling mudah dan populer. Iya, memang benar kok. Di Cookpad ini, saya mau cari resep apapun, sepertinya akan muncul dengan cepat. Gak hanya satu resep saja, tapi ada banyak versi resep untuk satu jenis masakan. Jadi, saya bisa membandingkan dan pilih-pilih mana yang dirasa cocok.

Cookpad

Kadang kan saya tidak punya stok bahan tertentu, saya bisa cari deh alternatif bahan lain yang sekiranya bisa menggantikan bahan itu atau bahkan kalau gak dikasih bahan itu juga gak bakal mengurangi rasa. Tapi, memang sih masak itu gak harus saklek seperti di resep. Sering kok saya rubah sedikit atau saya kurang dan tambahi menurut perasaan aja.

Beberapa masakan yang sering saya recook dari Cookpad ini antara lain, Udang Saus Padang, Ayam Bumbu Sate, Tongseng, dan beberapa camilan seperti Bolu Pisang dan Bolen.

Kalau kamu, sering buka aplikasi Cookpad juga gak nih?

Youtube Abu Tosca

Kenal dengan chanel ini sudah setahun belakangan gegara ada postingan tentang mi instan yang dimasak pakai susu cair dan kornet. Penasaran sih, jadi saya buka dan pada pandangan pertama, saya sudah jatuh hati, hehe.

Youtube Abu Tosca

Berbeda dengan chanel masakan lainnya, Abu Tosca membagikan resep memasaknya dengan cara yang mengasyikkan. Kalau chanel lain, yang masak ikut dishoot dan terus bicara selama memasak, Abu Tosca malah sebaliknya. Sampai terakhir kali saya tonton, saya belum pernah melihat wajah si pemasak atau mendengar suaranya.

Jadi, yang ditampilkan hanya masakan dengan tambahan musik lembut dan suara alami dari peralatan masak dan proses memasaknya. Asli keren banget lah. Meskipun gak ada narasi langsung, tapi deskripsi dan langkah-langkahnya cukup detail dan mudah diikuti. Satu hal lagi yang tidak ketinggalan adalah, hasil masakannya yang selalu buat saya ngiler, pengen nyicip, haha.

Dari chanel youtube Abu Tosca ini, saya sudah berhasil recook beberapa resepnya, antara lain Tempe Sambal Hijau Kemangi (tapi saya gak ada daun kemanginya), Tahu Bulat, dan Tempe Krispi.

Daripada penasaran, coba aja deh langsung berkunjung ke chanel youtubenya dan praktekin beberapa masakanya. Gampil banget!

Instagram Yackikuka

Aplikasi dan youtube sudah, giliran instagram nih. Dari banyak akun masak yang saya ikuti, saya sering pantengin nih akun punya Yackikuka. Setiap dia posting, saya selalu pengen recook. Soalnya, bahan-bahan yang dia pakai itu hampir selalu mudah dicari dI warung atau swalayan terdekat. Selain itu, cara masaknya juga kelihatan gak ribet.

Yackikuka

Sebenarnya, Yackikuka ini juga punya chanel youtube sih, tapi saya agak jarang buka youtubenya. Kayaknya lebih enak lihat dari instagramnya aja.

Baca juga : 5 Situs Yang Menginspirasi Saya

Itu dia beberapa sumber rahasia saya bisa masak di rumah, hehe. Kamu punya sumber lain gak ya? Siapa tahu bisa jadi referensi tambahan untuk saya. Sebutin di kolom komentar ya!

Tidak ada komentar: