25 April 2021

7 Hal Paling Membuat Bahagia

Apa sih bahagia itu? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), bahagia itu diartikan sebagai kadaan atau perasaan senang dan tenteram (bebas dari segala yang menyusahkan).

Sepertinya kita semua sepakat ya, tolak ukur kebahagiaan seseorang itu pasti berbeda-beda. Gak bisa disamain. Ada yang bahagia hanya dengan hal-hal yang receh, ada juga yang baru bahagia dengan hal yang luar biasa.

Hal Bahagia

Kalau menurut saya, bahagia itu memang gak harus mewah dan mahal meskipun kalau ada yang beliin barang mewah juga akan bahagia, hehe. Dan ketika Blogger Perempuan buat tantangan harus menulis 7 hal yang membuat saya bahagia, hm, rasanya saya punya deh.

Menghirup udara pagi dengan secangkir teh

Iya, sederhana ya memang kelihatannya. Tapi bagi saya kegiatan ini tidak sesederhana itu. Ada rasa syukur ketika saya bisa kembali menyapa pagi. Apalagi bisa duduk di teras rumah sambil menghirup teh hangat, hm, rasanya tuh bahagia meruah.

Terlebih lagi, saya hanya bisa menikmati momen seperti ini di kala waktu senggang. Hari Minggu atau hari libur misalnya. Sebab, hari-hari biasa, waktu pagi itu waktu yang hectic banget. Beberes dan masak untuk sarapan dan bawa bekal suami. Jadi, kalau hari libur tiba, saya sempatkan waktu untuk menikmati secangkir teh di teras pada pagi hari. Kamu begitu juga gak?

Lihat orangtua bahagia

Siapa yang tidak bahagia kalau orangtua bahagia? Saya yakin sih hampir semua anak akan bahagia melihat orangtuanya bahagia, ya seperti mereka juga bahagia ketika anaknya bahagia. Apalagi, orangtua saya masih lengkap, rasanya saya ingin melakukan apapun untuk melihat mereka tersenyum.

Membahagiakan orangtua
Lihat mereka senyum aja, bahagia banget!

Saya paling tidak bisa memaafkan ketika ada orang yang menyakiti mereka. Siapapun itu, akan tercatat di hati saya sebagai seseorang yang mencoreng nama mereka sendiri. Sebegitunya ya? Iya.

Apalagi kalau orangtua saya sampai menangis karena perkataan atau perbuatan orang lain, saya bisa menganggap orang itu tidak pernah ada di hadapan saya.

Uang belanja cukup

Sebagai seorang istri, uang belanja itu penting kan demi keutuhan rumah tangga, hehe. Gak berlebih juga gak apa-apa, asal kalau mau beli sesuatu ya cukup. Mau beli sayur, cukup. Mau beli lauk, cukup. Mau beli perabot dapur, cukup. Mau beli mobil, cukup juga, haha.

Serius, siapa perempuan disini yang gak bahagia kalau uang belanja bulanannya cukup? Yakin deh, gak ada yang ngalahin bahagianya macam ini dengan yang lain.

Lihat rumah rapi

Kadar kerapihan rumah atau tempat tinggal memang relatif ya. Artinya ya bisa saja ada yang sudah menganggap rumahnya rapi, tapi menurut orang lain masih berantakan. Ya sah-sah aja. Tapi, bagi saya, rapi itu standar aja sih. Barang-barang terletak pada tempatnya. Ada sampah pun ya di tempat sampah. Ada buku-buku, ya di rak buku atau di tempat-tempat yang biasanya orang bisa membaca buku.

Ada yang bilang, kalau sudah punya anak itu jarang banget bisa merapikan rumah. Ya mungkin memang begitu. Tapi, karena saya belum punya anak, ya saya gak suka lihat rumah berantakan. Rasanya risih aja dan jadi gak bahagia mood-nya, hehe.

Baca juga : Bahagia yang Sederhana

Bisa nonton drakor tanpa diganggu

Siapa yang suka nonton drakor juga? Tos dulu kita! Ini kebahagiaan tersendiri ya kalau lagi asyik nonton tidak ada gangguan apapun, hehe. Ya kali, lagi serius ngikutin alurnya, tetiba ada yang teriak minta tolong ini dan itu. Tetiba mendung sementara jemuran belum diangkat, wkwk.

Makanya, saya biasa nonton drakor tuh siang hari pas suami lagi kerja. Soalnya, kalau suami sudah pulang ya, mending ngobrol bareng doi dong ya. Lagipula, kalau nonton drakor ada suami, dia juga suka ngajak ngobrol dan malah gak jadi nonton deh. Maklum sih, dia gak suka drakor kecuali ceritanya tentang sejarah, macam Historian Goo Hae Ryung itu, hehe.

Diajak jalan-jalan suami

Ada yang sama tentang ini? Bahagia banget lah kalau suami ngajak jalan walaupun hanya jalan kaki pagi hari muterin komplek, hehe. Serius ini ya, saya merasa dimanja. Gak harus ngajak jalan jauh dan pakai ongkos mahal lho ya, istri sudah kegirangan kalau suami ngajak jalan, apalagi ala-ala surprise gitu.

Jalan Pagi

Dibawain makanan tanpa ditanya

Nah, satu lagi hal yang paling membuat saya bahagia adalah dibawain makanan tanpa ditanya. Biasanya pas pulang kerja nih, ngeliat suami bawa kresek anget tuh berasa dibawain sesuatu yang istimewa. Iya gak buk ibuk?

Apalagi kalau sebelumnya kita gak minta atau dia gak tanya mau dibawain apa. Biasanya kan kalau kita ditanya, malah bingung ya mau apa. Atau malah jawabnya terserah aja. Ya, perempuan kan unik ya, menuntut suami untuk peka dan mengerti akan kode-kode rahasia yang mungkin bagai kode hantu saking tak terlihatnya, haha.

Sebenarnya, masih banyak sih hal-hal yang membuat saya bahagia. Tapi, cukup itu aja deh. Satu hal yang ingin saya sampaikan adalah, bahagia itu ketika kita menerima apapun yang ada di tangan kita. Mensyukuri apapun yang diberi oleh-Nya. Kalau bersyukur, pasti kadar kebahagiaan kita akan bertambah kan?

Baca juga : Plis, Jangan Rusak Kebahagiaan Orang Lain

Nah, apakah kita sudah bahagia hari ini?

Tidak ada komentar: