23 April 2021

Mentok Saat Blogging? Coba Tips Ini!

Kegiatan blogging sekarang sudah menjadi trend tersendiri di kalangan para penulis ya. Rasanya lebih mantap kalau tulisan yang sudah dibuat bisa dibaca banyak orang dengan cara diposting di blog pribadi. Malah, tidak sedikit para penulis yang bisa meraup rupiah dengan menulis artikel bersponsor.

Tapi, pernah gak sih saat menulis itu tiba-tiba kehilangan inspirasi? Mentok gak bisa nulis apapun? Pernah ya. Sama kok, kamu gak sendirian. Saya juga pernah mengalami kebuntuan dalam menulis artikel atau menulis karya fiksi lainnya.

Jenuh saat ngeblog
Jenuh? Mentok?

Kalau sudah begitu, biasanya saya gak akan teruskan di depan laptop. Ya ngapain juga berdiam diri, bengong di depan laptop tanpa ada tulisan yang kelar? Semakin berfikir, malah serignnya makin pusing dan makin gak kelar-kelar tulisannya. Jadi, harus gimana dong? Yuk, sini simak beberapa tips dari saya. Ini lebih ke pengalaman pribadi dan terbukti tokcer, hehe.

Pertama, bangun dari dari duduk di depan laptop atau komputer. Sudahlah, tinggalkan dulu aja itu tulisan yang berhenti mendadak karena kehabisan inspirasi. Gak apa-apa. Ibarat orang lagi masak, kalau matangnya butuh waktu lama, kita gak akan nunggu di depan kompor terus menerus kan? Begitu juga dalam hal menulis ini. Kalau tiba-tiba mentok, ya tinggalin aja dulu.

Kalau memang tetap mau di depan laptop atau komputer, bisa buka lembar kerja baru dan tulis hal lain yang tidak berhubungan dengan tulisan yang sedang dibuat. Misalnya kalau sedang menulis cerpen atau puisi dan tiba-tiba kehilangan alur, saya biasanya nulis hal lain dulu. Bisa tentang curhatan atau ya tentang saya yang kehabisan ide ini.

Kalau sudah terasa penat dan jenuh di depan laptop atau komputer, ya menjauh dulu aja. Saya biasanya begitu juga. Saya tutup laptop, lalu pergi ke luar rumah. Cari udara segar atau cari sinar matahari. Serius ini mah, ampuh beneran. Nah, sambil cari udara segar ini, saya sambil potong-potong rumput. Ya, biasalah, orang perempuan mah kayaknya gak bisa diem kan ya? Hehe.

Di sela-sela waktu motong rumput itu biasanya saya mulai menemukan kembali inspirasi yang tadi sempat terhenti. Mungkin karena waktu potong rumput itu kan sendirian ya, jadi otak juga ikut berfikir tanpa disadari. Berada di luar rumah juga bisa membuat saya rileks, jadi emosinya juga bisa lebih stabil untuk saya yang moody-an banget ini.

Kalau tiba-tiba dapat inspirasi di tengah acara pemotongan rumput itu, tinggal pilih aja, mau menyelesaikan pekerjaan ala tukang kebun atau kembali merampungkan kegiatan tulis-menulisnya. Biasanya kan ide atau inspirasi itu sekelebat ya dan suka langsung hilang kalau gak dicatat, jadi saya suka buru-buru dan langsung ambil kertas untuk mencatatnya.

Cara kedua adalah dengan membaca. Apapun lah, mau baca berita kek, baca artikel ringan kek, atau baca novel, bebas. Atau scroll-scroll medsos juga bisa (asal jangan keterusan aja sih, hehe). Ini biasanya saya lakukan kalau saya terpentok ide mau nulis apa lagi. Dengan membaca, saya bisa tahu apa yang sedang trending saat ini. Apa yang sedang banyak dibicarakan orang saat ini. Jadi, tulisan kita juga gak ketinggalan. Setidaknya turut meramaikan dan siapa tahu ter-klik kalau ada orang yang cari bahan tentang tulisan itu.

Ini juga yang biasanya saya lakukan kalau sedang mentok mau promosi apa lagi. Lagi belajar usaha kecil-kecilan kan, jadi harus mencari apa-apa aja yang sedang diinginkan oleh pasar. Misalnya, ketika akan membuat model undangan pernikahan, saya cari-cari dulu tuh model undangan seperti apa yang sekarang sedang naik daun. Minimalis kah? Vintage kah? Rustic kah? Atau yang lainnya.

Baca juga : Punya Usaha Bisa Jadi Target 2021

Cara terakhir. Nah, kalau cara-cara diatas sudah gak mempan lagi, ya saya pilih tidur aja dulu. Mungkin memang pikiran sudah lelah sehingga inspirasi yang mungkin saja ada di hadapan mata tidak bisa ditangkap dan terlewat begitu saja. Tidur sebentar pun bukan pilihan yang buruk kok menurut saya. Bisa jadi memang saya sedang butuh tidur saat itu, butuh istirahat sejenak biar nanti ketika bangun, pikiran segar kembali.

Bagaimana? Mau dicoba beberapa tips dari saya itu? Atau kamu juga mau berbagi tips nih, apa saja yang kamu lakukan untuk mengatasi kejenuhan? Komen di bawah ya!

2 komentar:

Alvi Suryani mengatakan...

Iya emang bener pilihan terakhir ialah tidur, bangun2 auto fresh lagi biasanya nih

Laela Awalia mengatakan...

@Alvi Suryani
Iya, tidur memang senjata paling ampuh ya, hehe