26 April 2021

Rencana Saya 5 Tahun Ke Depan

Apa ya? Saya gak punya rencana apa-apa nih, haha. Ada orang bijak mengatakan, rencanakan pekerjaanmu, dan kerjakan rencanamu. Mudah ya tampaknya. Tapi bagi saya pribadi, tak semudah itu.

Kadang, saya malas membuat rencana karena seringnya kenyataan tidak sesuai dengan apa yang saya rencanakan. Disitu saya merasa sedih. Tapi akan menjadi sedih dan sulit lagi kalau segala yang dilakukan tidak dimulai dengan rencana.

Percetakan di Lampung
Percetakan di Lampung

Bayangkan, kalau mau jalan-jalan ke suatu tempat untuk berlibur yang hanya punya jatah 3 hari saja. Kalau tanpa rencana, bisa gak maksimal kan liburannya. Apalagi dalam hidup ini yang kita gak tau pasti punya jatah berapa lama.

Di postingan sebelumnya, saya sudah tuliskan apa yang saya ingin capai di tahun 2021 ini. Salah satunya adalah menekuni usaha yang saat ini sudah saya jalankan meskipun masih skala kecil-kecilan dan baru permulaan. Membuka usaha percetakan di Lampung.

Nah, rencana lima tahun ke depan, saya ingin usaha saya ini menjadi usaha beneran yang skalanya jauh lebih besar lagi. Di permulaan usaha cetak mencetak ini, saya masih mengandalkan mesin cetak di percetakan besar milik orang lain. Kalau pelanggan masih sedikit memang gak masalah sih ya. Saya juga masih menangani sendiri segala desain, setting, promosi, dan distribusi. Transportasi aja yang dibantu suami, hehe.

Saya berfikir, kalau mau maju ya harus ambil resiko yang lebih besar lagi. Setidaknya saya punya mesin cetak sendiri biar bisa menjangkau lebih banyak. Kalau sudah punya mesin sendiri kan rasanya harus lebih giat lagi cari pelanggan. Dengan begitu, mudah-mudahan rezekinya juga makin mengalir deras.

Langkah kecil yang bisa saya lakukan perlahan adalah mengumpulkan modal. Setiap kali ada pesanan, saya selalu sisihkan hasilnya untuk ditabung. Dikumpulkan dan diniatkan untuk membeli mesin cetak. Kalau belum bisa beli mesin cetak yang besar, ya beli printer dulu lah, hehe. Setidaknya, saya merasa sudah lebih dekat dengan rencana besar saya itu.

Alhamdulillah, suami juga ikut mendukung rencana saya. Belakangan ini, malah dia yang semangat cari tahu segala mesin cetak, mulai dari merk, fungsi, sampai harganya. Saya senyum-senyum aja, mungkin dia semangat karena belakangan ini banyak yang pesan cetak, haha. Alhamdulillah ya…

Baca juga : Punya Usaha Bisa Jadi Target 2021

Gitu aja kali ya rencana saya untuk lima tahun ke depan. Gak banyak, tapi mudah-mudahan bisa dijalankan sesuai rencana walaupun saya tidak tahu bagaimana Allah akan mengatur rencana untuk hidup saya. Manusia kan hanya bisa merencanakan yang terbaik untuk hidupnya, sementara yang punya wewenang penuh adalah Allah yang Maha Pengatur urusan makhluk-Nya.

Kalau kalian gimana nih? Punya rencana untuk lima tahun ke depan juga kah?

Tidak ada komentar: