24 April 2021

Playlist For Your Moodbooster

Selain hobi membaca segala jenis buku, saya juga hobi dengerin musik. Apa ya, bagi saya musik itu bisa jadi teman, bisa jadi pelampiasan, bisa jadi inspirasi, dan bisa jadi moodbooster juga. Sering banget ketika saya sedang mengerjakan tugas, saya putar musik kesukaan saya. Jenis musiknya tergantung suasana.

Playlist JKT48
Playlist Untuk Moodbooster

Kalau lagi buat desain atau pekerjaan yang butuh kreatifitas, biasanya saya putar musik segala rupa. Ada yang nadanya tinggi, ada yang slow, ada yang melankolis, apapun lah. Sebagian besar sih genre yang pop dan kadang jazz juga. Misalnya lagu-lagunya Tulus, Mocca, Maudi Ayunda, JKT48, atau lagu barat.

Tapi kalau lagi nulis fiksi, buat artikel untuk diposting atau segala sesuatu yang berhubungan dengan kata-kata, saya putar musik instrumen. Soalnya kalau putar musik yang ada lagu dan liriknya, suka kacau gak sih otak ini? Lagi mikir menyusun kata, tapi denger ada yang nyanyi. Paling enak sih musik instrumen punya Yiruma atau Kenny G.

Beda lagi kalau saya lagi gak mood mau ngapa-ngapain, saya biasanya putar musik yang jedum-jedum, haha. Nadanya ceria, lirik lagunya juga bikin semangat. Nah, kalau ini bisa dipastikan saya punya playlistnya. Siapa lagi kalau bukan JKT48, hm! Nih deretan lagunya yang bisa buat mood saya seketika membaik. Sebenarnya hampir semua lagu JKT48 bikin saya semangat, tapi saya akan pilihkan beberapa saja ya.

Playlist JKT48 Untuk Memperbaiki Mood

1. After Rain

Saya suka banget sama lagu After Rain ini. Musiknya yang semangat bikin pagi saya juga semangat. Kalau dengar ini, rasanya saya juga pengen nge-dance bareng mereka, hehe. Soal lirik, jangan ditanya gimana bisa membangkitkan semangat. Coba deh cek ini.

Setelah diterpa oleh hujan
Siapapun pasti bisa jadi semakin kuat
Saat diriku sedang hancur
Aku kan menunggu angin yang berubah hingga s'dikit lagi

Setelah diri ini menangis
Dibanding tadi ku bisa tersenyum lagi
Disini ku tak kan menyerah
Lakukan yang bisa ku lakukan sekarang

Jikalau arah angin berubah
Hujan berhenti langit yang cerah
Hari esok tiba

Dari beberapa bait lirik itu, saya menyimpulkan sendiri bahwa setiap orang memang pernah terjatuh dan menangis, malah mungkin sering. Tapi, setelah masa itu, pasti akan muncul diri yang baru, yang bisa tersenyum kembali, yang lebih kuat menghadapi rintangan apapun dalam hidup. Dahsyat pokoknya, hehe.

2. River

Lagu ini sudah lama banget rilisnya, dari generasi 1 grup JKT48 yang masih lengkap kayaknya. Kalau dengar lagu ini, saya juga makin semangat karena terbawa musik dan liriknya. Kalau kata teman saya, musiknya jedam-jedum rame. Dan kalau lihat MV-nya, saya juga pengen lompat-lompat, haha.

Di dalam hatimu juga
Ada sungai mengalir
Cobaan, sungai berat yang pedih
Walau tak berjalan baik
Walau terkadang tenggelam

Tak apa mengulang lagi
Dan janganlah menyerah
Di sana pasti ada tepian
Suatu saat kau pasti akan sampai

Saya paling suka potongan lirik itu. Bagi saya sendiri, lirik itu punya kekuatan sendiri. Hampir sama dengan pesan yang tersirat di lagu After Rain. Benar memang, setiap orang itu punya sungai (rintangan dan cobaan) masing-masing. Dan itulah kenapa setiap orang harus berjuang dan pantang menyerah. 

3. Bersama Kamu, Pelangi, dan Mentari

Kalau saya perhatikan, lirik-lirik lagu Jepang itu sering ada makna tersirat, pakai perumpamaan-perumpamaan. Termasuk di banyak liriknya AKB48. Karena lagu-lagunya JKT48 itu terjemahan dari AKB48, ya tentunya punya lirik yang bermakna juga. Salah satunya di lagu ini.

Ku ingin melindungimu dalam dekapan tanganku
'Kan menjadi matahari dan menunggu pelangi senyumanmu
Ku ingin melindungimu, memeluk erat dirimu
Air mata yang menetes 'kan bersinar dengan kilauan cahaya tujuh warna

Saat kesulitan bagaikan derasnya hujan
Ku 'kan datang dengan payung untuk berteduh

Kebaikan bagaikan angin yang berhembus
Dan mengeringkan permukaan tanah
Dan di tiang basah setelah hujan

Walaupun nadanya tetap nge-beat khas JKT48, tapi liriknya melankolis lho. Coba deh baca lagi ini, kayaknya nyes gitu ya. Ada orang yang menyampaikan kebaikan untuk orang lainnya yang sedang bersedih.

4. Pertanda

Lagu ini ada di setlist Ramune No Nomikata dari tim K3 JKT48, tapi sayangnya setlist ini hanya bertahan kurang dari 1 tahun di teater JKT48 karena pandemi. Lagi-lagi saya menyukai dan membuat mood saya membaik karena nadanya yang ceria dan rasanya mengajak saya untuk ikut menari juga, hehe.

Liriknya juga keren, nih saya kasih beberapa bait.

Lihat, matahari yang tak berubah jika kita mengulurkan tangan
Kehangatannya pun bisa tertangkap

Semuanya, jangan takut pada rasa sakit tak terlihat
Air mata bagaimana pun pasti kering
Cobalah percaya pada peta dari hatimu
Memberi kita kekuatan

Demi dirimu, demi diriku
Demi dirinya, juga demi dia
Angin yang lembut akan berhembus
Hari yang bersinar 'kan tiba
Hidup di sini, saling bersyukur
Saling bertemu, saling mencintai
Bila merasakan pertanda
Kita semua, ada di mana pun
Tak akan sendirian

Dari lirik itu, saya seolah bisa ikut merasakan hangatnya matahari pagi dan otomatis bibir ini ikut tersenyum. Apalagi ada lirik yang mengatakan air mata bagaimanapun akan kering. Benar kan? Kesedihan itu tidak akan selamanya, pasti akan ada hari baru.

Baca juga : Makna di Balik Cara Meminum Ramune

5. Pesawat Kertas 365 Hari

Lagu selanjutnya sebagai moodbooster saya adalah Pesawat Kertas 365 Hari. Agak berbeda dengan gaya musik JKT48 yang sebelumnya saya sebutkan, lagu ini termasuk yang tidak terlalu nge-beat. Iramanya lebih santai tetapi tetap bernada ceria.

Tetapi, pesan yang ingin disampaikan tetap bisa memberi motivasi untuk yang mendengarnya. Coba deh baca beberapa bait liriknya ini.

Hidup bagaikan pesawat kertas
Terbang dan pergi membawa impian
Sekuat tenaga dengan hembusan angin
Terus melaju terbang
Jangan bandingkan jarak terbangnya
Tapi bagaimana dan apa yang dilalui
Karena itulah satu hal yg penting
S'lalu sesuai kata hati
Sanbyaku rokujugo nichi


Saya paling suka dengan bagian ini karena ya terkadang hidup itu memang jadi perhatian orang. Seringnya orang lain hanya melihat hasil daripada prosesnya. Terlebih lagi, ada saja orang yang membandingkan apapun yang diperoleh orang satu dengan orang lainnya.

Sebenarnya masih banyak lagu-lagu JKT48 dalam playlist saya yang bisa membuat mood saya membaik. Misalnya, Ramune No Nomikata, Betapa Indahnya Bumi Tempat Kita Lahir, Demi Seseorang, dan banyak lagi. Tapi, kalau mau disebutkan satu per satu, bisa sepanjang apa tulisan ini jadinya, hehe.

Tidak ada komentar: