02 Desember 2020

Makna Dibalik Cara Meminum Ramune

Sebenarnya lagu-lagu JKT48 itu banyak yang punya makna dalam. Kata-kata dalam liriknya juga bagus-bagus. Mungkin karena sering menggunakan kata kiasan, banyak orang yang tidak langsung mengerti dan akhirnya jadi bingung. Apalagi ditambah aliran musik dari Jepang yang notabene agak berbeda dengan tipe-tipe musiknya orang Indonesia.

cara meminum ramune
Cara Meminum Ramune

Buktinya, kalau dicover dan diaransemen ulang dengan perubahan musik sedikit yang lebih ‘Indonesia’, tak sedikit yang menyukainya. Salah satu contohnya adalah Bingo yang diaransemen ulang oleh personel JKT48 sendiri namun dengan aliran musik akustik. Lagu yang sebelumnya bisa buat orang ikut lompat-lompat dan menari, jadi lebih santai dan lembut.

Di postingan sebelumnya, saya sempat membahas sedikit kenapa saya suka dengan JKT48. Bisa lihat postingan saya sebelumnya di link ini. Selain menyukai energi positif yang mengalir ke saya saat mendengar lagunya, saya juga suka dengan lirik-liriknya.

Kalau ada yang bilang kalau lagu-lagunya JKT48 itu kekanakan dan banyak cinta remajanya, hm sepertinya gak terlalu tepat ya. Memang setiap kali JKT48 manggung di tempat umum (baik manggung beneran atau di media elektronik), mereka sering membawakan lagu yang itu-itu saja. Tapi kalau sudah lihat teaternya, pendapat itu bisa terhapus begitu saja. Eh sekarang juga sudah banyak kok setlist di teater yang dirilis di beberapa platform musik.

Tidak hanya cerita cinta remaja saja yang disuguhkan, JKT48 juga punya lagu-lagu bertema dewasa yang di beberapa lagunya bahkan hanya member berusia 17 tahun keatas yang boleh menyanyikannya. Misalnya di lagu Innocent (terlepas dari liriknya, jujur saya suka nadanya sih, malah mengingatkan saya akan film Detective Conan, hehe), Berikan Coklat Dengan Bibir, Pada Malam Yang Berbadai, dan masih ada beberapa lagu lagi.

Banyak juga lagu JKT48 yang bercerita tentang kehidupan, kebersamaan, dan kedewasaan. Misalnya di lagu Demi Seseorang yang bercerita tentang bagaimana Tuhan menyayangi manusia untuk kemudian manusia itu harus bersikap terhadap kehidupan yang sudah diberi. Makna serupa juga bisa terlihat di lagu Indahnya Dunia Tempat Kita Terlahir, Pesawat Kertas 365 Hari, Keteguhan Hati Dendelion, dan mungkin beberapa lagu yang belum saya tahu semuanya.

Baca juga : 5 Lagu JKT48 Ini Membuat Nostalgia di SMA

Salah satu lagu yang akan sedikit saya bahas kali ini adalah Cara Meminum Ramune. Ini adalah salah satu lagu dari setlist yang baru dirilis dengan judul yang sama pada tanggal 15 November 2020 lalu di teater JKT48. Dengan irama yang santai dan tidak ada lompat-lompatan, lagu ini langsung menancap di hati saya sejak pertama kali mendengarnya.

Cara meminum ramune jkt48
Cara Meminum Ramune JKT48

Menurut saya, liriknya juga punya makna yang dalam.

Cara Meminum Ramune

Kudengar dari seseorang

Kamu hari ini libur lagi

Aku jadi sangat khawatir

Apa boleh buat jika karena flu

Tapi sepertinya ada hal lain

 

Minggu lalu saat bertemu

Kamu tidak seperti yang biasanya

Caramu bercanda tertawa

Kelihatan memaksakan diri

 

Ramune tak bisa diminum sekaligus

Perlahan ya minumlah dengan lebih perlahan

Sambil mendongak ke atas langit biru

Kelereng dalam botol pun jatuh

Istirahatlah

 

Jika gelembung di hatimu terasa sesak

Tariklah satu nafas dalam

 

Balasan darimu hanya sebaris

Di layar chatting kau tulis

“Gak apa-apa.” pesan darimu

 

Tapi waktu orang bilang “gak papa.”

Sebenarnya tidak seperti itu

 

Jangan nilai diri sok kuat

Itu sebabnya aku disini sekarang

Kita berdua tak jatuh cinta kan?

Ayo hadapi sisi burukmu

 

Orang dewasa sudah tidak meminum ramune

Pastilah bukan karena tidak suka

Pastilah hari-hari yang sibuk begitu lelah

Kelereng di botol pasti jadi terasa repot

Cara untuk hidup dengan nyaman adalah

Tidak memaksakan dirimu

 

Ramune tak bisa diminum sekaligus

Setengah

Ya tidak apa sisakanlah setengah

Meski soda hilang dan jadi hangat

 

Waktu kelereng di dada membuat nafas tercekat

Sekarang tidak perlu fikirkan apapun

Beristirahatlah sejenak

Ramune sendiri adalah minuman soda dengan desain botol yang unik. Tidak seperti minuman soda pada umumnya yang dikemas di kaleng atau botol plastik dan kaca biasa, ramune dikemas dengan botol kaca dengan tambahan kelereng di dalam leher botolnya. Terbayang gak ya? Hehe.

Jadi, untuk meminumnya, kita harus mengeluarkan sedikit tenaga ekstra dengan mendorong kelereng masuk dalam botol supaya leher botol dapat dilewati isi minumannya. Tidak sulit tapi tidak juga terlalu mudah. Makanya ada lirik yang menyinggungnya, hari-hari yang sibuk begitu lelah, kelereng di botol pasti jadi terasa repot. Dan kalau cara meminumnya langsung dari botol sampai mendongak ke atas, kelereng yang tadi terlepas bisa jadi kembali ke leher botol hingga tertutup kembali.

Ramune tak bisa diminum sekaligus

Perlahan ya minumlah dengan lebih perlahan

Sambil mendongak ke atas langit biru

Kelereng dalam botol pun jatuh

Istirahatlah

Jika gelembung di hatimu terasa sesak

Tariklah satu nafas dalam

Saya memaknai ramune disana sebagai kiasan satu masalah dalam hidup. Masalah tak bisa diselesaikan sekaligus dalam waktu bersamaan. Apalagi, pasti dalam hidup ini masalah gak hanya satu saja. Perlahan dan jika memang tersandung masalah lain, beristirahatlah.

 Balasan darimu hanya sebaris

Di layar chatting kau tulis

“Gak apa-apa.” pesan darimu

 

Tapi waktu orang bilang “gak papa.”

Sebenarnya tidak seperti itu

Jangan nilai diri sok kuat

Itu sebabnya aku disini sekarang

 Benar. Siapa yang tidak pernah berbohong seperti itu? Bilangnya gak apa-apa padahal sebenarnya ada apa-apa. Begitulah kita. Terkadang kita memang harus peka pada keadaan orang lain. Mungkin orang lain hanya butuh didengarkan saja. Kita sendiri pun juga sering mengalami kan? Hanya butuh telinga dan tak butuh banyak ocehan.

Cara untuk hidup dengan nyaman adalah

Tidak memaksakan dirimu

Waktu kelereng di dada membuat nafas tercekat

Sekarang tidak perlu fikirkan apapun

Beristirahatlah sejenak

 Adakalanya kita memang terlalu memaksakan diri untuk melakukan banyak hal. Terlalu sibuk menuntut kesempurnaan, baik pada diri kita sendiri atau pada orang di sekeliling kita, padahal kita tahu tak ada yang bisa sempurna. Hasilnya, kita sering marah tak jelas, nangis tanpa alasan, atau merasa insecure sendiri. Maka, benar kata JKT48, beristirahatlah sejenak.

Baca juga : Kami Bersama JKT48

Jujur sekali lagi, saya suka dengan lagu ini. Oia, untuk kamu yang pengen denger juga dan lihat langsung penampilan setlist ini, bisa lihat jadwal pertunjukannya di website resmi JKT48. Harga tiket livestreamingnya murah kok, hanya Rp 25.000,-/tiket. Tapi kalau mau nonton gratisan, bisa nunggu jadwal showroom team K3 ini. Tapi ya belum tahu kapan, hehe.

4 komentar:

Yoharisna mengatakan...

Lagu-lagu Jkt45 itu emang penuh semangat. Kasih insipirasi agar terus optimis dalam menghadapi kehidupan.

Laela Awalia mengatakan...

@Yoharisna
Iya mba, cocok jadi moodbooster. Paling suka yang mana nih mba? Hehe

Heni Puspita mengatakan...

Wuih asyik ya jadi serasa nonton konser live tapi online.

Laela Awalia mengatakan...

Hehe iya ya mba? Terimakasih sudah berkunjung.. 😊