20 April 2023

Buku Untuk Hadiah Pernikahan

Momen menikah merupakan momen bahagia yang tidak hanya dirasakan oleh kedua mempelai saja. Keluarga maupun sahabat juga tidak sedikit yang turut merasa sukacitanya. Untuk melengkapi kebahagiaan itu, seringkali kita memberikan hadiah spesial kepada pasangan pengantin.

Hadiah biasanya berupa uang tunai atau barang-barang yang sekiranya dibutuhkan sang pengantin dalam menjalani rumah tangga mereka di kemudian hari. Misalnya perabotan rumah, perlengkapan atau bahkan barang-barang yang paling disukai sang pengantin. Termasuk buku.

Nah, kalau kalian mau memberikan hadiah buku, kali ini saya akan rekomendasikan buku apa yang cocok sebagai hadiah pernikahan.

1. Panduan Keluarga Sakinah

Seperti judulnya, buku ini bisa dijadikan sebagai panduan untuk membentuk keluarga sakinah menurut Islam. Buku yang ditulis oleh Yazid bin Abdul Qadir Jawas ini mengupas secara detail perihal pernikahan.

Panduan Keluarga Sakinah
Panduan Keluarga Sakinah

Bahasannya pun mudah diikuti karena ditulis per bab. Mulai dari apa itu pernikahan, jenis-jenis pernikahan, tujuan dan manfaat menikah, tata cara pernikahan dalam Islam, hak dan kewajiban suami istri, hingga nasihat untuk suami dan istri.

Dari segi kemasan juga buku ini tergolong mewah karena hard cover dan cantik. Cocok memang sebagai hadiah pernikahan, walaupun sebenarnya lebih cocok dibaca sebelum menikah biar lebih paham sebelum menjalani pernikahan.

2. Drama Mama Papa Muda

Tidak sedikit pasangan yang baru menikah, langsung diberi amanah seorang bayi. Terkadang, hal ini memicu drama tersendiri, apalagi jika yang menikah itu usianya masih terbilang muda. Meski menyenangkan, tapi adakalanya kehadiran sosok mungil yang baru ini bisa membuat kehidupan jauh berbeda.

Drama Mama Papa Muda
Drama Mama Papa Muda

Seperti yang diceritakan dalam buku Drama Mama Papa Muda ini. Buku yang awalnya ditulis dari blog pribadi milik Pungky Prayitno dan Topan Prayitno ini menceritakan keseharian mereka saat berproses menjadi pasangan pengantin muda yang langsung memiliki anak, hingga cara pengasuhannya.

Baca juga : Resensi Buku Drama Mama Papa Muda

Dibalik kebahagiaan memiliki anak, rupanya ada hal-hal yang mengkhawatirkan bagi si istri selepas melahirkan. Postpartum Depression (PPD) atau Baby Blues. Nah, dalam buku ini dijelaskan juga apa itu PPD dan bagaimana cara menghadapinya.

Buku ini cocok untuk hadiah pernikahan, dengan harapan suami istri bisa memahami bagaimana kehidupan rumah tangga itu setelah menikah. Ya bukan hanya lihat senang-senangnya saja, tapi juga drama-drama kecil yang mengiringinya.

3. Indahnya Jika Dipanggil Bunda

Buku selanjutnya yang saya rekomendasikan sebagai hadiah pernikahan adalah Indahnya Jika Dipanggil Bunda. Kalau buku sebelumnya menceritakan tentang suka duka menjalani pernikahan yang langsung diberi momongan, buku ini kebalikannya.

Indahnya Jika Dipanggil Bunda
Indahnya Jika Dipanggil Bunda

Indahnya Jika Dipanggil Bunda merupakan buku kumpulan kisah para pejuang garis dua. Salah satu tujuan menikah memang agar ada keturunan, tapi bukan berarti setelah menikah harus langsung bisa punya keturunan. Takdir Tuhanlah yang menentukan akan punya keturunan atau tidak, cepat atau harus berjuang dulu.

Dalam buku ini banyak kisah perjuangan para perempuan yang ingin memiliki anak setelah menikah. Ada yang berkali-kali hamil namun terus keguguran, ada juga yang sudah berusaha ke banyak dokter namun belum juga membuahkan hasil, atau ada pula yang mengalami beberapa sindrom ketidaksuburan.

Baca juga : Bagaimana Rasanya Jadi Ibu?

Menurut saya, buku ini juga cocok sebagai hadiah pernikahan. Kalau segera mendapat keturunan, maka akan lebih bersyukur karena banyak perempuan diluar sana yang harus berjuang dulu untuk mendapatkannya. Tapi kalau memang belum diberi keturunan, maka bisa lebih legowo karena tidak merasa sendirian.

Oke, menurut kamu buku apa lagi nih yang bisa dijadikan hadiah pernikahan?

1 komentar:

Akarui Cha mengatakan...

Dari semua buku bacaan di list, hanya Drama Mama Papa Muda saja nih yang sudah kutuntaskan. Aku jadi tergoda untuk mencari dua buku lainnya untuk dibbaca juga.