19 April 2023

Buku Ringan Penuh Humor Untuk Hilangkan Penatmu

Siapa disini yang belakangan ini melahap buku dengan isi yang berat hingga menjadikan pikiran penat? Hm, coba deh beralih dulu ke buku yang ringan dan penuh humor. Bisa komik, majalah, atau buku ringan yang menceritakan kisah sehari-hari.

Kali ini, saya punya beberapa buku ringan yang siapa tahu bisa membuat hari-harimu sedikit agak santai. Yuk disimak sampai habis ya!

1. Anak Kos Dodol

Ini serial legendaris sih menurut saya. Pertama kali terbit sekitar tahun 2009. Buku yang ditulis oleh Dewi Rieka ini berkisah tentang kesehariannya selama menjadi mahasiswa dan ngekos di Jogjakarta.

Anak Kos Dodol
Anak Kos Dodol

Di halaman awal buku ini ada ilustrasi wajah para tokoh yang akan diceritakan kisahnya, jadi kita bisa sedikit membayangkan bagaimana mimik wajah mereka di setiap peristiwa. Kisah-kisahnya diceritakan per judul dengan peristiwa dan keseruan yang berbeda-beda.

Buku ini asli ringan dan kocak. Walaupun selama jadi mahasiswa saya belum pernah ngekos, tapi saya bisa membayangkan bagaimana serunya anak kosan yang kesemuanya perempuan itu. Ada yang tipe judes, kalem, datar-datar saja, dan tipe orang yang bisa membuat ramai suasana.

Anak Kos Dodol cocok banget dibaca oleh mahasiswa atau alumni yang kangen masa-masa ngekos. Ceritanya beneran bisa membuat otak bernostalgia dan senyum-senyum sendiri.

2. Jakarta Underkompor

Tidak jauh beda dengan Anak Kos Dodol, buku Jakarta Under Kompor juga berkisah tentang keseharian seorang laki-laki yang jadi perantauan di Jakarta. Ditulis oleh Arham Kendari, buku ini berhasil membuat saya tertawa ketika membacanya.

Jakarta Under Kompor
Jakarta Under Kompor

Buku ini merupakan kumpulan dari cerita yang pernah ditulis Arham di blognya. Cerita di buku ini sebenarnya juga biasa dialami oleh orang perantauan, tapi ketika ditulis dengan bahasa yang ringan dan konyol, bisa berubah menjadi cerita yang menghibur.

Kalau dari segi sampul buku sih, jujurnya saya kurang suka aja lihatnya. Tapi isinya menghibur dan saya rekomendasi untuk kalian yang sedang mencari bacaan ringan untuk mengusir penat.

3. Jungkir Balik Dunia Bankir

Sama seperti buku Jakarta Under Kompor, buku Jungkir Balik Dunia Bankir juga awalnya ditulis dari blog pribadi milik Haryadi Yansyah. Ceritanya juga berupa kisah kesehariannya saat bekerja sebagai pegawai salah satu bank di Indonesia.

Jungkir Balik Dunia Bankir
Jungkir Balik Dunia Bankir

Haryadi Yansyah berhasil merebut perhatian saya di halaman awal dengan cara berceritanya di lucu. Bahasa yang dipakai juga bahasa keseharian, jadi terasa lebih dekat dan bisa membayangkan ada di posisinya.

Meskipun buku ini termasuk buku ringan, tapi tetap saja ada pesan-pesan yang bisa diambil setelah membacanya. Oh iya, ulasan lengkapnya sudah pernah saya posting juga kok.

Baca juga : Santai Bareng Buku Jungkir Balik Dunia Bankir

Nah, itu dia beberapa buku ringan penuh humor yang bisa kalian baca untuk sedikit menghilangkan penat. Ada yang punya judul lain? Tulis di kolom komentar ya!

Tidak ada komentar: