21 April 2023

Review Buku 17 Cerita Anak Hebat

Halo!

Setelah kemarin saya sempat bahas kriteria apa saja yang sebaiknya ada untuk memilih buku bacaan anak, kali ini saya akan mengulas salah satu buku cerita anak yang didalamnya ada tulisan saya juga.

Cerita Anak Hebat
Cerita Anak Hebat

Berjudul 17 Cerita Anak Hebat, buku ini merupakan kumpulan cerita pendek yang ditujukan untuk anak-anak dengan rentang usia 8-12 tahun. Penulisnya dari berbagai kalangan, mulai dari guru, dosen, ibu rumah tangga, dan pekerja lepas namun tergabung dalam satu atap komunitas menulis Forum Lingkar Pena.

Saya kupas satu per satu ya!

Pertama dari segi tampilan fisik dulu. Buku ini dicetak dengan sampul art paper tebal dan isi kertas putih halus berukuran cukup lebar, sebesar kertas A4. Dengan ukuran begini, memang lebih memudahkan untuk membaca sih, lebih leluasa saja.

Sampulnya berwarna biru dengan gambar ilustrasi berupa hand-drawing buatan salah satu penulisnya juga. Tapi sayangnya ilustrasi ini tidak berwarna dan hampir terkesan seperti buku lama. Padahal akan lebih menarik lagi kalau ilustrasinya penuh warna dan lebih modern.

Dari segi layout bagian dalam, buku ini seperti buku kumpulan cerita pada umumnya. Tapi ada tambahan ilustrasi di setiap judulnya. Lagi-lagi, ilustrasinya tanpa warna dan hanya seperti sketsa saja. Bagi saya, cukup sih kalau hanya sekadar bertujuan agar lebih membangun visual dari cerita yang ditulis.

Cerita Anak Hebat
Cerita Anak Hebat

Lagipula, usia anak yang lebih besar dan sudah masuk jenjang sekolah dasar, tidak terlalu fokus juga pada gambar-gambar.

Baca juga : Kriteria Memilih Buku Anak Yang Wajib Bunda Tahu

Dari segi isi, buku ini memang pantas diberi judul Cerita Anak Hebat. Isinya seputar cerita keseharian yang sudah terbiasa dilakukan anak-anak pada umumnya dengan tambahan pesan moral tentunya. Misalnya pada cerita berjudul Janji Reno yang ditulis oleh saya sendiri.

Bercerita tentang seorang anak bernama Reno yang sering bermain Game di komputernya. Suatu ketika, ia bermain game hingga larut malam padahal ibunya sudah mengingatkan agar beristirahat karena besok akan berangkat sekolah. Namun tidak ia hiraukan. Akhirnya, ia mengalami beberapa kesulitan keesokan harinya sampai ia malu pada teman-temannya. Mulai saat itu, Reno berjanji tidak akan mengulangi kesalahannya lagi.

Ada pula cerita yang mengusung kearifan lokal dengan memperkenalkan makanan khas daerah Lampung. Juga cerita tentang saling berbagi dan tolong-menolong.

Secara umum, buku ini memang bisa jadi salah satu sarana untuk menanamkan karakter yang baik pada anak. Karena biasanya, anak-anak memang lebih mudah menangkap kebiasaan yang baik lewat cerita daripada perintah langsung.

Baca juga : Rekomendasi Buku Anak Penuh Pesan Moral

Nah, kalau kalian, buku apa nih yang biasanya dibacakan untuk anak sebagai sarana menanamkan kebaikan? Tulis di kolom komentar ya!

Tidak ada komentar: