06 April 2023

5 Rekomendasi Buku Anak Penuh Pesan Moral

Halo!

Apa kabar puasanya di 10 hari kedua ini? Anak-anak yang masih belajar puasa juga masih terkondisikan kan ya? Hehe. Untuk mengisi waktu menjelang berbuka atau setelah sahur, boleh banget dibacakan buku-buku cerita yang banyak memberi pesan moral pada anak. 

Rekomendasi Buku Anak
Rekomendasi Buku Anak

Kali ini, saya punya 5 buku rekomendasi yang pesan moralnya bagus banget dengan alur cerita dan ilustrasi yang menarik. Apa saja? Lanjut bacanya ya!

Petualangan Orange, Si Kantong Plastik oleh Fadila Hanum

Seperti judulnya, buku ini menceritakan petualangan Orange, sebuah kantong plastik berwarna orange bekas belanjaan. Buku ini mengajarkan anak-anak bagaimana cara menjaga bumi dengan dimulai dari lingkungan terdekat dulu. Salah satunya adalah dengan meminimalkan sampah plastik dan mengolahnya menjadi barang yang berharga.

Petualangan Orange
Petualangan Orange oleh Fadila Hanum

Kisah si Orange dimulai dari suatu tempat belanja dimana ia dan teman-temannya berjajar rapi di samping kasir untuk kemudian digunakan sebagai wadah barang belanjaan pembeli. Petualangannya berlanjut hingga sampai di rumah dan berkumpul dengan sampah-sampah plastik lainnya.

Tidak hanya sampai disitu, Orange dan teman-temannya pun kembali berpetualang karena bertemu dengan seseorang yang bisa memilah sampah dan menjadikannya lebih bermanfaat daripada sekedar dibuang begitu saja.

Selain menceritakan petualangan si Orange, dalam buku ini juga diselipkan banyak informasi mengenai sampah, fakta-taktanya, dan tips menangani sampah plastik.

Saya mengenal baik Fadila Hanum karena dulu pernah satu atap di organisasi kepenulisan. Dia telah banyak menelurkan karya tulis berupa buku anak dan ensiklopedi anak. Terbukti dia mendapat penghargaan dalam ajang Islamic Book Award atas karya-karyanya. Memang gak salah sih, tulisan-tulisannya banyak mengedukasi anak-anak dan memiliki nilai moral tersendiri.

Kami Dijadikan Pupuk oleh Fadila Hanum

Masih dari penulis yang sama, Fadila Hanum, buku ini juga menceritakan kisah petualangan si daun pisang. Kalau tadi Orange adalah sampah plastik yang tidak bisa diurai di tanah dan harus diolah kembali, si Unpi ini sampah organik yang bisa terurai dan dijadikan pupuk.

Kami Dijadikan Pupuk
Kami Dijadikan Pupuk oleh Fadila Hanum

Cara menceritakan tokoh si Unpi dalam buku ini juga mudah dimengerti. Kisahnya diawali dari sebuah pasar dimana Unpi dijual sebagai pembungkus makanan yang kemudian dibeli oleh seorang ibu.

Unpi dan teman-temannya melewati beberapa proses yang membuat mereka senang karena merasa bermanfaat untuk manusia. Satu hal yang mengejutkan mereka adalah adanya pengolahan lebih lanjut dari manusia yaitu membuat pupuk dari sampah daun dan sisa sayuran lainnya.

Dalam buku ini juga dijelaskan mengenai pembagian sampah organik dan anorganik. Serta, bagaimana cara yang bisa dilakukan oleh manusia untuk mengolah kembali sampah menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat lagi.

Baca juga : 3 Ide Kegiatan Ramadhan

Aku Bisa Ditabung – A.W. Wibowo

Masih tentang sampah, kali ini buku Aku Bisa Ditabung ditulis oleh A.W. Wibowo. Buku ini menceritakan kisah sekawanan botol di dapur Bunda Tia. Ada botol kecap, botol saus, dan botol sirup. Ketika para botol itu sudah habis isinya, Bunda Tia tidak membuangnya ke tempat sampah melainkan mengirimnya ke Bank Sampah.

Aku Bisa Ditabung
Aku Bisa Ditabung oleh A.W. Wibowo

Dalam buku ini dijelaskan apa itu Bank Sampah dan manfaat apa yang bisa diambil dari sana sehingga anak-anak menjadi tahu bagaimana sampah tidak teronggok begitu saja. Ceritanya mengalir dan mudah dipahami. Ilustrasinya juga jelas dengan warna-warna yang menarik.

Yuk Pakai Shampo – Ns. Eramayawati dan dr. Nuril Annisa

Buku selanjutnya yang saya rekomendasikan adalah Yuk Pakai Shampo karya Ns. Eramayawati dan dr. Nuril Annisa. Biasanya anak-anak kan susah mandi ya, apalagi kalau harus keramas dan pakai shampo. Alasannya beragam, mulai dari dingin lah, malas lah, atau pakai shampo pedih matanya.


Yuk Pakai Shampoo
Yuk Pakai Shampoo oleh Ns. Eramayawati dan dr. Nuril Annisa

Nah dalam buku ini ada tokoh bernama Rino yang malas pakai shampo. Akibatnya, rambutnya masih terlihat kotor, gatal, dan rontok. Untungnya ada tokoh lain bernama Super Sam yang akan membantu masalah Rino. Super Sam ini adalah shampo yang bisa bicara dan memberikan informasi tentang apa itu shampo, bahan-bahan yang terkandung di dalamnya, dan bagaimana cara menggunakannya.

Dengan ilustrasi yang lucu dan berwarna-warni, buku ini cocok dibacakan untuk anak-anak, siapa tahu anak jadi rajin mandi dan bebersih rambutnya.

Hadiah Dari Mama – Anisa Widiyarti

Siapa nih yang anaknya suka iri sama saudaranya? Padahal sebagai orangtua, pasti gak mau dong membedakan antara satu anak dengan lainnya? Orangtua juga pasti akan berusaha memberikan kasih sayang, cinta, perhatian, dan bimbingan yang seadil-adilnya.

Hadiah Dari Mama
Hadiah Dari Mama oleh Anisa Widiyarti

Buku ini menceritakan tentang dua kakak beradik yang saling berprasangka terhadap mamanya. Mereka berharap mendapatkan hadiah ketika mereka mendapatkan rangking 10 besar saat pembagian rapor nanti.

Rupanya benar, kedua anak ini berhasil meraih 10 besar dalam kelasnya. Janji mama tidak ingkar. Mama memberikan hadiah pada mereka. Satu diberi tas, yang satu lagi diberi sepeda. Kok mama memberi hadiah yang berbeda ya?

Ada pesan moral tersendiri dalam buku ini yang bisa disampaikan pada anak-anak. Tentang berprasangka baik, menerima pemberian dengan ridho, dan berterimakasih.

Nah, itu dia 5 buku yang saya rekomendasikan untuk bahan bacaan anak-anak di rumah. Sebenarnya masih banyak buku lain yang bagus juga, tapi mungkin di tulisan selanjutnya saya posting lagi ya!

Happy reading, semua!

2 komentar:

PWWidayati mengatakan...

Wah keren-keren nih bukunya mbak, makasih rekomendasinya

Laela Awalia mengatakan...

@PWWidayati, iya mba, penuh pesan moral gak cuma untuk anak-anak, tapi juga untuk orang dewasa yang kadang suka lupa buang sampah sembarangan hihi