05 April 2023

Tabloid Legendaris Masa Sekolah

Bicara tentang masa-masa di sekolah, pasti banyak sekali kenangan yang sampai sekarang mungkin belum atau bahkan tidak bisa terlupakan. Masa awal masuk sekolah di lingkungan yang sama sekali baru, memakai seragam baru, bertemu dengan seseorang yang mewarnai hari-hari atau kebiasaan yang tak bisa terulang kembali karena memang sudah berbeda era.

Tabloid Legendaris Semasa Sekolah
Tabloid Legendaris Semasa Sekolah

Nah, salah satunya adalah menggandrungi majalah atau tabloid bersama teman sekolah. Dulu, sewaktu saya masih sekolah, belum ada ponsel cerdas yang bisa digunakan untuk mengakses bacaan sebanyak sekarang. Boro-boro ponsel cerdas, internet pun bahkan belum sampai di sekolah, hihi.

Satu-satunya sumber untuk mencari informasi atau sekadar ajang untuk bergaul adalah dari majalah, tabloid atau koran. Sebab, dari media-media cetak itulah, anak-anak sekolah bisa berekspresi atau mengetahui kabar terbaru dari artis idolanya. Apa saja tabloid itu? Yuk-yuk, lanjut bacanya!

1. Tabloid Gaul

Anak sekolah era 90-2000an pasti sebagian besar kenal dengan tabloid ini. Berisi seputar informasi tentang artis yang sedang hits, tips ringan sehari-hari, poster foto artis, hingga tulisan fiksi yang bisa dinikmati anak remaja menjadikan tabloid ini banyak diminati. Salah satunya saya. Mungkin penamaan Gaul ini juga ditujukan agar yang membaca tabloid ini lebih bisa merasa gaul dan update informasi.

Tabloid Gaul
Tabloid Gaul

Walaupun tidak sampai rutin dan berlangganan setiap minggunya, tapi kalau ada edisi yang sekiranya bagus, saya akan beli. Apalagi beberapa kali tulisan cerpen saya dimuat di tabloid ini, sudah pasti saya cari dari loper ke loper, hehe.

Terakhir kali saya baca tabloid Gaul ini sepertinya saat kuliah semester akhir, sekitar tahun 2009. Sekarang, saya belum menemukan lagi tabloid ini beredar di pasaran, atau saya aja yang kurang kelilingnya?

2. Majalah Aneka Yess

Media kedua adalah majalah Aneka Yes. Berbeda dengan tabloig Gaul, majalah ini tentunya lebih tebal dalam segi halamannya. Otomatis juga harganya lebih mahal. Makanya saya hanya bisa baca saat beli majalah bekasnya yang banyak dijual di pasaran dengan harga yang jauh lebih murah.

Majalah Aneka Yes
Majalah Aneka Yes

Dulu, membeli majalah bekas atau majalah yang sudah terlewat tanggal edisinya beberapa bulan atau beberapa tahun itu lumrah saja. Bagi saya, yang penting bisa menikmati isi majalah itu. Kalau beritanya yang seputar kegiatan artis, jujur saya tidak terlalu fokus kesana. Saya lebih menikmati tulisan-tulisan fiksi dan artikel lepas lainnya.

Sampai sekarang, saya masih punya beberapa majalah ini yang kadang saya baca ulang sambil tersenyum mengingat betapa jayanya majalah-majalah ini dulu.

Baca juga : Top 5 Buku Favorit

3. Tabloid Nova

Sebenarnya ini tabloid yang target pembacanya adalah ibu-ibu muda ya, bukan anak sekolah. Tapi, karena dulu ibu saya sempat berlangganan tabloid ini, jadi saya ikut baca juga. Tabloid ini berisi macam-macam informasi yang menarik.

Mulai dari resep masakan, info seputar artis, kisah nyata yang dituangkan dalam narasi (yang sampai sekarang ternyata masih banyak diminati oleh masyarakat), cerita fiksi berupa cerpen dan cerbung, sampai tips sehari-hari.

Tabloid Nova
Tabloid Nova

Saya ingat sekali, kalau mau masak menu yang spesial, pasti cari resepnya dulu di tabloid ini. Gak jarang juga saya praktekin di rumah walaupun kadang ada beberapa bahan yang ter-skip karena gak nemu atau karena lagi gak ada dalam malas carinya, hehe.

Saya juga ingat sekali saya selalu menunggu cerbung di tabloid ini. Sampai-sampai ketika ibu saya gak berlangganan dan cerbung yang saya baca belum tuntas, saya cari edisi bukunya karena saking penasaran.

Saya gak tahu, apakah sekarang tabloid ini masih beredar dalam bentuk cetakan fisik seperti dulu, atau sudah lebih modern dengan bisa diakses lewat ponsel cerdas.

Itu dia, beberapa tabloid dan majalah legendaris semasa sekolah yang sekarang mungkin sudah tidak beredar dalam bentuk cetakan fisiknya. Kalau ingat itu, saya jadi merasa betapa sekarang sangat mudah mengakses bacaan dari mana saja. Tidak seperti dulu yang harus menunggu setidaknya seminggu sekali untuk bisa membaca edisi terbarunya.

Apa kalian punya koleksi majalah atau tabloid lain yang legendaris? Tulis di kolom komentar ya!

1 komentar:

Akarui Cha mengatakan...

Baca ini jadi banyak terkenang jaman sekolah deh. Aku besar dengan Tabloid Gaul. Kalau Aneka Yes nggak terlalu. Jamanku yang hits dibaca di circle pertemananku itu, cenderung majalah. Semsal : animonster, hai, Kawanku, juga Chic. Mampir ke sini jadi kangen sekali sama masa sekolah.