05 Mei 2020

Sayur Bening. Menu Praktis Nan Segar Untuk Buka Puasa

BPN Challenge Day#16

Halo!
Gak terasa ya, sudah lewat 10 hari pertama bulan Ramadhan. Walaupun suasana Ramadhan tahun ini tidak seramai Ramadhan tahun-tahun lalu, tapi mudah-mudahan kita tetap semangat ya. Biasanya hari-hari gini sudah banyak ya ajakan buka puasa bersama. Rencana-rencana bukber dimana kali ini, sama rombongan mana besok sore, seramai apa yang mau kumpul lusa, dan seterusnya. Tapi tahun ini terpaksa buka puasanya di rumah saja.

menu buka puasa praktis

Gak apa-apa. Kan malah jadi akrab dengan keluarga karena setiap hari masak dengan menu beragam. Sudah bikin masakan apa aja nih? Dari yang praktis bisa sekejap terhidang, sampai yang agak ribet buatnya dari pagi. Eh ngomong-ngomong, sudah ada yang mulai kebingungan belum sore ini mau menyajikan menu apa untuk buka puasa? Hehe.

Kalau saya, seringnya buat yang praktis-praktis aja. Pokoknya asal komposisi gizinya sudah terpenuhi, sudah cukup. Dari karbohidrat, protein, lemak, sampai kebutuhan seratnya. Kalaupun gak bisa semuanya, minimal saya sajikan karbohidrat, protein, dan seratnya aja.

Ide Menu Buka Puasa Praktis

Puasa begini, pak suami senangnya makan yang berkuah segar tapi ringan. Doi gak terlalu bisa makan yang santan-santan, apalagi ditambah sambal. Memang menggoda sih ya, makanan pedas bersantan itu. Tapi di saat begini, saya dan suami lebih memilih yang segar-segar aja. Misalnya sayur bening, sop, atau sayur asem.


Paling sering ya sayur bening. Isinya bisa ganti-ganti sesuai stok sayur yang ada. Kadang bayam campur wortel, sawi campur cambah, atau daun siwil campur jagung pipil. Boleh juga tuh sayur saling dikombinasikan. Pas saya posting di grup wa keluarga, adik saya di Belitang sana malah jadi pengen dan akhirnya masak itu juga, hehe.

Sayur bening memang jadi andalan kalau puasa begini. Bisa untuk buka puasa atau sahur. Tapi biasanya saya masaknya tetap dadakan sebelum dimakan, jadi lebih enak. Lauknya bisa dikombinasi sama apa aja, tetap enak. Sambal tempe, sambal telur, sambal ikan, sambal kentang, sambal udang dan segala sambal-sambalan itu. Kalau mau yang gak pedas, bisa dikombinasi sama perkedel apapun, atau ayam goreng.


menu buka puasa praktis
Menu buka puasa praktis

Resep Sayur Bening (untuk 2 porsi)

Bahan :
½ ikat bayam atau siwil atau sawi (bebas)
½ buah wortel
2 siung bawang merah
2 siung bawang putih
2 cm kencur atau kalau gak ada, saya pakai lengkuas
1 lembar daun salam
Garam dan gula pasir secukupnya

Cara membuat :
Bawang merah, bawang putih, dan kencur diiris halus. Sisihkan. Didihkan 3 gelas air. Rebus wortel hingga setengah empuk. Masukkan daun bayam/siwil/sawi. Lalu masukkan juga bawang iris, kencur, dan daun salam. Tambahkan garam dan gula. Masak hingga matang.


Gimana? Praktis banget kan? Monggo dicoba. Nah, kalau kamu punya resep praktis untuk buka puasa atau sahur, boleh dibagi di kolom komentar ya. Siapa tahu saya recook.

2 komentar: