Halaman

10 Mei 2019

BPN Day 5 : Siapa Penasaran Nasgor Daun Kunyit?

Jadi ceritanya kemarin saya chatingan dengan seorang teman. Ia bilang semalam sahur pakai nasi goreng. Saya agak terkejut gitu, masa sahur pakai nasi goreng? Kalau menurut saya pribadi sih agak aneh ya. Tapi setiap orang kan punya selera masing-masing. Saya heran aja, apakah siangnya gak takut haus kalau makan nasi goreng pas sahur? Dia bilang, asal tahu caranya ya gak akan haus-haus amat siang harinya. Dia juga kasih saya trik, dan nanti saya bagi di akhir tulisan ya.

Saya yang termasuk penggemar nasi goreng, langsung deh mupeng. Dari kemarin sebenarnya pengen buat nasi goreng, tapi karena itu tadi kondisinya lagi puasa, jadi takut haus dan gak enak di perut. Jadi tertunda terus. Nah, tadi sore begitu lihat nasi sisa sahur semalam, saya kepirian untuk buat nasi goreng aja untuk buka puasa. Mungkin untuk sebagian orang agak aneh juga ya, haha. Gak apa-apa deh daripada ngiler terus ya kan? So, saya eksekusi saja.

Nasgor Daun Kunyit
 Kali ini saya buat nasi goreng yang berbeda dari nasi goreng pada umunya. Lagi-lagi ini resep dari ibu saya. Bahannya kebetulan ada semua di dapur. Yup! Saya buat nasi goreng daun kunyit. Siapa yang penasaran? Nasi goreng ini punya rasa dan aroma yang khas, harum daun kunyit. Yuk ah, cek resepnya ya!

Bahan :
2 piring nasi putih
1 buah telur ayam
½ buah wortel, iris tipis seperti korek api
2 siung bawang merah
2 siung bawang putih
4 buah cabe merah (kalau mau lebih pedas, tambah cabe rawit saja)
1 bungkus kecil udang kering/ebi
1 lembar besar daun kunyit, iris tipir-tipis.
2 sdm kecap manis
Garam dan lada secukupnya
Minyak goreng

Pelengkap :
Kerupuk
Irisan tomat

Cara membuat :
1. Haluskan cabe merah, bawang merah, bawang putih, dan udang kering/ebi.
2. Goreng bumbu halus sampai harum, masukkan wortel dan telur, goreng sampai telur matang dan kering.
3. Setelah harum dan telur kering, masukkan nasi putih, tambahkan garam dan lada secukupnya.
4. Setelah nasi panas, tambahkan kecap manis dan irisan daun kunyit. Aduk rata.
5. Hidangkan dengan pendamping kerupuk, irisan tomat, atau telor ceplok. Sesuai selera saja lah.

Kalau mau ditambah bahan lain semisal bakso, sosis, atau kacang polong bisa juga. Karena di kulkas saya adanya hanya telur dan wortel ya cukup dua bahan itu saja yang saya masukkan.


Waktu pertama kali saya cicip nasi goreng ini dulu, saya agak kaget dengan rasanya. Rasa rempah khas Indonesia muncul dari daun kunyitnya. Beberapa kali saya buatkan untuk suami, doi juga sempat kaget dengan rasanya. Tapi nyatanya doyan dan katanya enak, hehe.

Nah, seperti janji saya tadi, saya akan kasih trik supaya makan nasi goreng pas puasa begini bukan lagi hal yang perlu ditakutkan. Ini trik yang diberikan teman saya itu. Setelah makan nasi goreng, minumlah air hangat. Kenapa? Rupanya yang membuat kita haus setelah makan nasi goreng adalah minyak yang menempel di tenggorokan. Jadi, supaya minyak itu hilang, disarankan untuk minum air hangat.

Oh iya, sebisa mungkin saya tetap memberi asupan serat dalam makanan saya. Jadi walaupun ada nasi goreng, saya tetap pakai sayur dan makan buah. Nah, yang di piring saya itu sawi rebus. Lagi-lagi karena gak ada selada di kulkas, jadi hikau-hijaunya saya ganti pakai sawi rebus aja. Tetap enak kok.

So, kamu punya resep nasi goreng apa?

4 komentar:

Niklosebelas mengatakan...

Saya baru denger nih nasi goreng pake daun kunyit :D jadi penasan pengen coba

Laela Awalia mengatakan...

iya mba Niklosebelas, coba deh unik rasanya :)

Lala mengatakan...

Baru tahu saya kalau daun kunyit bisa buat nasgor :D jadi penasaran

Laela Awalia mengatakan...

iya mba Lala, coba deh biar gak penasaran lagi hehe