06 Mei 2019

BPN Day 1 : Buka Puasa Ala Saya

Marhaban ya Ramadhan
Alhamdulillah tahun ini kembali bisa disapa oleh bulan yang penuh berkah ini. Walaupun masih berdua dan belum ada penambahan anggota keluarga di rumah mungil kami, ya tetap disyukuri saja. Hitung-hitung masih disuruh hanimun lah ya, haha.

Sebenarnya rencana sebelum Ramadhan datang itu banyak sekali. Mulai persiapan bersih-bersih rumah, kulkas, persiapan bumbu dapur, dan rapi-rapi rumah yang lebih intens semacam pengen ngecat ulang dan pasang dekor ala-ala. Tapi, Beberapa hari kemarin, saya sempat drop. Badan berasa kaku semua dan kepala sakit sekali. Jadi, dengan terpaksa rencana-rencana yang sudah saya susun di kepala tadi, harus tertunda sampai hari ini sudah tiba Ramadhannya!

Termasuk soal menyiapkan isi kulkas dan bumbu dapur. Tujuan saya sederhana saja. Saya ingin ibadah di bulan Ramadhan ini lebih optimal dengan tidak lagi meluangkan terlalu banyak waktu untuk beres-beres, menyiapkan sahur dan buka, juga rapi-rapi rumah itu tadi. Pada akhirnya, sehari sebelum puasa kemarin saya full sana-sini.

Rencana dari pagi bangun tidur adalah belanja isi kulkas dan dapur untuk persiapan buka dan sahur. Karena saya punya rencana khusus yang baru tahun ini saya perjuangkan dengan semangat 45, jadi saya benar-benar punya catatan apa-apa yang harus saya beli dan apa-apa yang saya hilangkan dari belanjaan biasanya. Rencana itu adalah membuat menu sahur dan berbuka yang sehat dengan real food.

Beberapa minggu belakangan saya juga ikuti jejaring sosial para penggiat makanan sehat ini. Jadi intinya saya perlu beli banyak buah, sayur, dan yang tidak boleh ketinggalan adalah kurma. Tapi untuk yang terakhir ini malah sampai tulisan ini dibuat, saya belum dapat. Tepok jidat dah, jadi bingung mau buka puasa pake apa ya, haha.

Tapi, namanya perempuan kudu bisa buat makanan dari bahan seadanya kan ya. So, buka puasa ini saya buat beberapa menu sederhana nan cepat saji.

Menu buka puasa saya dan suami
Takjil : Air jahe, sereh, madu, tambah chia seed dan makanan pembuka pisang rebus dan jambu kristal.
Makan malam : Nasi putih, cah tauge cumi asin, ayam kecap cabe hijau.

Alhamdulillah buka puasa yang memang cuma berdua dengan suami begitu nikmat. Hari pertama puasa ini lancar dan gak kerasa laper. Semoga hari-hari berikutnya juga tetap semangat.

Kalau kamu, buka puasanya pakai apa?

Tidak ada komentar: