09 Mei 2019

BPN Day 4 : Resep Sayur Asam ini Gampil Banget!

Dulu, saya jarang sekali suka sama sayur asem. Kalau makan di warung tenda pecel lele gitu kan biasanya dikasih sayur asam ya, saya jarang sekali bahkan nyaris gak pernah menyentuh sayur itu. Menurut saya, sayur asam itu rasanya aneh. Campuran dari berbagai sayur tapi kok tampilannya gak menarik buat saya. Sampai ibu saya masak sendiri sayur asam di rumah dan saya nyicip. Ternyata enak! Dari situ, saya mulai suka sayur asem tapi hanya bila ibu saya yang masak, haha!

Tapi, lambat laun pas saya kadang makan di pecel lele dan dikasih sayur asem, saya makan juga. Cenderung lihat penampilan dulu sih sebenarnya. Kalau kelihatannya enak, saya makan. Kalau tampilannya kurang meyakinkan, lebih baik gak saya ambil. Sayang kan cuma dicicip terus dibuang nantinya kalau gak saya makan?

Nah, semenjak menikah, saya mulai coba masak sayur asem sendiri. Pasalnya, suami saya ternyata suka juga sama sayur asem. Siapa yang gak mau masakin untuk suami kalau doi suka kan ya? Jadilah saya minta resep sama ibu biar sayur asem buatan saya seenak sayur asem ibu. Buatnya juga ternyata gamping banget! Kalau mau praktis dan lagi buru-buru memang sudah ada sih bumbu sayur asem. Tapi, belakangan saya mulai mengurangi bumbu-bumbu siap saji begitu dan lebih baik buat bumbu sendiri.


Resep Sayur Asem

Bahan :
1 bungkus sayur asem (biasanya sudah lengkap ada kol, labu siam, jagung, kacang panjang, bahkan ada lengkuas, daun salam dan asemnya)
3 siung bawang putih
3 siung bawang merah
2 butir kemiri
3 buah cabe merah
3 buah cabe hijau
700 ml air
(kalau di paket sayur asem belum ada lengkuas dan asem)
1 ruas lengkuas, geprek
3 keping asem kandis
2 lembar daun salam
garam dan gula pasir secukupnya

Cara Membuat :
1. Cuci bersih dan potong-potong sayuran. Belah 2 cabe hijau. Rebus sayuran yang keras terlebih dahulu seperti kacang tanah, jagung manis, dan buah tangkil.
2. Selagi merebus sayuran tadi, buat bumbunya.
3. Haluskan cabe merah, bawang merah, bawang putih, dan kemiri.
4. Apabila sudah setengah empuk sayuran yang pertama direbus tadi, masukkan sayuran hijau seperti kacang panjang, daun tangkil, dan kol.
5. Masukkan bumbu halus, asem kandis, lengkuas, dan daun salam. Beri garam dan gula secukupnya.
6. Masak hingga matang.

Pada umumnya, sayur asem ini ada 2 varian, sayur asem bening dan sayur asem kental. Kalau mau sayur asem bening, tidak usah pakai cabe merah dan kemiri. Jadi hasil kuahnya jadi bening dan tidak keruh. Tapi saya pribadi lebih suka pakai cabe merah dan kemiri. Lebih berasa dan lebih gurih.

Bagaimana, gampang banget kan masaknya. Tertarik mencoba?

Baca juga : Resep Andalan Untuk Sahur

3 komentar:

kulitmanggisku mengatakan...

Gampang ya ternyata, terimakasih resepnya

Amotee mengatakan...

kayaknya enak nih

Laela Awalia mengatakan...

@kulitmanggisku, iya gampang dan sedap