17 Mei 2020

Doa di Penghujung Ramadhan

BPN Challenge Day#28

(1) Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan. (2) Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? (3) Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. (4) Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. (5) Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.
(Q.S. Al Qadr : 1-5)

doa di penghujung ramadhan

Tidak terasa ya Ramadhan sudah memasuki penghujungnya. Di sepuluh hari terakhir Ramadhan ini, ada satu malam istimewa yang selalu dinanti oleh umat Islam. Malam Lailatul Qadar. Malam yang mulia dan bernilai baik dari seribu bulan.

Seperti yang digambarkan dalam Alquran surat Al Qadr di atas, pada malam itu akan turun malaikat-malaikat Allah. Makanya banyak orang berburu ingin mendapat malam Lailatul Qadr yang turun pada malam-malam ganjil di 10 hari terakhir Ramadhan.

Doa-doa di penghujung Ramadhan

Ada satu riwayat mengenai malam Lailatul Qadr. Begitu agungnya malam Lailatul Qadar ini, sehingga Aisyah ra pernah bertanya kepada Rasulullah.

“Wahai Rasulullah, seandainya aku bertepatan dengan malam Lailatul Qadar, doa apa yang aku panjatkan?”
Rasulullah menjawab,
Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwan fa’fu ‘anni
Yang artinya, Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf dan Engkau menyukai maaf, maka maafkan aku.
(H.R Tirmidzi dan Ibnu Majah)


Selain doa meminta ampunan itu, ada satu doa lagi yang biasa diajarkan Nabi Muhammad SAW. Mungkin doa ini juga sudah akrab dengan telinga kita dan kita baca setiap selesai solat.

Robbanaa aatina fiddunya hasanah, wa fil aakhirati hasanah wa qina ‘adzaabannar.
Yang artinya, Ya Allah, anugerahkanlah kepada kami kebaikan di dunia dan di akhirat. Lindungilah kami dari siksa api neraka.

Ramadhan memang terasa lebih istimewa dibanding dengan bulan-bulan lain dalam setahun. Banyak keberkahan yang melingkupi. Dan saya selalu berharap bisa dipertemukan kembali pada Ramadhan tahun depan. 

Tidak ada komentar: