15 Mei 2020

Lebaran Dimana Tahun Ini?

BPN Challenge Day #26

Lebaran dimana tahun ini? Duh, si BPN bikin ngakak nih. Halunya jadi kelewatan deh ah. Ya lebaran di rumah aja lah, hehe.

Di masa pandemi seperti ini, mau lebaran atau hari biasa, baiknya tetap di rumah. Lagipula, saya juga gak merantau kemana-mana, jadi gak heboh mau mudik atau pulang kampung. Paling saya hebohnya Cuma mau menyiapkan lebaran di rumah orang tua atau di rumah mertua.

Lebaran di rumah aja
Lebarang tahun lalu, kumpul semua
Jadi, ada semacam kesepakatan tidak tertulis antara saya dan suami. Setiap lebaran, kami harus selang seling. Gantian gitu antara rumah orang tua dan rumah mertua. Kalau tahun ini di rumah orang tua saya, berarti tahun depannya ya di rumah mertua. Padahal mah ya, rumahnya deketan, hehe.

Karena masing-masing kami memang punya keluarga besar, jadi ajang berkumpul saat lebaran pastilah selalu ditunggu-tunggu. Apalagi ada 2 orang adik saya yang tidak tinggal di Lampung. Otomatis, jarang ketemu dan kalau gak lebaran rasanya susah untuk kumpul di rumah.

Nah, tahun ini sepertinya di rumah orang tua saya sedikit sepi. Tidak seperti tahun-tahun lalu yang bisa kumpul semua anggota keluarganya. Adanya kebijakan PSBB dan larangan mudik, membuat adik-adik saya terpaksa menunda mudiknya. Walaupun di rumah masih ada saya dan adik-adik lain, tapi rasanya tetap berbeda kalau ada yang tidak hadir.

Tapi tidak apa-apa. Menunda mudik akan jauh lebih baik daripada memaksakan mudik di tengah wabah seperti ini. Lagipula, kita juga masih tetap bisa berkomunikasi lewat telepon dan panggilan video. Hari gini mah, yang jauh terasa dekat.


Setelah dari rumah orang tua, saya dan suami lanjut ke rumah mertua a.k.a rumah orang tua suami. Disana memang lebih ramai dan terasa benar keluarga besarnya. Boleh dihitung sendiri dari 6 bersaudara dan punya pasangan juga anak-anak. Kalau kumpul jadi seru dan asik.

Karena ada wabah seperti ini, di rumah mertua juga sepertinya gak akan kemana-mana lagi. Kalau biasanya kami akan silaturahmi ke rumah saudara, tahun ini sepertinya ditunda dulu. Cukup berkumpul di rumah saja. Masak-masak. Makan-makan. Ngobrol sana sini. Golar goler.


Sudah beres di rumah orang tua dan mertua, kami pulang deh ke rumah sendiri. Menikmati hari-hari lebaran sendiri. Semoga saja wabah ini segera berakhir ya. Jadi tahun depan bisa berkumpul dengan suasana yang meriah dan bahagia. Eh tapi yang paling penting, berharap dipanjangkan usianya sampai Ramadhan dan Idul Fitri lagi.

Baiklah. Sekian saja celoteh saya siang ini. Jadi, kamu lebaran di rumah juga, kan?


2 komentar:

Rani R Tyas mengatakan...

Aku juga bingung mau nulis apa, soalnya lebarannya juga sama kayak kamu, di rumah aja. Wkwkkk

Laela Awalia mengatakan...

Hahaha.. awalnya juga gitu, bingung dikasih pertanyaan sama BPN utk tema hari ini. Karena memang dr tahun ke tahun y gak kemana2 hehe