30 April 2020

Berkarya Saat Di Rumah Saja

BPN Challenge Day#11

Hampir dua bulan di rumah saja, tapi ternyata tidak seburuk yang dipikirkan ya? Banyak hal positif yang didapat juga kok. Bagi yang biasanya kerja, bisa lebih santai gak buru-buru berangkat kerja. Gak ketemu kemacetan di jalan. Gak menghirup polusi udara. Juga setidaknya bisa tidur siang sebentar di rumah, di kantor jarang punya kesempatan gitu kan?

Selama di rumah juga, ada banyak hal yang saya pelajari. Saya coba urai satu per satu yes.

keterampilan saat pandemi

Ngeblog

Iya, ngeblog memang gak ada habisnya untuk dipelajari. Ini bukan sekadar keterampilan nulis yang kalau sudah selesai, bisa langsung posting gitu aja. Ya, walaupun kelihatannya masih sama aja, tapi saya merasa keterampilan ngeblog saya sedikit-sedikit sudah mulai ada peningkatan kok. Mulai dari memilih tema tulisan, menyusunnya, dan pemilihan ornamen pendukung.

Oh iya, tampilan blog saya juga berubah. Saya beneran iri sama banyak blogger yang tampilan blognya keren-keren banget. Luwes gitu. Jadi pembacanya juga gak cape dan ngerasa nyaman untuk meneruskan bacaan sampai akhir. Malah bisa sampai klak klik sana sini juga.

Jadi, setelah beberapa hari utak utik blog, jadinya seperti ini. Kemarin sempat ganti tampilan yang di desktop tampak elegan dan menawan, tapi sayangnya gak mobile-friendly. Hasilnya jadi agak berantakan kalau dibuka lewat ponsel. Jadi, cari ulang tema blog deh. Dan hasilnya seperti blog saya sekarang ini. Eh, itu foto di header hasil jepretan saya sendiri lho, wkwk.


Masak

Gak bisa disangkal, keterampilan masak saya mulai ada peningkatan lagi. Gak banyak sih, tapi saya berhasi coba-coba resep baru. Kalau kemarin-kemarin kan gak punya banyak waktu di rumah ya, jadi agak males gitu. Nah sekarang agak rajin, hehe.

Salah satu makanan yang kemarin saya coba adalah puding lapis surabaya dan nugget tempe. Jujur ya, kalau disuruh buat puding lapis itu lagi, saya ogah, haha. Itu buatnya per lapis gitu, jadi buat 1 lapisan dulu, tunggu agak dingin, buat lagi lapisan lain, tunggu agak dingin lagi. Yah, beneran itu makan waktu. Tapi hasilnya memang bagus dan keliatan kayak lapis surabaya asli.

puding lapis surabaya
Berhasil, euy!
Kalau nugget tempe itu sebenarnya saya yang penasaran aja. Bosen juga sih tempe digoreng melulu, dan kalau dibuat sambal goreng, suami kadang gak begitu suka. Jadi saya sendiri deh yang habisin. Kemarin habis beli 3 lenjer tempe, 1 sudah dibuat sambel dan 2 lenjer ini yang saya buat jadi nugget.
Dari penampakannya sih bagus, tapi gak tahu rasanya. Nanti tunggu buka puasa baru digoreng.

Kerajinan Tangan

Siapa disini yang suka kerajinan tangan macrame? Itu lho, kerajinan tangan yang dibuat dari tali rami. Kalau sudah jadi, bisa dijadikan hiasan dinding, dream catcher, tas, atau bahkan rok rumbai #saya pernah lihat soalnya, hihi.

Karena saya ini orangnya mudah penasaran ya, jadi saya mau coba buat sendiri. Berhubung gak ada tali rami dan gak bisa keluar rumah juga, jadi saya pakai bahan yang ada aja. Benang wol. Hampir mirip lah dengan banyak pemaksaan, hehe.

Berbekal nyontek video di youtube dan pinterest, saya mulai buat dari yang paling mudah dulu. Namanya daun atau bulu gitu deh. Di video itu, kayaknya simpel buatnya, tapi ternyata ini pekerjaan yang njelimet. Asli kalau gak didera penasaran, mungkin akan malas juga mau buatnya. Atau mungkin karena ukuran dan bahan benang wol yang kecil dan lemes ini, makanya pengerjaannya lebih rumit.
macrame benang wol
Gak sebagus dari tali rami sih
Setelah proses panjang dan agak melelahkan, akhirnya jadi juga macrame ala-ala saya! Yeaayyyy! Setelah dilihat-lihat cantik juga kok, haha. Bahkan, pas ibu saya lihat, dia sempat tanya, itu beli dimana. Bagus katanya. Ehem, agak melejit nih perasaan saya, haha.

Yah, intinya apapun yang bisa kita lakukan selama di rumah, lakukanlah dengan senang hati. Bukan masalah akhirnya jadi atau gak, bagus atau gak, berhasil atau gak, tapi yang penting kan prosesnya.

Oke, itu beberapa keterampilan yang saya pelajari selama di rumah aja selain keterampilan mengendalikan perasaan karena pengen menghirup udara segar di luar, wkwkwk.


Kalau kamu, apa aja nih yang sudah dipelajari selama di rumah?

2 komentar:

Roem Widianto mengatakan...

Samaan, Mbak. Aku pas di rumah aja juga jadi lebih produktif ngeblog dan masak. Gak terasa dengan produktif itu kemampuan masak dan ngeblog meningkat sedikit demi sedikit. Kalau bikin kerajinan sih aku gak jago. Hehehe.

Laela Awalia mengatakan...

Nah kan.. kalau kita ambil positivnya kondisi ini, keterampilan kita juga bisa meningkat ya, hehe