17 April 2020

10 Manfaat Kapulaga Yang Belum Kamu Tahu

Kalau masak sup daging atau membuat stok kaldu, pastinya ada salah satu rempah yang tidak boleh terlewatkan. Apakah itu? Yup! Kapulaga. Rempah yang satu ini memang memberikan aroma dan citarasa yang khas untuk masakan. Tapi rupanya gak hanya untuk memberikan aroma dan citarasa lho, kapulaga juga menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan.

10 manfaat kapulaga

Kenalan Dengan kapulaga
Dulu, sebelum saya berkecimpung di dapur alias masih gadis dan paling menghindari dapur, saya gak tahu tuh yang namanya kapulaga. Secara, rempah-rempah di Indonesia kan banyak banget ya. Bentuknya juga macam-macam, ada yang mirip kelopak bunga, ada yang seperti jerami padi, ada juga yang seperti kulit buah keriput.

Sumber : Pixabay
Setidaknya ada 2 varian kapulaga yang tersebar di Indonesia, yaitu kapulaga jawa dan kapulaga india. Saya sendiri sering menjumpai dan otomatis pakai kapulaga jawa. Bentuknya cenderung bulat agak bergelombang dan kalau dibuka jadi kopong dengan beberapa biji di dalamnya. Aromanya khas dan mengingatkan saya akan masakan sup daging dan rendang, hehe.

Manfaat Kapulaga

Selain memberi aroma dan rasa yang khas pada masakan, kapulaga juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Beberapa diantaranya adalah :

1. Mengurangi stres
Siapa nih yang sudah mulai agak stres karena bekerja dari rumah yang otomatis harus dibarengi dengan huru hara pekerjaan rumah tangga? Nah, kapulaga bisa mengatasinya. Rempah ini dipercaya memiliki zat antidepresan dan memberi efek sedatif atau menenangkan. Sehingga akan memperbaiki mood kamu dan otomatis mengurangi stres.

manfaat kapulaga
Sumber : Pixabay
2. Analgesik dan Antiinflamasi
Selain memiliki efek sedatif atau menenangkan, kapulaga juga memiliki sifat analgesik dan antiinflamasi. Apa itu? Analgesik merupakan sifat zat aktif yang bisa mengurangi rasa nyeri. Sedangkan antiinflamasi yaitu bisa mengurangi peradangan yang memicu timbulnya rasa nyeri tersebut. Beberapa nyeri yang bisa diatasi oleh rempah berukuran kecil ini antara lain, sakit kepala, nyeri persendian, dan sakit gigi.

3. Menjaga kesehatan mulut
Jika kamu mengalami sariawan dan bermasalah dengan bau mulut yang tak sedap, kapulaga dapat menjadi alternatif solusinya. Sifat antiinflamasinya dapat meredakan masalah mulut seperti sariawan, sakit tenggorokan, dan nafas tidak sedap.

manfaat kapulaga

4. Meredakan batuk dan pilek
Bagi kamu yang sedang terserang batuk dan pilek, ada baiknya mencoba meminum campuran kapulaga ini. Pasalnya, kapulaga dapat membantu mengencerkan dahak dan melegakan tenggorokan. Aroma dan rasa khas dari rempah ini akan memberikan efek hangat di tenggorokan.

5. Mencegah resistensi insulin
Manfaat lainnya dari kapulaga adalah dapat mencegah resistensi insulin. Resistensi insulin merupakan suatu kondisi dimana tubuh tidak dapat merespon hormon insulin dengan baik. Akibatnya, tubuh tidak dapat mengubah glukosa menjadi energi sehingga akan terjadi penumpukan gula darah ini. Mengkonsumsi kapulaga dapat membantu mencegah kondisi ini.
manfaat kapulaga
Sumber : Pixabay
6. Menurunkan tekanan darah
Resistensi insulin dapat menjadi salah satu faktor resiko meningkatnya tekanan darah. Maka dengan menjaga insulin tetap berfungsi baik, tekanan darah pun akan tetap stabil. Kapulaga bisa jadi pilihan untuk mencegah resistensi insulin sehingga dapat pula membantu menurunkan resiko tekanan darah.

7. Menjaga kesehatan tulang
Si rempah mungil kapulaga juga ternyata mengandung banyak nutrisi untuk menjaga kesehatan tulang. Setidaknya terdapat vitamin C dan mineral berupa mangan ada di setiap butirnya. Nutrisi ini dapat membantu menjaga kepadatan tulang sehingga tidak mudah terkena osteoporosis.

manfaat kapulaga

8. Mengatasi infeksi
Adanya zat aktif antimikroba yang terdapat dalam kapulaga, membuat rempah ini bisa menjadi alternatif untuk mengatasi infeksi. Selain itu, mengkonsumsi kapulaga secara rutin juga dipercaya bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

9. Melancarkan pencernaan
Selain buah dan sayur, serat juga bisa didapatkan dari rempah-rempah. Salah satunya adalah dari kapulaga ini. Setidaknya, kapulaga mengandung 2 gram serat per 1 sendok makannya. Maka dari itu, kapulaga dipercaya bisa melancarkan pencernaan dan masalah lain yang ditimbulkan. Misalnya sembelit atau susah buang air besar.

10. Menjaga kesehatan ginjal
Selain membantu melancarkan pencernaan dan mengobati sembelit, kapulaga juga dapat menjaga kesehatan ginjal. Sifat diuretiknya dipercaya ampuh untuk mengatasi masalah yang berkaitan dengan sistem ekskresi tubuh, seperti infeksi saluran kemih dan peradangan pada ginjal.


Mengkonsumsi Kapulaga

Setelah mengetahui berbagai macam manfaat kapulaga, sekarang saatnya kamu mulai mengkonsumsinya. Tenang saja, tidak harus menelan bulat-bulat rempah ini kok. Ada beberapa cara mengkonsumsi kapulaga dengan cara yang enak.

1. Jadikan infuse water
Tren minuman yang satu ini memang tidak ada habisnya. Selain membuat infused water dari buah dan sayur, kamu juga bisa membuatnya dengan rempah ini. Caranya sama seperti membuat infused water pada umumnya, tetapi untuk merendamnya, disarankan untuk menyeduh dengan air panas terlebih dahulu agar lebih maksimal mengeluarkan sarinya.

Kamu bisa campurkan beberapa butir kapulaga dengan rempah lain untuk menambah citarasanya, seperti cengkeh dan kayu manis.

infused water kapulaga

2. Jadikan minuman hangat di pagi hari
Kalau terbiasa minum teh di pagi hari, cobalah untuk sesekali membuat teh rempah ini. Seduh beberapa butir kapulaga dengan sebatang kayu manis. Setelah agak dingin, beri madu secukupnya. Tara! Teh rempahmu siap menyehatkan tubuh!

3. Suplemen
Dengan teknologi yang semakin maju, ekstrak kapulaga juga sudah banyak dijual dalam bentuk suplemen kesehatan. Suplemen ini bisa didapatkan di apotek atau toko obat herbal terdekat, juga tentunya online shop bagi yang mager, hehe.

manfaat kapulaga

Atau mungkin ada cara lain yang biasa kamu pakai untuk mengkonsumsi rempah ini? Share di kolom komentar ya!


2 komentar:

desma hari yanti mengatakan...

Terimakasih, Mba atas infonya. Bermanfaat banget. Kutunggu info berikutnya.

Laela Awalia mengatakan...

Terimakasih juga mba desma sudah mampir. Ayo mba dicoba kapulaga untuk buat minuman dan rasakan manfaat kapulaga nya di tubuh :)