29 April 2020

3 Aplikasi Ini Bemanfaat Banget Untuk Kamu Di Rumah

BPN Challenge Day #10

Halo!
Masih tetap di rumah kan ya? Sudah, gak usah hitung-hitung sudah berapa lama kita mengendap dalam kasur, sofa, atau karpet empuk dalam rumah. Nikmati saja sebelum rutinitas kemacetan dan hiruk pikuk tempat umum kembali menyapa.

Sebagai orang yang sudah lebih dulu menjalani kegiatan dari rumah, saya tidak terlalu masalah dengan keharusan tetap di rumah seperti ini. Banyak untungnya juga kok ya. Setidaknya saya tidak sendiri dan punya teman yang gak kemana-mana walaupun akhir pekan tiba, haha.

Nah, karena sekarang semuanya sudah di rumah saja, maka banyak aplikasi yang sering dimanfaatkan lebih dari biasanya. Aplikasi-aplikasi itu bisa diakses dengan mudah, baik di desktop maupun hanya lewat hp.

aplikasi untuk work from home

Aplikasi Bermanfaat Untuk Tetap Di Rumah Saja

Sekolah dan bekerja dari rumah sudah berjalan selama kurang lebih 2 bulan ini. Meskipun kesannya libur karena gak keluar rumah, tapi kegiatan belajar mengajar dan bekerja harus tetap dilaksanakan. Karenanya mulai banyak aplikasi atau website yang menyediakan fitur untuk mengakomodir kegiatan-kegiatan itu.

Zoom meeting

Ini aplikasi yang sedang hits saat ini. Di kala tidak bisa bertatap muka dan berbicara langsung pada banyak orang karena pandemi, aplikasi ini punya solusinya. Dari dosen hingga guru TK, dapat memanfaatkan aplikasi ini dengan mudah untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar.

Fitur-fitur di dalamnya juga cukup bagus. Bisa menampilkan layar presentasi dari guru atau pemateri, layanan obrolan, suara dan video dari semua peserta. Lengkap juga dengan nama-nama peserta sehingga mudah mendata peserta yang hadir.

Meskipun bisa diakses lewat ponsel, tapi saya sendiri lebih nyaman kalau mengaksesnya lewat desktop. Layar lebih lebar, gambar lebih jelas, dan fitur-fitur yang ada juga dengan mudah dapat ditemukan. Kalau di ponsel kan layarnya terbatas, jadi kadang fiturnya ada yang tersembunyi.

Aplikasi ini juga tidak hanya dipakai oleh kalangan pendidikan saja, tetapi juga komunitas dan organisasi yang ingin mengadakan kegiatan seminar atau talkshow. Saya jadi ingat beberapa waktu yang lalu pun saya pernah ikut seminar online bersama Blogger Perempuan dengan tema SEO For Blogger. Ada untungnya juga wabah ini melanda. Saya jadi bisa ikut acara BPN yang biasanya tidak pernah bisa saya ikuti karena terhalang jarak.

Sayangnya, aplikasi ini agak tersendat ketika sinyal kurang bagus sementara peserta online banyak yang menghidupkan fitur suara dan video. Jadi kalau sedang mengadakan seminar atau talkshow, mending suara dan video dari peserta tidak ditampilkan. Menghindari suara-suara aneh dari peserta juga. Lucu kan kalau di tengah pembicaraan serius, tiba-tiba ada anak kecil ribut pengen pup? Hehe.


Blogger Perempuan Network

Website kedua yang bermanfaat sekali untuk saya saat di rumah saja adalah Blogger Perempuan Network. Pengen nulis tapi kekurangan ide? Datang saja kesini. Kamu gak hanya akan dapat inspirasi saja, tapi juga teman blogger, teman vlogger, informasi menarik yang tentunya berhubungan dengan tulis menulis, dan sekaligus bisa mempromosikan blogmu.

Satu lagi, kita juga bisa jadi anggotanya lho! Pengalaman saya selama bergabung jadi anggotanya sudah saya rasakan sendiri. Dari yang hanya asal tulis blog, jadi mulai berfikir untuk mengembangkan blog. Dari yang nulisnya sekadarnya, jadi bisa lebih berkualitas. Dari yang semangatnya setahun sekali, jadi hampir setiap hari pengen posting.

Blogger Perempuan juga banyak memberi kesempatan yang menantang. Salah satunya ya ini. Satu hari satu postingan selama sebulan penuh. Non stop. Merasa tertantang dong saya. Dua tahun beturut-turut kemarin saja saya bisa ikutan dan berhasil sebulan penuh, padahal saya masih kerja. Sekarang pastinya lebih tertantang karena sudah di rumah aja.

Kalau gak percaya, coba deh lirik-lirik dulu aja ke websitenya. Kalau sudah, boleh gabung. Gratis!

Ipusnas

Bagi kamu yang suka baca buku, apapun jenisnya tapi sekarang terhalang karena gak bisa ke pepustakaan atau toko buku, ipusnas jawabannya. Ini aplikasi perpustakaan digital yang punya banyak sekali koleksi buku beragam jenis. Novel, kumpulan puisi, nonfiksi, pendidikan, sampai arsip dan manuskrip juga ada.

Aplikasi ini tersedia di playstore dan gratis. Setelah kamu unduh dan pasang di hp, kamu buat akun terlebih dahulu. Setelahnya, bisa pinjam deh semua koleksi buku yang ada disana. Buku bisa dipinjam selama 3 hari. Gak akan ada denda kalau kamu lupa mengembalikan buku karena setelah masa pinjam habis, buku akan otomatis hilang dari rak pinjamanmu.

Perpustakaan digital ini bermanfaat sekali di masa-masa pandemi ini. Kita jadi tetap bisa baca buku apapun tanpa harus keluar rumah. Yuk, coba dipasang deh. Gak nyesel.


Oke, itu dia beberapa aplikasi atau website yang bermanfaat selama masa di rumah saja. Ketiganya saya pakai selama ini dan alhamdulillah berhasil mengurangi kegabutan di rumah saja. Kalau kamu, punya aplikasi apa aja nih selama pandemi ini?

Tidak ada komentar: