20 April 2020

Apa Sih Covid-19 Itu?

BPN Challenge Day #1

Halo!
Siapa yang menyangka kalau tahun 2020 ini diawali dengan banyaknya informasi mencemaskan? Satu wabah muncul tiba-tiba dan membuat sebagian besar orang di seluruh dunia merasa khawatir dan ngeri. Sebab, wabah itu cepat sekali menular dengan mudah. Apa itu? Yup! Covid-19. Sebenarnya apa sih covid-19 itu?

apa covid-19

Apa itu Covid-19?

Covid-19 adalah wabah baru yang disebabkan oleh jenis virus baru dari keluarga virus corona. Disinyalir, virus ini berasal dari hewan yang sebenarnya tidak umum untuk dikonsumsi, seperti kelelawar dan ular. Wabah yang pertama kali ditemukan di salah satu pasar pemotongan hewan di Wuhan, Tiongkok ini, telah menyebar sejak Desember 2019 lalu.

Virus corona sendiri adalah virus yang menyerang saluran nafas pada manusia sehingga menyebabkan infeksi. Pada kasus ringan, infeksi dapat berupa batuk dan pilek saja. Tetapi pada kasus yang lebih berat, dapat menjadi penyakit yang dikenal dengan MERS (Middle East Respiratory Syndrome) dan SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome).

Meskipun sama-sama disebabkan oleh jenis virus corona, tetapi Covid-19 ini tetap berbeda dengan MERS dan SARS. Wabah SARS memang lebih mematikan daripada Covid-19, tetapi penyebarannya tidak semudah Covid-19 ini.

Penyebaran Covid-19

Meski awalnya virus corona ini disinyalir tersebar dari hewan ke manusia, tetapi belakangan diketahui bahwa virus ini sangat mungkin tersebar dari manusia ke manusia. Setidaknya ada tiga cara penyebaran virus corona ini:
  1. Virus corona dapat menyebar dari percikan bersin dan air liur orang yang terjangkit covid-19.
  2. Memegang mulut, hidung atau mata tanpa mencuci tangan sebelumnya setelah menyentuh benda-benda yang mungkin terkena percikan bersin dan air liur orang yang terinfeksi virus corona ini.
  3. Kontak langsung atau jarak dekat dengan orang yang terinfeksi karena virus ini pun dapat berada di udara dalam kurun waktu tertentu.

Melihat dari mudah dan cepatnya virus corona ini menyebar, maka tak ayal setiap orang mungkin saja bisa terinfeksi covid-19 ini. Namun, efeknya berbeda-beda pada setiap orang. Resiko tinggi dapat menyerang pada orang lanjut usia, wanita hamil, dan orang dengan prilaku yang tidak sehat seperti merokok dan sering minum minuman beralkohol.

Gejala Covid-19

Pada umumnya, masa inkubasi virus ini berkisar antara 2-14 hari setelah seseorang terinfeksi. Selama masa itu, seseorang yang terinfeksi covid-19 ini akan merasakan gejala ringan seperti flu biasa. Misalnya demam, batuk kering, dan merasa lebih cepat lelah. Sebagian orang juga mungkin sekali merasakan sakit tenggorokan, nyeri dada, pilek, dan hidung tersumbat.
gejala covid-19
Perbedaan gejala umum
Sayangnya, sekitar 60-70% orang yang terinfeksi virus ini tidak memiliki gejala yang umum dirasakan tersebut. Makanya perlu sekali untuk seminimal mungkin kontak langsung dengan orang-orang. Kita tidak pernah tahu kan apakah kita atau orang lain yang bisa menularkan virus ini. Tidak salah kalau beberapa minggu belakangan mulai digalakkan untuk beraktivitas dari rumah saja. Bahkan yang sekolah dan bekerja pun sudah dilakukan dari rumah masing-masing.


Memang dapat dibilang, gejala covid-19 ini ringan dan akan pulih dengan sendirinya apabila kondisi imun tubuhnya kuat. Sementara, gejala-gejala ini akan bertambah parah jika menyerang orang-orang lanjut usia dan orang dengan kondisi kesehatan yang kurang baik. Misalnya memang sudah punya riwayat tekanan darah tinggi, penyakit jantung atau diabetes sebelumnya. Tapi setidaknya 20% dari orang yang terjangkit virus corona ini membutuhkan perawatan serius di rumah sakit. Umumnya, keadaan paling serius ini berupa demam tinggi, infeksi paru-paru dan kesulitan bernafas.

Jadi Khawatir Ya?

Ya, manusiawi kalau kita jadi merasa khawatir. Tetapi tentunya khawatir berlebihan juga tidak akan membantu dan tidak menjamin terhindar dari virus ini. Sebab, ketika kita merasa was-was dan terlalu takut, maka tubuh kita pun akan meresponnya dengan negatif. Akibatnya kekebalan tubuh pun akan menurun. Padahal yang kita butuhkan adalah kekebalan tubuh itu sendiri sehingga ketika ada virus asing yang masuk, pasukan imun tubuh ini sudah siap melawannya.

Satu hal yang bisa dilakukan adalah menjaga kebersihan dan tetap jaga jarak aman dengan orang lain. Terakhir, banyak-banyak berdoa supaya dihindarkan dari segala macam penyakit berbahaya. Di postingan selanjutnya, saya akan tuliskan beberapa tindakan pencegahan yang bisa dilakukan dengan mudah.

Mungkin kamu sudah punya beberapa tipsnya? Boleh dibagi di kolom komentar ya!

Tidak ada komentar: