28 April 2020

Ide Kegiatan Seru Berdua vs Seru Ramean

BPN Challenge Day#9

“Bosen gak sih di rumah aja? Mau ngapain lagi ya?”

Pernah ditanya seperti itu gak ya selama masa pandemi ini? Sekilas, itu pertanyaan basa basi yang sama-sama kita tahu jawabannya. Saya juga dapat pertanyaan serupa itu beberapa hari yang lalu. Ironisnya, yang bertanya adalah teman saya sendiri, seorang ibu dengan 2 anak yang masih kecil.
Lha? Otomatis saya tertawa saja. Dia yang di rumah bersama 2 orang anak saja, bingung mau ngapain lagi. Apalagi saya yang hanya berdua suami? Haha.

kegiatan seru berdua

Terlepas dari ramai atau tidaknya anggota keluarga, keseruan di rumah bisa kok kita ciptakan sendiri. Kalau saya, keseruan di rumah saja ya saya isi dengan nonton drama dan scrol-scrol hp, hehe. Kesukaan saya terhadap film dan drama memang lumayan tinggi. Tapi sayangnya saya dan suami agak beda genre film yang disuka. Jadi seringnya saya nonton sendirian dan seru-seruannya juga jadi sendiri aja.

Seru Berdua vs Seru Ramean

Hampir setiap hari beranda media sosial saya dibanjiri dengan postingan kegiatan seru bersama anak-anak atau keluarga. Bagaimana kelakuan anak-anak kecil mereka di rumah. Mencoreti tembok, bermain kejar-kejaran, saingan dalam membuat makanan, atau hanya berisi obrolan ringan antara anak dan orangtuanya yang berujung pada kelucuan atau tepok jidat.

Saya juga bacanya bisa ikut tertawa atau tepok jidat. Tapi, setelah dipikir-pikir, tidak semua orang bisa punya keseruan semacam itu. Ada keluarga yang saat ini masih berdua. Ada yang keluarga yang belum dikaruniai anak. Ada keluarga yang mungkin sedang terpisah.

Jadi, kenapa tidak memberikan keseruan bagi yang hanya tinggal berdua saja? Siapa tahu bisa jadi inspirasi dan pengobat hati mereka karena sedang menanti-nanti.

Seru Berdua

Tenang, kamu gak sendirian. Saya juga masih berdua aja bareng suami di rumah, hehe. Jadi seru-seruannya juga berdua. Kalau ketemu keluarga besar, baik dari pihak saya atau suami, baru nanti seruannya juga ramean.

Meskipun hanya berdua, ada banyak hal seru yang bisa dilakukan di rumah. Masak bareng contohnya. Saya hampir selalu seperti ini. Kayaknya ada yang kurang kalau saya masak sendirian di dapur sementara pak suami entah dimana, hehe. Kami juga biasa berbagi tugas. Misalnya karena saya masih takut potong-potong ikan dan ayam, ya suami deh yang kerjain. Kalau sudah bersih dan tinggal eksekusi, baru saya turun tangan.

Baca juga : Pilih Beberes Atau Memasak?

Selain masak, kegiatan seru lain yang bisa dilakukan berdua di rumah adalah merapikan rumah atau halaman. Kalau biasanya merapikan rumah dilakukan sendiri karena suami kerja, nah saatnya meminta bantuan ketika ia sedang di rumah. Kita juga bisa diskusi untuk ganti suasana, memindahkan perabot atau sekadar mengganti warna cat dinding. Dan urusan mengecat ini juga bisa kita ambil alih tanpa tukang cat

Saya pernah lho, mengecat dinding dalam dapur berdua dengan suami. Serunya itu pas sudah selesai dan memandang hasil kerja kami. Ya walaupun gak semulus tukang cat, tapi kami tertawa puas karena prosenya.

Lanjut! Kegiatan lain yang tidak kalah serunya adalah saling maskeran atau luluran. Biar gak hanya perempuan saja yang kulitnya mulus, haha. Sesekali, cobalah untuk mengajak suami pakai masker dan lulur juga. Wajahnya yang mungkin ditumbuhi kumis dan jenggot pasti akan terlihat lucu kalau pakai masker. Dijamin bakalan bikin ketawa berdua.

Seru Ramean

Kalau tadi sudah seru berdua, saya juga punya beberapa ide untuk buat keseruan bersama keluarga di rumah. Kali ini akan melibatkan ayah, bunda, juga anak-anak.

Kegiatan pertama yang bisa dilakukan adalah berkemah. Kalau kamu punya halaman rumah cukup luas, bisa lho didirikan tenda kecil untuk berkemah. Kegiatan ini bisa menghilangkan kebosanan anak-anak yang sudah hampir 2 bulan berada di rumah saja. Jangan berfikir akan ribet karena membayangkan kemah serius saat pramuka.

Banyak kok yang jual tenda kecil dengan cara pemasangan yang mudah di garasi atau halaman rumah. Ayah bunda tinggal memandu atau menemani si kecil saja sambil bercerita dan mengajarkan hal-hal yang ringan dan mudah dulu. Jangan lupa untuk memasak bareng juga. Bisa sambil bakar jagung atau sate kesukaan.

Kegiatan kedua adalah bermain bersama. Lebih baik, untuk bermain dengan melibatkan fisik dan tidak lagi berupa game elektronik. Hitung-hitung, mengistirahatkan matanya dari layar ponsel dan komputer sementara waktu. Juga, bisa lebih mendekatkan emosinya pada anggota keluarga lain.
Coba permainan yang seru dan menyenangkan seperti kuda-kuda, menebak bayangan tangan di dinding dengan bantuan lampu senter, atau permainan klasik yang mungkin tidak dikenal anak-anak sekarang. Pasti tahu dong dengan ular tangga atau lompat tali.

Baca juga : Kenangan Masa Kecil

Nah, ular tangganya bisa dicoba versi raksasa. Jadi anak-anak lah yang jalan dan bukan semata pion kecil. Mata dadu juga dibuat besar. Sudah terbayang kan kalau main ular tangga raksasa dan lompat tali ini akan melibatkan fisiknya juga? Jadi bukan hanya keseruannya yang didapat saja, tetapi sehatnya juga.

Oh iya, kalau mau pesan ular tangga raksasa, bisa kok sama saya. Ada berbagai variasi gambar dan ukuran juga. Custom dengan nama anak juga bisa. *eh jadi jualan, hihi.

Bagaimana? Sudah terbayang apa saja kegiatan seru yang ingin dilakukan di rumah? Coba deh share di kolom komentar, apa saja kegiatan seru selain yang sudah saya sebutkan tadi.

Tidak ada komentar: