18 April 2020

Tetap Enak! Ini Dia 5 Minuman Pengganti Teh Untuk Pagimu

Pagi hari memang waktu yang paling tepat untuk menghirup secangkir teh panas atau menyeruput kopi hitam. Tapi ada sebagian orang yang mungkin bermasalah pada lambung dengan jenis minuman yang mengandung kafein ini. Sebenarnya mengkonsumsi teh atau kopi juga menyehatkan dan menenangkan, tetapi harus dengan porsi yang wajar dan tentu saja tidak banyak mengandung gula.

minuman pengganti teh

Belakangan, banyak yang mengalihkan minum teh dan kopi ini dengan minuman yang dipercaya lebih sehat. Apalagi di saat ada pandemi korona seperti saat ini. Selain bahan-bahannya yang mudah didapat dan hampir selalu ada di dapur, cara membuatnya juga tidak ribet. Kamu bisa kok membuatnya sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang tersedia.

Yuk, langsung buat!

Lemon madu

Seperti namanya, minuman ini hanya terdiri dari 2 bahan saja, yaitu lemon dan madu. Banyak manfaat dari campuran bahan ini. Lemon yang kaya akan vitamin C dan madu yang sarat akan nutrisi dapat membantu menjaga kekebalan tubuh.

lemon madu
Sumber : Pixabay
Untuk membuatnya, campurkan sepotong lemon dalam air hangat lalu tambahkan madu secukupnya. Ingat ya, jangan mencampurkan lemon dan madu dalam air panas karena akan merusak kandungan vitaminnya.

Jahe, sereh, madu

Di pagi yang dingin, secangkir minuman jahe dan sereh dengan tambahan madu akan menghangatkan sekaligus menyehatkan untuk tubuhmu. Minuman ini juga akan membantu melegakan tenggorokan di kala sedang terserang flu dan batuk. Kabar baiknya lagi, penyakit auto imun juga dapat disembuhkan dengan rutin mengkonsumsi minuman ini.

minuman pengganti teh
Dok. Pribadi
Cara membuatnya cukup mudah. Potong serong batang sereh, lalu campurkan dengan sejempol jahe yang digeprek. Masak dengan air mendidih. Apabila sudah menghangat, tambahkan madu dan siap untuk dinikmati. Jangan tanya rasanya karena dijamin enak!

Ketumbar, kapulaga, kayu manis, jahe

Bagi kamu yang bermasalah dengan asam lambung, minuman yang satu ini patut untuk dicoba. Campuran ketumbar, kapulaga, cengkeh dan jahe akan menjadi minuman hangat yang tidak kalah eksotisnya dengan secangkir teh atau kopi. Kayu manisnya akan membuat minuman ini manis alami meski tanpa gula atau madu. Gak percaya?

minuman pengganti teh
Dok. Pribadi


Jahe, daun pandan, madu

Siapa bilang daun pandan hanya bisa dibuat untuk menambah aroma kolak pisang saja? Minuman yang satu ini boleh dicoba untuk membuktikannya. Cukup campurkan sepotong jahe dengan 3 helai daun pandan dengan aie mendidih. Apabila sudah menghangat, baru tambahkan madu.

minuman pengganti teh

Apa manfaatnya? Banyak! Membantu mengobati gangguan lambung seperti gerd dan maag, membantu mengatasi susah tidur, membantu mengatasi masalah reproduksi dan melancarkan pencernaan.

Kayu manis, jahe, madu

Hanya tiga bahan saja dan sudah bisa mendapatkan minuman enak di pagi hari. Campuran ini disinyalir dapat membantu mengeluarkan racun di dalam perut. Khususnya yang sering bermasalah dengan reproduksi wanita, semisal endometriosis, nyeri haid, dan PCOS.
minuman pengganti teh
Sumber : Pixabay
Seperti minuman sebelumnya, minuman yang satu ini juga mudah sekali dibuat karena bahan-bahannya yang sering tersedia di dapur. Ada 2 cara yang bisa dipakai untuk mendapatkan minuman sehat ini.

Pertama, dengan merebus kayu manis dan jahe hingga mendidih. Setelah menghangat, baru ditambah madu. Aroma kayu manis dan hangat jahenya dijamin bikin pagimu bersemangat.
Kedua, dengan diseduh air panas dan direndam semalaman seperti membuat infused water. Bagi yang suka minuman dingin dan segar, cara ini bisa jadi alternatif untuk mengurangi konsumsi minuman ringan yang mengandung banyak gula dan pemanis buatan.


Yup! Itu dia 5 minuman rempah yang bisa kamu buat sendiri di rumah sebagai alternatif pengganti teh dan kopi. Pada dasarnya, semua minuman dari alam itu menyehatkan kok asal diolah dengan cara yang benar dan dikonsumsi dengan tidak berlebihan.

Jadi, kamu mau coba buat yang mana dulu nih?

Tidak ada komentar: