27 April 2020

Bosan Di Rumah? Coba 6 Tips Mudah Ini!

BPN Challenge Day #8

Halo!
Sudah berapa lama mengendap di dalam rumah? Sebulan? Dua bulan? Gak apa-apa ya. Mengikuti anjuran pemerintah dan tenaga medis untuk tetap di rumah saja adalah hal yang tepat saat kondisi seperti ini. Semoga saja, dengan kita mengikutinya, wabah ini segera berlalu.


Pasti sebagian orang sudah mulai bosan dengan rutinitas yang itu-itu saja. Bagi orang dengan tipe introvert mungkin tidak terlalu masalah dan bahkan biasa saja. Tapi bagaimana dengan orang ekstrovet? Jangan-jangan sudah jadi zombie? Hehe. Gak lah ya!

Tips Betah Di Rumah

Saya punya beberapa tips yang bisa dicoba biar tambah betah di rumah. Gampang kok! Ini dia.


Niat

Pertama sekali ya pastinya niat. Diniatkan untuk di rumah saja. Apapun hal yang ingin kita lakukan, kalau sudah ada niat, pasti akan dijalankan sepenuh hati. Pernah dengar kan, kalau ada seseorang yang tidak beres kerjaannya, dibilang tidak niat? Hehe.

Bahkan dalam ajaran Islam, perihal niat ini jadi nomor satu. Solat, kalau gak ada niat, gak sah solatnya. Puasa ramadhan, kalau belum niat sebelum adzan subuh, tak terhitung puasa Ramadhan. Melakukan kebaikan yang baru saja diniatkan dan belum dilaksanakan, malah sudah terhitung amalnya.

Jadi, penting nih kalau mau betah di rumah, niat dulu.

Sugesti positif

Hal yang kedua setelah niat adalah sugesti positif. Jangan pernah menanamkan sugesti negatif pada apa yang belum terjadi. Misalnya jangan pernah mengatakan ini, di rumah saja pasti akan bosan. Apakah kamu tahu bahwa alam bawah sadar akan merespon sugesti-sugesti yang masuk itu?

Saya sendiri selalu berusaha mensugesti diri bahwa saya akan baik-baik saja walaupun hanya di rumah. Banyak hal yang bisa dilakukan di rumah, yang kadang tidak kita sadari ketika sedang sibuk diluar sana.

Nikmati

Sadar gak ya kita kalau kita ini suka mengeluh pada tiap keadaan? Memang sifatnya manusia sih ya. Tapi seringnya kita jarang bersyukur. Ketika sibuk diluar sana, kita merindukan diam di rumah. Menikmati makan siang di meja makan, sekadar duduk di teras menikmati angin sore, atau hanya rebahan sambil ngobrol macam-macam bersama keluarga. Kenapa ketika ada kesempatan di rumah seperti ini, malah inginnya kaki jalan-jalan keluar?


So, hal ketiga yang buat betah di rumah adalah menikmatinya. Apapun keadaan rumah kita. Berantakan karena anak-anak gak pernah berhenti bermain, nikmati saja. Kalau sudah besar juga gak akan begitu lagi kan? Atau sebaliknya yang belum punya anak dan mendapati rumah sepi, ya nikmati aja dulu. Besok kalau sudah punya banyak buntut juga akan ramai.

Buat daftar kegiatan

Meskipun tidak harus dituliskan, biasanya saya buat daftar kegiatan yang ingin saya lakukan di hari ini. Buat yang banyak, jadi kalau sudah selesai yang satu, masih banyak kegiatan lain yang menunggu. Kalau belum bisa selesai hari ini, bisa jadi PR untuk besok lagi. Begitu terus. Sampai bosan? Nah, kalau mulai bosan, bisa lanjut ke tips berikutnya ini.

Lakukan yang jarang dilakukan

Belakangan, saya mulai menikmati memotong rumput di halaman kecil rumah sebagai kegiatan rutin di pagi hari. Lumayan untuk berjemur dan mendapatkan sinar matahari. Bonusnya, rumput jadi rapi. Padahal biasanya saya gak terlalu suka dengan potong memotong rumput ini. Selain saya alergi gigitan nyamuk dan semut, saya juga suka takut kalau tiba-tiba ada binatang kecil yang muncul, haha.

Saya juga banyak membuat agenda kegiatan yang dulunya belum sempat saya kerjakan karena sibuk diluar. Nanti deh ya di postingan selanjutnya saya cerita lebih detailnya.

Berbagi cerita

Walaupun di rumah aja, kita masih bisa tetap terhubung dengan orang-orang di luar sana kan? Sudah banyak juga aplikasi pesan, obrolan, dan panggilan video yang bisa diinstal dan digunakan dengan mudah. Media sosial juga bisa kita jadikan tempat berbagi cerita. Tentunya cerita yang wajar ya.

Baca juga : Sulit Bercerita?

Misalnya berbagi resep unik hasil coba-coba pertama kalinya, atau berbagi tutorial membuat kerajinan tangan yang mudah dibuat di rumah. Selain akan memperbaiki mood, cerita-cerita tadi mungkin saja bisa menginspirasi banyak orang.

Bagaimana? Mungkin kamu punya tips lain yang belum tertulis tadi? Bisa tulis di kolom komentar ya! Selamat menikmati waktu di rumah saja 😊

2 komentar:

Akarui Cha mengatakan...

Berbagi cerita.

Iya juga ya. Bagaimana pun kan kita ini makhluk sosial yang kalau kelamaan nggak berkomunikasi sama orang lain, bakalan gimana gitu ya.

Tetap berdiam di rumah dan merasa betah pada akhirnya memang perlu diniatkan.

Laela Awalia mengatakan...

@Akarui Cha :
Betul itu mba. Tetap di rumah juga masih bisa ngobrol kok hehe. Sekarang malah banyak fasilitas utk tetap bisa bertatap muka walaupun jauh.