05 Agustus 2012

Sulit Bercerita??


Hari ini ada salah satu orang terdekatku yang tanya -sebenarnya lebih tepat dibilang dia tanya pada diri sendiri ketimbang tanya denganku. Yah karena aku ada di dekatnya, jadi ya dengar juga.

Seseorang itu bilang begini, "Kenapa sih dia sulit bercerita? Padahal dia bilang aku seseorang yang sangat dekat dan bisa dipercaya, aku juga menganggapnya bukan orang lain lagi. Atau apa aku kurang dipercayanya ya?"

Hm, aku juga pernah mengalaminya. Ingin sekali mendengar seorang teman dekatku bercerita padaku karena selama ini dia terlihat punya masalah yang ditutup-tutupi, tapi ia tak kunjung bercerita juga. Kan jadi penasaran, hehe. Lalu aku pun berfikiran seperti temanku yang awal tadi. Apa aku ini bukan orang yang bisa dipercayanya? Tapi kan kami sudah berteman lama dan sangat dekat. Yah, pertanyaan yang seperti menuduh.

Kalau diteruskan berfikir yang tidak-tidak, tentu akan merusak hubungan yang selama ini telah terjalin. Masa sih hanya gara-gara seseorang yang mengaku dekat dengan kita lalu tidak bercerita, kita akan menganggapnya tidak percaya lagi dengan kita?

Nah, menurutku, ada beberapa hal yang membuatnya sulit untuk bercerita :
1. Mungkin dia menganggap masalahnya terlalu sederhana sehingga ia berpikir menyimpannya sendiri lebih baik. Kalau begitu, ya sudah. Kita anggap saja masalahnya memang sederhana dan bisa diatasinya sendiri.
2. Mungkin malah sebaliknya. Dia menganggap masalahnya terlalu besar dan sulit untuk diatasi meski sudah bercerita dengan kita. Jadi ia berfikir tak ada gunanya bercerita, toh yang punya masalah juga dia sendiri.
3. Mungkin dia belum siap menceritakannya pada kita. Ia memang ingin bercerita, tapi tidak hari ini karena ada satu dua atau banyak hal yang harus diperjelas dahulu. Jadi tak perlu buru-buru untuk mendengarnya, sabar saja kalau kita memang berniat membantunya. Kalau dipaksa cerita, malah bisa-bisa memperkeruh masalahnya.
4. Mungkin dia memang punya karakter pendiam alias memendam segala sesuatunya untuk dirinya sendiri. Dan orang yang berkarakter seperti ini biasanya sangat sensitif perasaannya. Kalau kita salah menanggapi, bisa-bisa malah menambah 'sesuatu' di fikirannya.
5. Nah, yang terakhir ini, mungkin saja memang kita belum bisa dipercayainya. Yah, mungkin dia pernah bercerita pada kita, lalu sengaja atau tak sengaja, kita menyebarkannya padahal dia tak menginginkan hal itu. Kalau sudah begini, jangan pernah lagi memaksanya untuk bercerita :)

Mudah-mudahan kita semua bisa mengerti dan memahami orang-orang yang dekat dengan kita ya. Gak mau kan orang yang kita sayangi dan menyayangi kita, malah menjauh dan menghindar hanya gara-gara kita memaksanya bercerita? :)

1 komentar:

Akhmad Baiquni mengatakan...

Org tidak mau cerita karena : 1. Malu
2. Takut dikritik (perbuatan jelek)
3. Ada rahasia org lain