Halaman

12 Mei 2019

BPN Day 7 : Ketombean? Bahan-Bahan Alami Ini Bisa Jadi Alternatif Untuk Mengatasinya

Siapa disini yang pernah ketombean? Duh, pasti gak enak banget ya. Apalagi kalau perempuan yang berhijab. Rasanya gerah, gatal, dan bikin gak percaya diri karena sering garuk-garuk kepala. Sebenarnya, ketombe itu adalah sel kulit mati yang ada di kepala. Dikatakan masih dalam tahap wajar apabila pengelupasan sel kulit mati tersebut tidak terlalu banyak atau sampai mengganggu aktivitas. Tapi kalau sudah terlalu sering dan menyebabkan seringnya gatal-gatal di kepala atau diiringi dengan iritasi, artinya sudah sampai pada tahap yang perlu diatasi.


 Ada beberapa macam penyebab ketombe yang umum dialami oleh sebagian orang, antara lain :

1. Kulit kepala kering
Bukan hanya kulit tangan atau wajah saja yang bisa kering, tapi kulit kepala juga bisa menjadi kering. Faktor ini sebenarnya belum diketahui secara pasti.

2. Jarang keramas atau bahkan terlalu sering keramas
Tidak hanya jarang keramas yang memicu adanya ketombe, bahkan terlalu sering keramas pun akan menjadi salah satu penyebab munculnya ketombe ini. Terlalu sering keramas akan membuat kelenjar minyak dalam kulit kepala menjadi terpacu untuk mengeluarkan minyak dalam jumlah lebih banyak. Oleh karena itu, sebaiknya atur waktu keramas setidaknya 2 hari sekali.

3. Salah memilih shampo
Ketombe juga bisa muncul karena ketidakcocokan produk perawatan kulit kepala, seperti shampo atau conditioner. Hal ini dapat memicu alergi dan akibatnya muncul ketombe.

4. Menderita penyakit kulit
Penyebab yang satu ini karena adanya penyakit kulit kepala misalnya psoriasis atau eksim atopik yang membuat kulit kepala kering, mengelupas, dan gatal.

Nah, ada beberapa cara untuk mengatasi ketombe. Memang biasanya ada produk perawatan kulit kepala seperti shampo dan serum yang diiklankan untuk mencegah ketombe. Tapi, ada cara lebih alami untuk mengatasi hal tersebut, yang tentunya bisa dicoba tanpa perlu takut ada efek sampingnya atau tidak cocok lagi. Apa saja itu? Yuk lanjut bacanya.

1. Hindari minuman beralkohol
Minuman beralkohal, makanan tinggi gula, pedas atau yang mengandung banyak garam dapat menjadi pemicu adanya ketombe. Maka dari itu sebaiknya menghindari makanan-makanan tersebut untuk mengurangi ketombe yang mengganggu.

2. Cukup minum air putih dan makan sayur
Agar kulit tidak kering, cukupkan kebutuhan air minum Anda dalam sehari setidaknya 2 liter air. Juga, konsumsilah buah-buahan dan sayuran untuk memperoleh nutrisinya. Mencukupi kebutuhan air dan sayuran seperti ini dapat membantu mengatasi ketombe dan masalah kulit kepala lainnya.

3. Jangan terlalu sering menggunakan hair driyer
Terlalu sering menggunakan hair driyer untuk mengeringkan rambut dapat memicu keringnya kulit kepala dan hal ini menyebabkan timbulnya ketombe. Untuk mengeringkan rambut, cukup tutup dengan handuk dan biarkan beberapa saat atau biarkan mengering secara alami.

Apabila sudah terlanjut ketombean, ada cara alami yang mungkin bisa jadi alternatif untuk mengatasi ketombe. Apa sajakah itu? Cekidot!

1. Lidah Buaya
Siapa yang tidak mengenal tumbuhan ini. Salahs atu tumbuhan yang kayak manfaat yang selain bisa dikonsumsi dalam bentuk jeli, juga telah banyak digunakan sebagai bahan kosmetik. Lidah buaya banyak mengandung vitamin, juga mengandung protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, dan zat besi. Selain mencegah ketombe, lidah buaya juga bisa menguatkan akar rambut sehingga mencegah rambut rontok.

Caranya cukup ambil gel lidah buaya dan oleskan ke permukaan kulit kepala. Pijat secara lembut dan biarkan selama kurang lebih 30 menit, baru kemudian bilas hingga bersih.

2. Jeruk Nipis
Selain vitamin C yang sudah banyak dikenal terkandung dalam jeruk nipis, buah ini juga mengandung banyak vitamin B, asam folat, zat besi, dan mineral lainnya. Banyaknya kandungan vitamin dan mineral ini dipercaya dapat membantu pertumbuhan akar rambut dan membuatnya semakin tebal, serta menghilangkan ketombe.

Untuk menghilangkan ketombe, Anda cukup mengambil air perasannya dan campurkan dengan air secukupnya. Kemudian campuran tadi, Anda oleskan ke kulit kepala dan diamkan untuk beberapa lama. Baru kemudian bilas hingga bersih. Gunakan campuran ini secara teratur untuk hasil yang lebih maksimal.


3. Minyak Kemiri
Kalau bahan alami yang satu ini, jelas sudah tidak asing lagi ya di telinga. Sejak dahulu, memang kemiri dikenal sebagai salah satu bahan alami untuk menyuburkan rambut. Begitu juga minyaknya, dapat digunakan untuk mengatasi ketombe. Cara penggunaannya sama seperti penggunaan lidah buaya dan jeruk nipis tadi, yaitu oleskan minyak kemiri ke permukaan kulit kepala kemudian biarkan beberapa saat. Baru dibilas hingga bersih.

Nah itu tadi beberapa bahan alami yang ada di sekitar kita yang bisa digunakan sebagai alternatif untuk mengatasi masalah kulit kepala terutama ketombe. Pada intinya, sebisa kita saja untuk hidup sehat dan bersih ya. Semoga artikel ini bermanfaat!

Baca juga : Cerita Sibuk Saya

2 komentar:

TanjungF mengatakan...

Aku pernah tuh cobain pakai jeruk nipis, haha tapi perihnya luar biasa

Laela Awalia mengatakan...

iya kah mba Tanjung? Hehe, saya belum pernah sih..