07 Mei 2021

Menu Andalan Saat Sahur

Sahur! Sahur! Sahur!

Siapa yang di tempat tinggalnya masih terdengar teriakan sahur begini dari masjid? Kalau masih ada, kita tos dulu deh karena di tempat saya tinggal juga masih ada yang dengan sukarela membangunkan orang untuk sahur.

Sahur memang rutinitas yang disunnahkan sebelum berpuasa, karena seperti hadist Nabi yang diriwayatkan oleh Anas ra, sahur itu ada berkahnya.

“Bersahurlah kalian, karenda didalamnya terdapat keberkahan.”

Nah, untuk sahur nanti sudah buat menu apa nih? Kalau saya biasanya gak masak lagi sih, jadi cukup menghangatkan menu yang dibuat untuk berbuka puasa aja. Ya, namanya juga klub simpel nan cepet, haha.

Menu andalan saat sahur

Sebenarnya saya bukan tipe yang harus makan ini atau itu waktu sahur, tetapi saya lebih suka yang segar-segar kalau untuk berbuka dan sahur. Beberapa menu favorit yang jadi andalan saya antara lain :

Sayur bening

Favorit banget lah kalau sayur yang satu ini. Sudah simpel, segar, dan rasanya tuh gak berat di tenggorokan. Pas banget kalau cuaca lagi panas dan perut lagi kurang enak. Gampangnya lagi, sayur ini tuh bisa diisi dengan berbagai jenis sayuran sesuai yang ada di kulkas aja. Kadang saya isi labu siam campur wortel, atau bayam campur kecambah, atau sawi campur wortel, atau labu siam campur kacang panjang.

Selain isinya yang bisa divariasikan, bumbunya juga gak banyak macamnya. Paling juga saya hanya kaish bawang merah dan bawang putih, daun salam, lengkuas atau kencur sesuai yang ada aja. Kalau ada tomat ya dikasih, kalau gak ada juga gak apa-apa. Tambah garam dan gula. Beres. Simpel kan?

Sambal ikan

Lauk pendamping untuk sayur bening itu bisa macam-macam. Salah satunya sambal ikan. Karena suami sukanya ikan potong semisal tuna, simba atau tongkol, jadi ya saya usahakan untuk pakai ikan itu. Sambal ikan juga simpel kok. Saya mah, asal cemplung aja masaknya, hehe.

Paling sering sih hanya cabai merah dan sedikit cabai rawit, bawang merah, bawang putih, tomat atau rampai, dan lengkuas. Alternatif lain, paling juga dikasih kemiri, sedikit kunyit, serai, dan daun salam. Enak lho. Cucok lah sama sayur bening seger itu.

Kerupuk

Sebenarnya saya gak terlalu bisa makan pakai kerupuk. Saya hampir selalu bingung harus makan yang mana dulu. Nasi dulu atau kerupuk dulu, haha. Seringnya malah kelupaan, jadinya. Nasi sudah hampir habis, kerupuknya ketinggalan dan masih utuh.

Tapi, belakangan ini saya sudah mulai terbiasa karena suami paling suka makan pakai kerupuk. Katanya biar rame gitu. Iya sih, makan kerupuk kalau gak rame, itu bisa berarti kerupuknya basah wkwk.

Telur ceplok

Ini lauk pilihan sih. Kalau lagi gak ada lauk ‘serius’ lain, misalnya ikan atau ayam. Telur ceplok, lagi-lagi karena simpel banget dan cepat. Kalau bangun sahur agak kesiangan dan kebetulan kehabisan lauk, nah telur ceplok jadi pilihan.

Biasanya saya sandingkan dengan sambal kecap atau kecap biasa juga gak masalah. Penggemar makan pakai kecap coba angkat tangan? Hehe.

Baca juga : Menu Praktis Buka Puasa

Oke, itu dia set menu favorit saya untuk sahur. Setiap orang pasti beda-beda kan seleranya. Kalau kamu gimana?

Tidak ada komentar: