03 Mei 2021

Kegiatan Favorit Ketika Ramadhan

Apa kegiatan favoritmu ketika Ramadhan?

Apa ya? Kayaknya, saya gak punya kegiatan favorit yang spesifik saat Ramadhan. Semua yang dilakukan ya memang sudah biasa dilakukan di bulan-bulan lain. Misalnya, menyiapkan makanan untuk sahur dan berbuka, ya itu hanya berubah jam saja sih. Lalu, mungkin mencari takjil atau membuat sendiri takjil untuk berbuka, itu juga biasa saya lakukan untuk menyambut suami pulang kerja. Biasanya ngemil sambil minum teh di sore hari.

Kegiatan Ramadhan

Beberes Rumah

Mungkin beberes rumah secara keseluruhan? Ya bisa jadi sih ini antara kegiatan favorit atau tanpa disadari sudah jadi keharusan, hehe. Dulu, waktu saya masih tinggal di rumah orangtua, setiap Ramadhan sudah mulai di pertengahan bulan, saya dan ibu biasanya akan mulai mereka-reka untuk mengatur ulang tata letak perabot di rumah.

Ibu dan Tanaman

Tujuannya hanya satu, biar gak bosen aja. Walaupun kegiatan ini cukup menguras tenaga karena dilakukan di siang hari dan dalam keadaan puasa, tapi kami cukup senang melakukannya. Apalagi kalau sudah rapi dan jadi pemandangan yang baru. Gak harus semua sih, paling yang bisa digeser atau ganti tempat dan sekiranya gak terlalu susah. Misalnya letak kulkas, geser kursi ke sudut lain, atau merubah arah tempat tidur.

Kegiatan tata ulang perabot ini hampir setiap tahun kami lakukan di rumah. Tapi semenjak saya pindah ke rumah sendiri, sudah jarang yang pindah-pindah tempat gitu. Saya sok sibuk merapikan rumah sendiri, dan ibu yang merasa kurang seru kalau gak ada temannya, hehe. Mungkin tahun ini ibu saya hanya pindah-pindah bunga saja, ditata ulang terus biar terlihat cantik.

Menikmati Pagi

Nah, ada lagi nih kegiatan yang jadi favorit saya ketika Ramadhan tiba. Menghirup udara pagi dengan santai sambil kadang masih menguap karena ngantuk, haha. Jarang banget kan di hari-hari biasa bisa santai di pagi hari? Sudah deh gak usah ditanya kenapa. Keriuhan pagi hari seorang ibu rumah tangga pasti sudah jadi rahasia umum kan?

Pumpung Ramadhan, saya pakai nih kesempatan langka ini. Begitu langit mulai agak terang, saya buka semua tirai dan daun jendela, juga pintu depan. Udara pagi yang segar langsung menghampiri. Itu rasanya luar biasa, merasa bersyukur karena masih bisa menjumpai pagi dengan sehat. Apalagi, gak ada lagi beban untuk masak buru-buru karena sudah beres sahur tadi.

Walaupun kadang sambil nguap karena masih mengantuk, saya senang aja gitu duduk di teras rumah pagi-pagi begini, hehe. Ngomong-ngomong, saya sering banget lho ngantuk luar biasa selepas subuh. Padahal bangun sahur juga gak malem-malem amat, sekitar jam 03.30an lah, kadang juga mepet mau jam 04.00. Rasanya tuh mata ini berat banget, ada sandaran dinding sehabis solat aja rasanya enak banget untuk tidur sebentar haha. Ada yang bisa bagi tipsnya supaya ngantuk saya ini gak parah?

Baca juga : 3 Ide Kegiatan Di Hari Libur

Apalagi ya kegiatan favorit selama Ramadhan? Sepertinya itu aja deh. Kalau kamu apa nih? Cerita dong!

Tidak ada komentar: