06 Mei 2021

Resep Soto Lamongan

Alhamdulillah ya sudah masuk Ramadhan ke 24 dalam keadaan sehat. Ibu-ibu, sudah berapa resep nih yang dipraktekkan selama Ramadhan ini? Hehe. Kalau saya, pilih resep-resep yang paling gampang dan sederhana aja sih. Seringnya sayur sop atau beningan. Alasannya simpel banget. Mudah dan cepat, juga bikin seger di badan, serta tentu saja sehat karena beningan ini kan pada dasarnya memasak sayur dengan cara direbus.

Tapi, karena resep sayur bening saya sudah pernah tayang di blog ini, jadi saya akan bagikan resep lain yang jadi andalan kalau buka puasa bersama keluarga. Soto ayam. Resep ini saya ambil dari resep miliknya Ade Aminah di Cookpad. Tentunya, sudah saya modifikasi sedikit karena menyesuaikan bahan yang saya dapat.

Soto ayam lamongan
Soto Ayam Lamongan (Sumber : Shutterstock)


Resep Soto Ayam Lamongan

Bahan-bahan :

6 potong ayam bagian paha atas (saya biasanya pakai potongan ayam campur)

1 buah jeruk lemon

2 batang serai, geprek

2 cm jahe, geprek

3 cm lengkuas (Aku pakai lengkuas bubuk 1 sdt)

2 lembar daun salam

4 lembar daun jeruk

1 cm kayu manis (di resep tidak ada)

2 sdt garam atau secukupnya

1 sdt gula pasir atau secukupnya

2 liter air

Minyak secukupnya untuk menumis bumbu

 

Bumbu, haluskan :

8 buah bawang merah

8 siung bawang putih

5 butir kemiri, sangrai

2 cm kunyit bakar

1/2 sdt merica

1 sdt ketumbar

 

Bahan bubuk koya, haluskan (Saya gak pakai bubuk koya) :

5 siung bawang putih, iris, goreng

15 lembar kerupuk udang goreng

1/4 sdt garam

 

Pelengkap :

secukupnya Soun, rendam air panas

Kol, iris halus secukupnya

Telur rebus, 1 butir dibelah 4 secukupnya

Daun bawang, iris halus

Daun seledri, iris halus

Bawang goreng secukupnya untuk taburan

 

Cara Membuat :

Siapkan bahan. Bersihkan ayam, Olesi air jeruk lemon lalu cuci bersih, sisihkan.

Rebus ayam dengan 2 liter air bersama sereh, jahe, lengkuas, daun salam, dan daun jeruk. Biarkan sampai ayam empuk/matang lalu angkat ayam, tiriskan. Teruskan merebus sisa air untuk kuah soto. Goreng ayam sebentar aja sampai berkulit angkat. Suwir-suwir.

Siapkan wajan untuk menumis bumbu. Panaskan minyak lalu masukkan bumbu halus, aduk sampai harum dan matang tambahkan sedikit air agar bumbu tidak gosong. Lalu masukkan bumbu yang sudah matang ke dalam panci rebusan kuah soto, biarkan sampai mendidih. Koreksi rasa. Matikan api.

Penyelesaian. Siapkan mangkuk, taruh, soun, kol, suwiran ayam, telur rebus, daun bawang, dan daun seledri lalu taburi bawang goreng. Tuang kuah soto diatasnya. Taburi bubuk koya (kalau buat bubuk koya).

Resep soto ini biasa saya praktikkan kalau ada acara buka puasa bersama. Selain segar, aroma kuah sotonya itu bikin menambah nafsu makan, hehe. Boleh dicoba deh.

Baca juga : Sayur Bening, Resep Praktis Buka Puasa

Tidak ada komentar: