06 April 2024

Tips Memilih Pakaian Lebaran

Lebaran sebentar lagi. Sudah punya rancangan outfit apa yang akan dipakai besok? Atau malah masih ada yang bingung mau pakai yang mana? Nah, biar bingungnya gak lama, saya punya tips memilih pakaian lebaran versi saya. Siapa tahu bermanfaat untuk kamu. Yuk lanjut bacanya!

pakaian lebaran

1. Bahan yang nyaman

Tips pertama adalah pilih bahan pakaian yang nyaman. Kalau saya, lebih pilih pakaian berbahan katun, linen atau rayon twill yang sejuk. Kedua jenis bahan ini mudah menyerap air sehingga lebih nyaman saat berkeringat. Badan terasa lebih adem. 

Apalagi bagi ibu hamil, menyusui, dan yang punya anak kecil super aktif yang pastinya lebih mudah gerah di cuaca Indonesia ini. Ditambah lagi suasana lebaran yang ramai dan saling mengunjungi dari satu rumah ke rumah lainnya.

Memang sih ketiga jenis bahan itu lebih mudah kusut, tapi masih bisa diterima lah daripada harus gerah-gerahan seharian.

2. Desain yang sopan

Momen Idul Fitri adalah momen yang suci. Maka sebaiknya pakaian yang dipakai pada hari itu juga pakaian yang sopan dan tertutup. 

Karena saya berhijab dan sedang menyusui, saya lebih memilih pakaian yang agak longgar misalnya gamis. Menurut saya ini lebih praktis dan nyaman dipakai. 

Kalau kalian ada yang belum berhijab, tetap pilih pakaian yang tertutup setidaknya untuk sehari itu. 

3. Desain yang timeless

Tips selanjutnya adalah saya lebih memilih desain yang timeless dalam artian bisa dipakai di banyak momen dan di tahun-tahun mendatang. Selain hemat dalam berbelanja, saya juga tidak menumpuk pakaian yang tidak cocok lagi dipakai karena sudah bukan trend lagi.

Ikut trend boleh sih, tapi gak harus membeli semua yang hanya bisa dipakai sekali dua kali saja.


4. Sesuai bentuk tubuh

Satu hal ini sering banget terabaikan saat memilih pakaian, khususnya saat lebaran. Jangan hanya karena modelnya bagus, lalu dibeli padahal saat dipakai ternyata tidak sesuai dengan bantuk tubuh. Alhasil penampilannya jadi gak sesuai dengan harapan.

Saya lebih memilih yang sekiranya cocok di saya dan saya merasa nyaman memakainya. Kalau sudah nyaman, kita juga akan lebih percaya diri kan. Apalagi saat lebaran akan bertemu dengan banyak orang. 

5. Sesuai budget

Tips terakhir dalam memilih pakaian lebaran adalah sesuai budget. Kalau memang tahun ini tidak ada dana untuk pakaian baru, ya gak masalah untuk pakai pakaian lama yang masih pantas. Kalau memang ada rezeki, beli yang sesuai dengan budget dan tidak perlu memaksakan.

Pada hakikatnya, lebaran bukan masalah pakaian baru atau lama kan ya. Esensinya lebih pada diri kita yang baru. Jadi manusia yang terlahir kembali pada fitrah sucinya. Selamat menyambut lebaran! 

Tidak ada komentar: