07 April 2024

Tempat Wisata Religi Di Indonesia

Selain pemandangan alam, pantai, dan taman wisata buatan yang indah dan megah, Indonesia juga kaya akan tempat wisata religi. Dari masjid bersejarah, makam para wali, hingga museum yang memamerkan kitab-kitab dari zaman dahulu kala.

Kalau kalian pecinta wisata religi, berikut saya rangkum beberapa tempat wisata religi, khusunya Islam yang tersebar di beberapa daerah di Indonesia. 

1. Masjid Raya Baiturrahman - Aceh

Berada di ujung pulau Sumatera, tepatnya di Banda Aceh, masjid Baiturrahman bisa menjadi tujuan wisata religi di Aceh. Masjid yang selamat tanpa kerusakan berarti saat gempa dan tsunami Aceh pada tahun 2004 lalu ini, punya sejarah yang panjang.

Masjid Baiturrahman
Sumber : Wisato.id

Bangunan asli masjid diperkirakan berdiri pada tahun 1612 saat Sultan Iskandar Muda memegang pemerintahan. Referensi lain menyebutkan masjid ini dibangun oleh Sultan Alaidin Mahmudsyah pada tahun 1292.

Sempat hancur karena serangan kolonial Belanda pada tahun 1873, masjid ini kembali dibangun pada tahun 1879 sampai tahun 1881 saat pemerintahan Sultan Aceh terakhir, Muhammad Daud Syah. Hingga kini, Masjid Raya Baiturrahman telah menjadi kebanggaan masyarakat Aceh.


2. Bayt Alquran Al-Akbar - Palembang

Tempat wisata religi selanjutnya adalah Bayt Alquran Al Akbar yang berada di Pondok Pesantren Al Ihsaniyah, Gandus Palembang dan kini menjadi ikon kota Palembang.

Alquran Akbar Palembang
Sumber : giwang.sumselprov.go.id

Sesuai dengan namanya, Alquran megah ini mencapai tinggi 15 meter dengan ukiran yang menawan. Hampir seluruh ruangan bernuanda coklat keemasan. 

Ayat-ayat Alquran ditulis di papan kayu dengan ketinggian lebih dari 170 cm di setiap lembarnya. Jika tiap lembar Alquran besar ini digabungkan, akan mencapai ukuran 9 meter.

3. Islamic Centre Tulang Bawang - Lampung

Diresmikan pada tahun 2016 lalu, masjid Baitus Shobur atau yang lebih dikenal dengan Islamic Center Tulang Bawang ini bisa menjadi pilihan untuk berwisata sambil beribadah.

Islamic Center Tulangbawang
Sumber : kompas.com

Lokasinya berada di Panaragan Jaya, Kecamatan Tulangbawang Tengah, Kabupaten Tulangbawang Barat, Lampung. Masjid berjuluk 99 Cahaya Asmaul Husna ini punya desain modern yang berbeda dari masjid pada umumnya. 

Masjid dibangun tanpa kubah dengan desain vertikal bergaya modern. Sementara ornamen dalam dihias dengan tulisan asmaul husna. Tidak hanya itu, di sekeliling masjid juga banyak spot yang instagramable. Seperti danau buatan, pohon-pohon yang rindang, dan batu ukiran.

4. Masjid Istiqlal - Jakarta

Sebagian besar masyarakat Indonesia mungkin sudah familiar dengan masjid yang satu ini meskipun mungkin belum pernah bertandang kesana. Iya, Masjid Istiqlal Jakarta memang salah satu tempat yang bisa jadi pilihan bagi masyarakat yang datang ke Jakarta.

Masjid Istiqlal
Sumber : storage.jakarta-tourism.go.id

Ir. Soekarno memprakarsai dibangunnya masjid ini untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia. Sebab itulah, nama Istiqlal yang dalam Bahasa Arab berarti kemerdekaan disematkan untuk masjid megah ini. 

Berkapasitas hingga 200.000 jamaah, masjid Istiqlal diklaim sebagai masjid terbesar di Asia Tenggara dan terbesar ke 6 di dunia. Arsitekturnya bergaya formalisme dengan marmer melapisi dinding dan lantainya. Ornamen geometrik dari baja juga menghiasi bagian dalam masjid.

Masjid yang dibangun pada tahun 1961 ini berlokasi di sebelah Istana Merdeka, Jakarta Pusat dan bisa dikunjungi oleh jamaah umum.

Itu dia beberapa tempat wisata religi yang bisa kalian kunjungi. Masih banyak tempat wisata religi lainnya di daerah lain. Nanti deh, saya tulis di bagian selanjutnya saja ya! 

Kalian mau kemana dulu nih?


Tidak ada komentar: